Jual Mulsa Plastik - Tata Cara Pemupukan Padi Organik Yang Baik


Ciri utama budidaya padi organik yaitu tidak memakai pupuk kimia atau pupuk buatan pabrik. Seluruh pupuk yang dipakai sepenuhnya berupa pupuk organik, mulai dari pemupukan awal atau dasar sampai pemupukan susulan. Pupuk tersebut dapar berbentuk padat yang diaplikasikan lewat akar maupun cair yang diaplikasikan lewat daun.

1. Pemupukan dasar

Pupuk organik yang dipakai sebagai pupuk dasar berupa pupuk sangkar auu kompos matang sebanyak 5 ton/ha. Pupuk sangkar tersebut diberikan bersamaan dengan pembajakan kedua. Cara pemberiannya dengan disebarkan merata ke seluruh permukaan tanah. Setelah disebarkan, pupuk tersebut dibiarkan selama empat hari. Selanjuinya, tanah sawah digaru sehingga pupuk sangkar sanggup menyatu dengan tanah. Terkadang untuk memperoleh pupuk sangkar atau kompos matang sebanyak 5 ton agak sulit. Sebagai gantinya sanggup dipakai pupuk fermentasi atau bokashi. Penggunaan pupuk fermentasi atau bokashi ini lebih ekonomis dibanding pupuk sangkar atau kompos, cukup 1,5-2 ton/ha. Selain hemat, penggunaan pupuk fermentasi pun lebih baik lantaran mengandung mikroba pengurai sebagai penambah kesuburan tanah.

Pada pertanian non-organik, takaran pemupukan dengan pupuk kimia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Lain dengan penggunaan pupuk organik, dosisnya justru cenderung semakin menurun. Hal ini sudah dialami beberapa petani padi organik. Takaran pertama pupuk sangkar sebagai pupuk dasar sebanyak 5 ton/ha. Tapi, 3 tahun berikutnya takarannya menurun, hanya 3 ton/ha.

Kecenderungan menurunnya penggunaan pupuk sangkar tersebut disebabkan oleh sifat dari pupuk organik itu sendiri yang menguntungkan bagi tanah. Semua sifat menguntungkan tersebut sanggup meningkatkan kesuburan tanah. Oleh lantaran itu, sanggup dimengerti bahwa kebutuhan pupuknya pun makin berkurang lantaran struktur tanahnya sudah semakin bagus.

Adapun beberapa sifat dari pupuk organik antara lain :

a). memperbaiki struktur tanah, dari berlempung yang liat menjadi ringan atau remah,
b). memperbaiki daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak terurai,
c). memperbaiki daya ikat air pada tanah,
d). memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanari.
e). mempertinggi daya ikat tanah rehadap zat hara,
f). mengandung unsur hara lengkap walaupun jumlahnya sedikit, tergantung materi penyusun pupuk organik tersebut,
g). membantu proses pelapukan materi mineral,
h). menyediakan masakan bagi mikroba, serta
i). menurunkan akrivitas mikroorganisme merugikan.

     Teknik Jitu Dalam Budidaya Zukini

2. Pemupukan susulan

Pemupukan susulan pada kecerdikan daya padi secara organik diiakukan tiga kali selama satu trend canam. Pemupukan susulan tahap pertama dilakukan ketika flora berumur sekitar 15 hari. Jenis pupuk yang dipakai berupa pupuk sangkar masak sebanyak 1 ton/ha atau kompos fermentasi sebanyak 0,5 ton/ha. Cara pemberiannya cukup dengan ditebarkan merata ke semua areal persawahan, yaitu di sela-sela flora padi.

Pemupukan susulan tahap kedua dilakukan saac flora berumur 25-60 hari dengan frekuensi seminggu sekali. Jenis pupuk yang diberikan berupa pupuk organik cair buaran sendiri yang kandungan unsur N-nya tinggi. Dosisnya sebanyak 1 liter pupuk yang dilaruckan dalam 17 liter air. Cara pemberiannya dengan disemprotkan pada daun tanaman.

Pemupukan susulan tahap ketiga dilakukan ketika flora memasuki fase generatif atau pembentukan buah, yaitu setelan flora berumur 60 hari. Pupuk yang dipakai berupa pupuk organik cair buatan sendiri yang masing-masing mengandung unsur P dan K tinggi.

Dosisnya 2-3 sendok makan pupuk P organik yang dicampur dalam 15 liter acau sacu tangki kecil pupuk K organik. Pupuk tersebut disemprotkan ke flora dengan frekuensi seminggu sekali. Pemberian pupuk tersebut sanggup dilarang kalau sebagian besar bulir padi sudah tampak menguning.

Mungkin sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :)

 Kami menyediakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) cap KUDA materi full Ori sanggup 2x pemakaian.  Manfaat Mulsa Plastik ini yaitu melindungi struktur tanah supaya tak cepat kering, menghindar tumbuhnya flora liar (gulma) yang sanggup mengganggu flora induk. Selain Cap kuda LIM Corporation menyediakan Plastik Mulsa Cap Montana dan Tembakau. Harga dijamin murah, pribadi dari pabrik. Tunggu Apalagi Segera Pesan!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya wacana prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat pribadi dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#MulsaPertanian #MulsaPlastik #HargaMulsa #MphpMurah

Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar