Tips Tani - Tips Lengkap Dan Terjitu Cara Budidaya Lobak, Yang Jarang Diketahui!

Lobak yakni flora yang tergolong ke dalam keluarga Cruciferae. Bentuk lobak sama dengan wortel, namun isi serta kulitnya mempunyai warna putih. Tumbuhan lobak ini berasal dari kota Tiongkok, serta sudah banyak dibisniskan di Indonesia. Lobak cukup praktis ditanam baik itu wilayah dataran rendah ataupun pegunungan.

1. Varietas Lobak
Tumbuhan lobak dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis, antara lain :

- Lobak Putih
Bentuk umbinya bundar panjang, pangkalnya runcing, berwarna putih.

- Lobak Hitam
Bentuk umbinya kerucut terbalik. Berwarna hitam / abu-abu pada bab kulitnya.

2. Cara Menanam Lobak
Penanaman lobak yang benar dibagi menjadi beberapa tahapan, antara lain :

- Pengolahan Tanah
Bajak serta dicangkul tanah dengan sebaik-baiknya, kalau harus ditambahkan juga pupuk organik didalamnya. Selanjutnya buat bedengan yang dilengkapi juga dengan alur membujur ke Barat-Timur menggunakan jarak antar alur sekitar 30 cm.

- Penanaman Bibit
Biji lobak dapat segera ditanam pada bedengan tanpa perlu disemaikan lebih dulu. Biji tersebut disebarkan tipis serta rata di sepanjang alur yang sudah disiapkan, selanjutnya tutup menggunakan tanah halus serta tipis saja. Umumnya 4 hari kemudian biji yang sebarkan itu telah nampak tumbuh.

BACA JUGA


3. Pemeliharaan Lobak
- Penjarangan
Proses ini dikerjakan kalau pohon lobak telah mencapai ketinggian sekitar 5 cm.

- Penyiangan & Pendangiran
Ketika mengerjakan penjarangan, sekaligus juga kerjakan langkah penyiangan pada rumput liar serta pendangiran semoga tanah selalu gembur. Sesudah dijarangkan batang pada lobak butuh untuk dibumbun.

- Penyiraman
Langkah penyiraman pada flora lobak dikerjakan kalau udara jadi amat panas, jadi tanah akan kering.

- Pemupukan
Pupuk yang dipakai yakni adonan antara ZA serta DS menggunakan perbandingan sekitar 1 : 2. 1 kwintal ZA serta 2 kwintal DS dapat dimanfaatkan guna memupuk seluas 1 ha. Baiknya pemupukan dikerjakan bersamaan proses menyiang.

4. Pemanenan Lobak
Usia panen flora ini yakni berkisar 40 – 60 hari. Langkah memanennya dikerjakan dengan mencabuti semua batangnya. Pemungutan hasil yang telat bakal menciptakan umbinya mempunyai rasa yang tidak enak.

Komentar