Tips Tani - Ini Nih!! Keuntungan Kebun Dengan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Strawberry

Mulsa Plastik Untuk Strawberry - Lim Corporation

Teknik jitu pengolahan media tanam ini dilaksanakan setelah pembibitan strawberry, ada 2 cara yaitu :

1. Kebun Tanpa Plastik Mulsa
Langkah pertama lahan diolah secara baik dengan kedalaman 30cm-40cm, kemudian setelah diolah biarkan atau dianginkan selama sekitar 15-30 hari.

Lahan dibentuk bedengan dengan ukuran lebar 80cm x 100cm, tinggi sekitar 30cm-40cm, sedangkan panjang diubahsuaikan dengan luas lahan. Dan daripada itu jarak antara bedengan yaitu 40cm x 60cm. Untuk ukuran petakan tanah yang sudah digemburkan untuk daerah menyemai bibit yaitu lebar 40cm x 60cm dan tinggi 30cm x 40cm, serta panjang diubahsuaikan dengan lahan yang ada, dengan jarak antar guludan 40cm x 60cm.

Apabila guludan sudah selesai selanjutnya taburkan pupuk sangkar dengan merata. Jumlah pupuk sangkar yang ditabur yaitu sekitar 20-30 ton/ha. Kemudian bedengan dibiarkan selama 15 hari. Dan yang terakhir buatlah lubang tanam dengan jarak 40cm x 30cm, 50cm x 50cm, atau 50cm x 40cm kemudian bibit stroberi pun siap ditanamkan.

2. Kebun dengan Plastik Mulsa
Tahapnya yang pertama yaitu lahan diolah dengan baik dan diangin-anginkan selama sekitar 15-30 hari biar kering. Bedengan dibentuk dengan ukuran lebar 80cm x 120cm, tinggi 30cm-40cm, dan panjang diubahsuaikan dengan luas lahan yang ada. Dan untuk jarak antar bedengan yaitu 60cm atau guludan dibentuk dengan ukuran lebar bawah 60cm, lebar atas 40cm, tinggi 30cm-40cm. Serta panjang diubahsuaikan dengan luas lahan, jarak antar bedengan yaitu 60cm.
Mulsa Plastik Di Sidoarjo
Kemuian lahan diangin-anginkan selama 15 hari, bila sudah kering, taburkan dan campur secara merata 200kg urea, 250kg SP-36, dan 100kg/ha KCl dengan tanah bedengan. Setelah itu bedengan disiram hingga kelihatan lembab, berikutnya plastik mulsa hitam atau perak ditutupkan pada bedengan atau guludan, kuatkan ujung-ujungnya dengan bambu.

Jika bedengan sudah tertutup plastik mulsa, buatlah lubang di atas plasti seukuran kaleng bekas susu. Jarak antar lubang dalam barisan 30cm-50cm dengan jarak tanam 40cm x 30cm, 50cm x 50cm, dan 50cm x 40cm. Dan yang terakhir buatlah lubang tanam sempurna pada plastik yang sudah dilubangi.

Pengapuran

Apabila Ph tanah terlalu asam laksanakan proses pengapuran dengan menebarkan 2-4 ton/ha kapur kalsit atau dolomite diatas bedengan atau guludan. Tahap pengapuran ini dikerjakan segera setelah bedengan atau guludan selesai dibuat.

Teknik Penanaman

Prosesi penanaman ini memerlukan teknik supaya tak merusak stroberi yang akan ditanam. Hal pertama yamg harus dilaksanakan yaitu menyiram polybag berisi bibit. Kemudian keluarkan bibit bersama media tanamannya denga hati-hati.
Setelah itu tanam 1 bibit dilubang tanam, kemudian padatkan tanah disekitar pangkal batang. Pemberian pupuk berair dapat dikerjakan untuk tumbuhan tanpa mulsa. Dosis pupuk yang dianjurkan yaitu 200kg/ha urea, 250kg SP-36, dan 150kg/ha HCl. Pemberian pupuk kedalam lubang sejauh 15cm di kiri-kanan tanaman. Yang terakhir, untuk tanah disekitar pangkal batang disiram hingga lembab.

BACA JUGA:
Proses Pemeliharaan Tanaman

1. Penyulaman
Umumnya dari beberapa bibit strawberry ada yang mati dikala dipindahkan ke media tanam, jumlah bibit yang mati umumnya 10%-20% dari jumlah bibit yang ditanam. Bibit tumbuhan stroberi yang mati atau tumbuh lambat dan tak normal harus segera dicabut dan diganti dengan bibit tumbuhan stroberi yang baru. Syarat bibit tumbuhan stoberi pengganti harus mempunyai jenis, ukuran, dan umur yang sama dengan bibit tumbuhan stoberi yang mati.


2. Penyiangan
Tumbuhnya tumbuhan liar disekitar flora strawberry, hal tersebut dapat merugikan tumbuhan pokok yang kita tanam alasannya banyak nutrisi dan zat-zat masakan yang diambil oleh tumbuhan pengganggu atau gulma tersebut. Cara untuk menghindari hal tersebut maka dilaksanakan penyiangan yaitu mencabut dan membuang gulma tersebut supaya tak menggaggu tumbuhan stroberi. Dan umumnya proses penyulaman ini diikuti dengan proses pemupukan.

3. Pemangkasan
Dalam pertumbuhan strawberry akan dibarengi dengan pertumbuhan daun yang rimbun. Sebab itu harus dilaksanakan pemangkasan pada daun tersebut. Tak hanya pemangkasan pada daun yang rimbun pemangkasan dikerjakan pada daun yang sudah renta dan mengering dan juga pada stolon. Pemangkasan pada stolon dikerjakan untuk meningkatkan produksi buah, jadi buah yang dihasilkan lebih besar dan menarik. Waktu pemangkasan umumnya 2 tahun 1 kali.

4. Pemupukan
Tahap dukungan pupuk pada flora stroberi yang ditanam di kebun tanpa mulsa dikerjakan setelah 1,5-2 bulan. Jumlah pupuk yang diberikan yaitu 2/3 takaran yang dianjurkan. Pemberian pupuk dengan cara ditabur, kemudian ditutupi tanah.

Dan sedangkan pemupukan dikebun dengan mulsa dikerjakan apabila pertumbuhan dirasa kurang baik. Komposisi pupuk yang umum sekali diberikan yaitu adonan urea, SP-36, KCl dengan perbandingan 1:2:1,5 sebanyak 5kg yang dilarutkan dalam air 200 liter. Setelah itu setiap tumbuhan disiram dengan 350-500 cc larutan pupuk tersebut.

5. Pengairan dan Penyiraman
Air ialah unsur terpenting untuk tanaman. Dengan itu penyiraman ialah hal penting yang harus dilaksanakan. Penyiraman dikerjakan 2 kali 1 hari hingga tumbuhan berumur 2 minggu. Sesudah itu penyiraman dikurangi secara berangsur-angsur supaya tanah tak mengering. Air dapat eksklusif disiramkan pada tumbuhan atau mengaliri parit antar bedengan dengan air.

6. Pemasangan mulsa kering
Sesudah masa tanam di bedengan, laksanakan proses pemasangan mulsa kering seawal mungkin. Sebelum itu jerami atau rumput kering setebal sekitar 3cm-5cm dihamparkan di permukaan bedengan dan di antara barisan tanaman.
Produsen Mulsa Surabaya
# Ingin warta lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat eksklusif dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Komentar