Tips Tani - Alasan Petani Kentang Harus Menggunakan Plastik Mulsa

Kentang termasuk kedalam komoditas pertanian yang mempunyai banyak kandungan pati serta zat karbohidrat. Kentang sanggup dijadikan untuk makanan pokok ataupun sumber dari karbohidrat sebagai pengganti nasi. Dengan mengonsumsi kentang Anda bakal menjalankan difersifikasi makanan yakni bermacam-macam jenis pangan yang sanggup Anda konsumsi.

Tak hanya sanggup dikonsumsi menjadi makanan pokok yang menggantikan nasi, kentang pula sanggup diolah jadi sebuah santapan enak yang menarik hati selera Anda. Banyak aneka macam olahan yang dibentuk pribadi dari materi kentang semisal kentang goreng, kentang balado, keripik kentang, bergedel serta lain-lainnya. Begitu banyaknya olahan yang dibentuk dari kentang, hal itu mengambarkan bila kentang adalah salah satu komoditas pertanian yang memang banyak diharapkan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Tetapi, apakah Anda sudah mengetahui sendiri dimanakah kentang ditanamankan? Tanaman kentang ini biasanya ditanam pada wilayah pegunungan maupun dataran tinggi yang mempunyai hawa asri dan sejuk. Tanaman ini memang amat khas dengan wilayah yang berhawa sejuk. Kentang pula identik dengan wilayah penanaman yang mempunyai lereng ataupun metode terasering. Pembuatan area lahan pertanian dengan metode yang berlereng di wilayah pegunungan sanggup juga berdampak buruk.

Seperti contohnya, salah satu ancaman jelek dari penerapan lahan dengan menggunakan bentuk terasering adalah peristiwa erosi. Jika hujan menerpa tanah berlereng ataupun terasering tersebut, maka akan besar kemungkinan tanah bakal bertahap terkikis serta terbawa derasnya air hujan. Hal tersebutlah yang dikenal dengan nama erosi. Pengikisan yang terjadi pada tanah, cepat maupun lambat sanggup saja memicu terjadinya alam menyerupai longsor. Namun, mengapa kebanyakan para petani kentang lebih menentukan metode bentuk lahan pertanian yang berlereng miring maupun terasering?

BACA JUGA

  1. Manis Melonnya, Cukup Plastik Mulsa Media Tanamnya

  2. Kenapa Petani Kentang Wajib Mengaplikasikan Mulsa Plastik ?

  3. Apa Sih Tanaman Holtikultura ?

  4. Sudah Amankah Tanaman Sawi Anda dari Hama & Penyakit Berikut


Tanaman kentang sendiri termasuk kedalam jenis tumbuhan yang tak sanggup berlama-lama tergenang air, jadi kalau area pertanian yang digunakan guna menanam kentang bentuknya menyerupai menyabuk jadi ketika turun hujan jadi besar kemungkinannya, tumbuhan kentang bakal sanggup terendam air. Saat kentang terendam oleh air jadi sanggup dipastikan kalau tumbuhan kentang itu bakal membusuk serta petani akan mengalami kerugian lantaran terjadi gagal panen. Oleh lantaran itu, walaupun mempunyai resiko menyebabkan pengikisan serta longsor, model pertanian berlereng tetaplah dipilih para petani tumbuhan kentang. Kalau Keadaan ini terjadi terus-menerus, bukan hal yang tak mungkin kalau peristiwa longsor bakal terjadi ditiap kawasan dataran tinggi yang sedang ditanami tumbuhan kentang.

Jadi, harus bagaimanakah kita menanggapi hal tersebut? Kalau Anda seorang petani kentang ataupun pembisnis maupun pengusaha dibidang agrobisnis dengan model tanah berlereng, maka Anda harus mencoba guna menggunakan mulsa plastik. Apa itu plastik mulsa? Plastik mulsa adalah sebuah lembaran plastik yang sering digunakan guna epilog area lahan tumbuhan budidaya yang dimaksudkan guna melindungi tanah dari terjadinya erosi, dan juga menjaga kadar kelembaban tanah serta struktur tanah dan menghambat tumbuhnya hama gulma. Jika Anda menggunakan plastik mulsa di persawahan, maka tentunya bakal memperoleh aneka macam macam kelebihan dan laba tersebut.

Selain sanggup menjaga serta pula melindungi permukaan tanah dari terjadinya erosi, dengan menggunakan plastik mulsa, para petani akan berhasil mengerjakan konservasi pada lahan pertanian. Saat Anda mengerjakan konservasi tanah, jadi harus secara pribadi Anda mempersiapkan untuk pertanian yang akan datang. Pertanian yang sanggup Anda wariskan ke anak cucu Anda kelak. Lahan tempat yang baik bakal juga membuahkan hasil panen dari pertanian yang baik juga, oleh lantaran itu menjaga dan merawat keadaan lahan pertanian semoga selalu baik, termasuk ke dalam investasi yang tak ternilai harganya.

Jenis mulsa plastik yang sanggup Anda pakai guna merawat dan menjaga keadaan lahan pertanian tumbuhan kentang Anda, itu adalah plastik mulsa hitam perak. Warna hitam sanggup mempertahankan kadar kelembaban serta kehangatan pada tanah. Keadaan tanah yang begitu lembab serta hangat amatlah cocok untuk dijadikan area tumbuh serta berkembangnya tanaman, khususnya sayur-sayuran ataupun umbi-umbian semisal kentang. Disamping itu pula, cuilan yang berwarna perak sanggup mencegah peresapan panas cahaya matahari yang masuk berlebih dan juga menekan adanya tumbuhan gulma. Maka, kalau Anda menggunakan mulsa plastik hitam perak jadi Anda tak perlu lagi menggunakan cairan herbisida guna membasmi hama gulma. Makara bagaimana, banyak sekali bukan manfaatnya? Tunggu apalagi, ayo segera beli dan dapatkan mulsa plastik berharga murah di toko ataupun pabrik yang melayani pembelian alat-alat kelengkapan pertanian terdekat, atau juga sanggup membelinya di online shop atau toko online di Internet.

Komentar