Tips Tani - Inilah Fungsi Penting Mulsa Plastik Pada Tanaman Dikala Budidaya


Mulsa Plastik Hitam Perak Sidoarjo - Lim Corporation

Ketika membudidayakan aneka tumbuhan pangan banyak yang menggunakan epilog tanah sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas tumbuhan yang dibudiayakan. Mulsa merupakan lapisan materi yang sengaja digunakan para petani pada permukaan tanah, dalam rangka menghemat atau teknik menekan biaya perawatan serta mendapat hasil panen yang lebih maksimal.

Umumnya petani di indonesia, lebih banyak mengenal mulsa hanyalah sebuah materi epilog tanah pada lahan budidaya yang terbuat dari plastik. Padahal penyebutan mulsa tak hanya mengarah ke materi plastik, namun banyak materi organik yang bisa digunakan sebagai mulsa tanah pertanian. Pemakaian dari materi organik limbah pertanian atau limbah industri pengolahan kayu bisa dimanfaatkan petani sebagai mulsa epilog tanah pada lahan budidaya tanaman.

FUNGSI DAN MANFAAT MULSA TANAH PERTANIAN
Fungsi dan juga manfaat pemakaian mulsa pada lahan pertanian yaitu sangat komplek, tetapi ada poin terpenting yang bisa dirasakan oleh para petani, beberapa manfaat utama pemakaian dan penerapan mulsa pada tanah pertanian yaitu:
- Bisa menghemat air
- Mampu meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanah
- Menekan pertumbuhan gulma
- Dapat meningkatkan daya tarik pandangan pada lahan pertanian
- Dan Bisa mencegah erosi

BERBAGAI BAHAN YANG BISA DIPAKAI SEBAGAI MULSA
Supaya mendapat 5 poin utama tersesbut. Ada banyak sekali jenis materi yang bisa digunakan sebagai mulsa epilog antara lain dari materi plastik hingga dengan materi dari limbah pertanian yang berlimpah disekitaran kita.

MULSA ORGANIK DARI LIMBAH PERTANIAN
Mulsa organik terdiri dari banyak sekali macam materi yang mudah dan cepat di urai atau daur ulang oleh alam, ibarat jerami padi, dedaunan kering, daun hijau, serbuk gergaji, sabut kelapa. Mulsa organik memiliki keunggulan lebih baik bila dibandingkan dengan mulsa anorganik, selain ketersediaan materi yang cukup banyak dan berlimpah, menggunakan mulsa organik juga bertindak eksklusif sebagai sistem pengomposan.

Baca Juga:
FUNGSI MULSA MENINGKATKAN PRODUK PERTANIAN
Manfaat yang didapatkan bagi tanah itu sendiri akan semakin subur serta perbaikan tekstur dan aerasi tanah lebih maksimal, tentunya dampak jangka panjang bagi tumbuhan budidaya yang akan tiba semakin cantik juga produksinya. Manfaat yang jauh lebih besar juga akan diperoleh bagi para petani itu sendiri, saat menggunakan mulsa organik tak menyisakan limbah ibarat pemakaian mulsa plastik. Proses memanfaatkan limbah organik sebagai mulsa kini ini mulai banyak digunakan di beberapa Negara luar, baik dalam produksi tumbuhan komersial atau berkebun di sekitar rumah, dan kalau pemakaian mulsa organik diterapkan dengan benar secara otomatis bisa meningkatkan produktivitas serta kesuburan tanah.

Supaya mulsa dari banyak sekali macam limbah organik dari lahan pertanian ibarat batang jagung, jerami padi, batang pisang, ranting kering, daun dan aneka limbah pertanian lainnya bisa bekerja lebih maksimal maka langkah menghancurkan atau menghaluskan materi tersebut dibutuhkan. Proses mencacah bisa dilaksanakan secara manual atau menggunakan mesin penghancur materi organik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MULSA ORGANIK
Kelebihan menggunakan epilog tanah dengan materi organik pada lahan budidaya memang memiliki dampak yang baik bagi kesuburan tanah dan peningkatan produksi lebih optimal dari waktu ke waktu. Tak hanya mudah untuk didapat bahkan gratis, akan tetapi penerapan mulsa organik juga memiliki kekurangan juga. Penerapan mulsa organik sifatnya hanya sementara, alasannya yakni mengalami pelapukan dari waktu ke waktu ada yang cepat dan lambat terurai, tergantung dari materi organik yang dipakai.

Plastik Mulsa Hitam Perak

MULSA PLASTIK
Dengan berkembangnya industri plastik yang merambat pada sektor pertanian, sudah banyak membuat aneka produk atau alat pertanian untuk menunjang budidaya di segala bidang tanaman. Sama halnya dalam keperluan atau teknik epilog tanah, pada lahan budidaya tumbuhan sayur dan buah, mulsa plastik cenderung lebih umum digunakan oleh kebanyakan petani. Umumnya mulsa plastik terbuat dari materi polimer polypropylene dan polimer polietilen.

Dari segi penerapannya dan teknik budidaya menggunakan mulsa plastik tergolong cukup mudah dan praktis, akan tetapi menggunakan epilog tanah dengan materi anorganik akan menyisakan limbah yang sulit terurai oleh alam dan memerlukan waktu pelapukan yang lebih panjang. Pemakaian mulsa berbahan plastik Ini bisa diterapkan eksklusif ke tanah, atau sekitar tumbuhan yang dibudidayakan.

Jenis mulsa plastik juga ada banyak sekali macam kualitas materi dan warna, adapun beberapa jenis yang beredar di pasaran yaitu mulsa plastik putih (MPP), mulsa plastik transparan (MPT), mulsa plastik hitam (MPH), mulsa plastik hitam perak (MPHP) yang memiliki kelebihan serta fungsi tersendiri.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" biar selalu sanggup gosip terkini perihal dunia pertanian, silahkan klik DISINI

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MULSA PLASTIK
Kelebihan dari pemakaian mulsa berbahan plastik yaitu lebih efisien, bisa bersifat temporer dan permanen, menekan pertumbuhan gulma lebih baik, mencegah pengikisan atau pengikisan tanah pada lahan budidaya lebih baik bila dibandingkan dengan pemakaian mulsa organik. Akan tetapi dalam hal memperbaiki struktur serta kesuburan tanah dalam jangka panjang dan sistem aerasi mulsa plastik ini kurang maksimal.

PENGARUH PENGGUNAAN MULSA PLASTIK
Pengaruh yang ditimbulkan dari pemakaian mulsa plastik pada kadar air tanah yaitu kompleks, mulsa membentuk sebuah lapisan atau sekat pada tanah yang mencegah sinar matahari untuk mencapai permukaan tanah, jadi fungsinya mulsa plastik bisa mengurangi penguapan yang terlalu berlebihan. Akan tetapi dampak lain dari pemakaian mulsa juga bisa menghambat serta mencegah air hujan mencapai tanah untuk di serap.

Oleh alasannya yakni itu untuk meningkatkan hasil produksi budidaya pertanian yang anda laksanakan bisa menentukan mulsa dari materi organik atau plastik sesuai dengan anggaran. Karena penmakaian mulsa plastik atau limbah pertanian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pertimbangan tamat ada di tangan anda.

Mulsa Plstik Hitam Perak Murah

* Info mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Bila Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih abadi Anda bisa menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08:00 - 16:00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Komentar