Tips Tani - Penggunaan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Cabai Katokkon Dari Tana Toraja

Mulsa Plastik Hitam Perak Untuk Budidaya - Lim Corporation

Wilayah Sulawesi Selatan kawasan Kabupaten Tana Toraja tepatnya memang sangat populer hingga ke mancanegara alasannya memiliki kekayaan adab budaya yang unik dan pemandangan alam yang eksotik. Disamping itu Kabupaten kawasan Tana Toraja juga memiliki masakan khas yang mampu memanjakan lidah, dan salah satu di antaranya yaitu yang termasuk dalam komoditas sayuran yang populer dengan nama Cabai Katokkon. Cabai Katokkon merupakan sejenis Cabai atau Lombok primadona khas Tana Toraja. Bentuknya mirip cabai Paprika tetapi dalam bentuk mini, gemuk lingkaran pendek, dengan ukuran normal sekitar 3cm-4cm dengan penampang seukuran 2cm-3,5cm, bewarna hijau keunguan dikala masih muda, dan bewarna merah menyegarkan dikala buahnya matang untuk diolah menjadi materi masakan penguat rasa masakan khas Tana Toraja. Nah untuk Anda yang tertarik menanam cabai katokkon, berikut cara budidayanya yang dikutip dari jitunews.com dan cybex.pertanian.go.id

Seleksi Benih
Buah cabai katokkon yang akan digunakan untuk benih yaitu buah yang setidaknya hasil panen kedua dan memiliki bentuk permukaan bawah buah yang rata.

PERSEMAIAN
Buah yang sudah diseleksi, bijinya dikeluarkan kemudian dijemur selama sekitar 7 hari. Kemudian dikala pesemaian yaitu merendam benih dalam air panas selama kurang lebih 4-6 jam hingga semua benih karam atau berada pada dasar wadah perendaman. Penanganan selanjutnya yaitu meniriskan benih dan dicampur dengan bubuk dapur halus dengan perbandingan bibit dan bubuk 1 : 10. Hal ini tujuannya untuk mempermudah dalam proses penaburan di tempat pesemaian. Tak hanya itu, juga berfungsi untuk menghindari dari serangan serangga mirip semut.

Pembuatan pesemaian dilaksanakan dengan menyediakan media semai dari tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Sesudah media disiapkan kemudian benih ditambur secara merata dan disiram secukupnya saja. Tahap berikutnya yaitu menutup persemaian dengan menggunakan daun pisang untuk menjaga kelembaban. Daun pisang dilepas sehabis benih mulai berkecambah. Penyiraman pesemaian dilaksanakan setiap pagi hari atau sore hari tergantung tingkat kelembapan pesemaian supaya bibit tumbuh sehat dan optimal.

BACA JUGA:
Apabila bibit sudah berumur sekitar 3 ahad atau sudah memiliki 2 helai daun, bibit kemudian dipindahkan ke media yang lebih besar berupa kokeran 12cm x 15cm. Tempat pembibitan harus dinaungi dengan paranet supaya bibit dapat terlindung dari sinar matahari yang terlalu panas atau air hujan. Perawatan bibit di mulai dengan penyiraman yang intensif pagi hari dan sore hari. Bibit siap dipindahkan sehabis berumur sekitar 3 ahad di kokeran atau 5 ahad sehabis semai.

PENGATURAN LAHAN
Perlakuan lahan secara tepat dilaksanakan 2 kali menggunakan Sekop dan Cangkul. Pengolahan pertama mencakup pembongkaran tanah dengan menggali sedalam 25cm-30cm kedalam tanah. Sesudah pengolahan pertama dikerjakan kemudian lahan dibiarkan 1 ahad supaya gas-gas yang berbahaya dalam tanah dapat menguap. Pengolahan yang kedua mencakup pembentukan bedengan yang dilaksanakan bersamaan dengan pinjaman pupuk organik jadi dapat tercampur secara merata dalam tanah. Pembuatan bedengan dengan ukuran lebar 100cm, tinggi bedengan 25cm-30cm supaya tak tergenang pada trend hujan, sedangkan panjang bedengan diubahsuaikan keadaan lahan. Sesudah bedengan siap kemudian laksanakan pemasangan mulsa plastik.

Sebaiknya pemasangan mulsa plastik dikerjakan dikala terik matahari. Mulsa plastik yang dipasang pada siang hari akan memuai jadi pemasangan mulsa plastik akan lebih rapat dan tak ada ruang kosong antara mulsa dan tanah. Hal selanjutnya dibentuk lobang tanam dengan jarak tanam 80cm x 60cm dengan menggunakan teladan tanam mirip bentuk jajar genjang. Hal ini tujuannya supaya tumbuhan memiliki ruang tumbuh yang lebih luas. Pelubangan dikerjakan dengan menggunakan alat sederhana dari kaleng susu kental anggun bekas atau yang seukuran yang diberi tangkai kemudian dimasukkan bara api/arang panas kedalam kaleng.

Plastik Mulsa Hitam Perak
PENANAMAN
Bibit ditanam kedalam lobang tanam yang sudah disiapkan secara tegak lurus dan pangkal tumbuhan harus rata dengan permukaan mulsa untuk mengurangi serangan hama jangkrik yang sering memotong batang tumbuhan muda. Tanaman kemudian disiram secukupnya supaya pertumbuhannya cepat dan sehat. Sebaiknya penanaman dikerjakan dikala petang hari supaya tumbuhan tak stres.

PEMELIHARAAN
- Penyiraman
Dengan pemakaian mulsa plastik, proses penyiraman tumbuhan lebih berkurang alasannya kelembapan tanah dapat terjaga. Ketika tak turun hujan, penyiraman dapat dikerjakan maksimal 3 kali dalam 1 minggu.

- Perempelan Tunas
Perempelan Tunas dilaksanakan dikala umur tumbuhan mulai 4-8 ahad di pertanaman. Tunas yang muncul dari ketiak daun yaitu tunas yang tak produktif dan akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan secara optimal. Semua tunas samping harus dibuang supaya tumbuhan kokoh dan kuat. Proses perempelan tunas umumnya dikerjakan 3-4 kali tergantung pertumbuhan tumbuhan dan akan di hentikan dikala terbentuk cabang.


- Pemupukan Susulan
Walaupun tumbuhan cabai sudah dipupuk total tetapi untuk menghasilkan hasil yang maksimal harus diberikan pemupukan susulan. Teknik pemupukan pada sistem mulsa plastik dikerjakan melalui penyemprotan pupuk organik cair melalui daun maupun dengan cara pengecoran pada lubang tanam. Pemupukan susulan pertama dikerjakan dikala umur tumbuhan 2 ahad sehabis tanam dengan menggunakan limbah cair dari kotoran ternak. Pemupukan berikutnya melalui penyemprotan dengan menggunakan pupuk organik elang biru. Penyemprotan dikerjakan sebanyak 2 kali dengan selang waktu 2 ahad sehabis proses pemupukan pertama.

PEMANENAN
Proses panen yaitu pekerjaan simpulan yang ditunggu oleh penanam sebagai hasil jerih payahnya. Panen pertama Cabai Katokkon dkerjakan sehabis tumbuhan berumur 3-4 bulan sehabis pindah tanam. Sesudah panen pertama, maka panen berikutnya dapat dilaksanakan setiap 3 hari sekali dan pemetikannya dapat berlangsung 8-10 bulan. Berdasarkan pengalaman jumlah buah Cabai Katokkon dapat mencapai 100-150 buah/pohon selama masa hidupnya, setara dengan 0,8-1,2 kg cabe.

Produsen Plastik Mulsa
* Ingin isu lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan kunjungi tautan ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Chat eksklusif dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Komentar