Tips Tani - Sudah Amankah Tanaman Sawi Anda Dari Hama & Penyakit Berikut??


Hama dan Penyakit yang bias menyerang Pada Tanaman Sawi Caisim dan Pakcoy biasanya terdiri dari beberapa jenis hama dan penyakit seperti  yang akan saya bahas kali ini. Ada beberapa jenis ulat dan beberapa jenis penyakit yang mengganggu pertumbuhan dari tumbuhan sawi ini, nah bagi agan yang membutuhkan informasi perihal hama dari tumbuhan ini harap di baca hingga tuntas yah gan semoga semuanya jelas.

Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sawi :

1. Ulat Tanah (Agrotis sp.)
Ulat yang takut akan sinar matahari ini sering merusak tumbuhan sawi yang masih muda yang gres di tumbuhan di ladang, ulat ini berwarna coklat kehitaman,  serangan ulat tanah ini biasanya di lakukan di malam hari dan serangan dari ulat tanah ini biasanya tidak serentak alias sedikit demi sedikit, maka dari itu perlu di lakukan pencegahan sebelum menanam sawi yaitu dengan melaksanakan sanitasilan, kalau pun yang sudah terjangkit sebaiknya segera lakukan pemberantasan dengan insektisida yang berbentuk butiran lalu di tabur di samping tumbuhan sawi tersebut.

BACA JUGA

Mau Tau Cara Budidaya Bunga Kol?? 

Plastik Mulsa Pengusir Ampuh Hama Trip 

Kiat Sukses Budidaya Cabe Pelangi Yang Elok Dipandang 

Hemat Biaya Anggaran Penanganan Hama Dengan Mulsa Tembakau


2. Ulat Grayak (Spodopteralitura dan Spodopteraexigua)
Hama ini memiliki warna hijau bau tanah kecoklatan dengan totol-totol hitam di setiap ruas buku badannya ini berukuran kurang lebih 15 hingga 25 mm saja, namun sangat menjengkel sekali, serengan ulat yang satu ini yaitu terjadi pada daun sawi, sehingga tak heran kalau daun sawi akan berlubang-lubang, dan serangan ulat ini biasanya terjadi pada daun yang masih muda,  dan untuk solusinya yaitu dengan menyemprotkan memakai insektisida seperti: Curacron 500 EC, Matador 25 EC, danBuldok 25 EC.

3. Ulat Perusak Daun (Plutellaxylostella)
Ulat yang satu ini sangat menyukai pucuk tumbuhan sawi, sehingga tidak heran kalau pucuk tumbuhan akan berlubang dan tumbuhan sawit idak akan tumbuh dengan benar lantaran pucuknya terganggu oleh ulat yang satu ini, cirri dari ulat yang satu ini yaitu memiliki warna tubuh yang hijau muda dan panjang maksimal 10 mm,  adapun cara menanggulanginya dengan member semprotan insektisida seperti: Proclaim 5 SG, Decis 2,5 EC, march 50 EC, dan Buldok 25 EC.

4.  Leaf Miner (Liriomyza sp.)
Hama  ini merupakan hama yang masih sejenis dengan serangga, kalau agan melihat permukaan daun sawit ampak bercak kuning kecoklatan, itu berarti tumbuhan sawiagan telaah terkotaminasi dengan serangga yang satu ini, lantaran cara merusak serangga yang satu ini yaitu dengan menebar telurnya pada daun sawi, dan larva-larva nya akan masuk kedalam daun dan mengerogotinya, dan bercak kuning kecoklatan tersebut yaitu jalur dimana larva tersebut memakan daun dan dagingnya, dan insektisida yang sanggup membasminya yaitu : Trigard 75 WP dan Proclaim 5 SG.

5. Penyakit Busuk Daun (Phytoptora sp.)
Penyakit  yang satu ini biasanya di sebabkan oleh salahnya isu terkini tanam, yaitu di sarankan kalau menanam sawi jangan di isu terkini hujan, lantaran efek yaitu daun menjadi busuk, dan hal ini di sebabkan oleh kondisi cuaca yang taktentu, atau lantaran hujan sehari  yang di ikuti cuaca yang panas sekali, kalau pun sudah terlanjur menanam, solusinya adalah: semprotlah dengan fungisida yang sempurna yaitu Bion M 1/48 WP, Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG.

*Dalam penanaman sawi caisim, Anda sanggup menerapkannya dengan sistem hidroponik maupun permulsaan, informasi harga mulsa sanggup anda cek DISINI

6. Penyakit  Akar Gada (Plasmodiophorabrassicae)
Penyakit ini biasanya menyerang halaman tanaman, nah kalau agan menemukan atau melihat tumbuhan sawi agan terlihat layu pada siang hari dan segar pada pagi hari itu berarti tumbuhan agan telah terjangkit penyakit yang satu ini. Dan untuk penyakit yang satu ini hingga kini belum di temukan obatnya atau solusinya.
Itulah beberapa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sawi Caisim dan Pakcoy yang biasa menyerang pada tumbuhan ini, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi agan….


Komentar