Tips Tani - Tahapan Lengkap Menanam Bawang Merah Dalam Polybag

Jual Plastik Polybag Awet Dan Kuat - Lim Corporation

Bawang merah yakni sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu - bumbu masakan di dunia, bawang merah ini berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan di kawasan sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di kawasan dingin, sub - tropis atau tropis. Umbi bawang merah sanggup dimakan mentah, untuk bumbu masak, dan obat tradisional. Kulit umbinya juga sanggup dijadikan zat pewarna dan daunnya sanggup dipakai untuk gabungan sayur.

Baca Juga :
Bawang merah biasanya dipakai untuk penyedap kuliner dan merupakan bumbu dapur yang utama didalam banyak sekali masakan. Jika diiris tipis dan digoreng umbi ini menjadi taburan untuk penyedap masakan soto, sup, bakso, dan banyak sekali kuliner lainnya. rasa yang gurih, wangi aromanya, serta teksturnya yang crunchy menciptakan setiap orang menyukainya. Tidak hanya itu, ternyata bawang merah juga mempunyai khasiat untuk kesehatan sebagai obat maag, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula didalam darah, obat kencing manis, memperlancar pernafasan, dan lain - lain sebagainnya.


Banyak segudang keuntungannya ketika anda mengkonsumsi komoditas ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sayangnya tidak didukung oleh produksi yang memadai. Jumlah produksi dalam negeri juga belum sanggup memenuhi seluruh kebutuhan akan bawang merah. Apalagi serangan hama dan penyakit menciptakan kuantitas dan kualitas umbi ini menjadi sangat sedikit. Harga per kilogram pun akibatnya menjadi menjulang sangat tinggi. Seluruh hal tersebut mengatakan bahwa prospek bisnis bawang merah masih terbuka sangat luas di negara Indonesia ini. Jika anda berminat untuk membudidayakan bawang merah anda sanggup membaca ulasan dibawah ini mengenai cara budidaya bawang merah didalam polybag, khususnya untuk anda yang tertarik menjadi petani bawang merah.

 Bawang merah yakni sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu  Tips Tani - Tahapan Lengkap Menanam Bawang Merah Dalam Polybag

Menanam bawang merah didalam polybag mempunyai beberapa laba berikut ini :

1. Pengawasan terhadap tumbuhan bawang merah terhadap serangan penyakit atau hama serta kekurangan unsur hara akan lebih gampang untuk dikontrol. Tentunya hal ini sanggup menjamin maksimalnya produksi umbi bawang merah dengan kualitas yang baik.
2. Mudah untuk menambahkan nutrien yang diharapkan dengan dosis per polybag, tentunya nutrien pun akan sempurna pada sasarannya.
3. Polybag yang berisi bawang merah sanggup disusun di rak - rak bertingkat. Lahan yang tak terlalu luas pun sanggup menampung sasaran kuantitas bawang merah yang ingin anda tanam.
4. Setiap polybag yang berisi tumbuhan bawang merah sanggup dipindahkan sewaktu - waktu.
5. Anda sanggup menggunakan banyak sekali macam komposisi media tanam sesuai dengan kebutuhan.
6. Harga plastik polybag juga lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pot.
7. Pengadaan polybag lebih gampang lantaran banyak sekali toko pertanian menjual polybag.


Langkah - langkah menanam bawang merah dalam polybag :

Langkah pertama yaitu menyiapkan media tanam. 
Media tanam yang dibutuhkankan tumbuhan bawang merah yaitu tanah yang gembur, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jangan lupa tambahkan juga pupuk SP - 36 sebanyak 3 gram ditambah 1 sendok kecil furadan per polybag, sesudah itu campur dengan rata. Lalu masukkan kedalam polybag, siram air, kemudian biarkan terlebih dulu selama dua hari. Ukuran polybag yang dipakai yaitu 30 x 40 cm.

Menanam dan memupuk
Setiap plastik polybag ditanami 3 umbi bawang merah dengan jarak 5 cm per umbinya. Umbi bawang merah ditanam sampai bab lehernya. Setelah itu umbi didalam polybag tersebut perlu untuk diberikan pupuk menggunakan pupuk NPK ( 16 - 16 - 16 ) sebanyak 1 gram per polybagnya. Kemudian siramkan pupuk seminggu dalam sekali sampai bawang merah berumur 6 minggu.

 Bawang merah yakni sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu  Tips Tani - Tahapan Lengkap Menanam Bawang Merah Dalam Polybag

Memelihara dengan cara disiram
Tanaman bawang merah sangat membutuhkan air yang cukup, tidak kurang namun juga tidak terlalu banyak. Terlalu banyak air sanggup menciptakan umbi bawang merah anda menjadi busuk. Anda perlu menyiraminya satu sampai dua kali sehari pada ketika trend kemarau. Namun sesudah usianya 2 bulan, penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering supaya umbi bawang segera renta dan berisi.

Memanen bawang merah
Bila daun bawang merah anda telah berwarna menguning, leher batangnya telah kosong, dan umbi telah muncul ke permukaan tanah berwarna kemerahan itu tandanya tumbuhan bawang merah anda sudah siap untuk dipanen. Umumnya bawang merah yang dijual harus dipanen usia 3 bulan, sementara bawang merah yang ingin anda jadikan bibit dipanen diusia 100 hari. Sebelum bawang merah dijual dipasaran tumbuhan bawang merah sebaiknya dijemur sampai kering terlebih dulu untuk mendapat harga jual yang lebih tinggi.

 Bawang merah yakni sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu  Tips Tani - Tahapan Lengkap Menanam Bawang Merah Dalam Polybag

Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tumbuhan dan sayuran atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah Setiap waktu

Komentar