Jual Mulsa Plastik - Cara Budidaya Bengkoang Dan Keuntungannya Bagi Kesehatan

Bengkoang salah satu jenis buah yang cukup dikenal terutama dalam dunia kecantikan.kegunaan bengkoang tidak terbatas untuk mempercantik diri saja,melain juga bagi kesehatan tubuh.Bengkoang sendiri mengandung air yang cukup melimpah sehingga cocok dipakai sebagai penyuplai cairan bagi tubuh.

Keberadaan cairan yang cukup banyak dalam bengkoang,juga sanggup dipakai sebagai buah untuk membantu kegiatan diet sekaligus cocok bagi penderita diabetes.Bengkoang mempunyai banyak khasiat dalam menyehatkan badan alasannya mengandung banyak senyawa yang bagus untuk tubuh,berikut aneka macam senyawa yang terkandung dalam buah bengkoang, yaitu: vitamin A 21 IU,vitamin E,vitamin K,zat besi,thiamin,seng,magnesium,kalsium,kalium,phyto-nutrisi,mangan,energi,tembaga,karbohidrat,lemak,protein,niacin,serat,kolestrol,karoten,riboflavin,asam pantotenat dan pyridoxine.

Cara Budidaya Bengkoang
Tanaman bengkoang yaitu tumbuhan yang menjalar, tumbuhan ini sanggup mempunyai panjang hingga 5-6 meter. Bengkoang biasanya diambil umbi dan dimanfaatkan sebagai materi makanan,umbi bengkoang diolah menjadi tepung sebelum hasilnya dibentuk materi kuliner dan obat-obatan.

Di Indonesia ada dua varietas bengkoang yang dibudidayakan, yaitu verietas genjah dan badur. Bengkoang varietas genjah lebih cepatmasa panennya yaitu 4-5 bulan sedangkan bengkoang varietas badur umur panennya lebih usang yaitu antara 7 hingga 11 bulan.Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai varietas genjah .

Pembudidayaan bengkoang sanggup dilakukan didataran rendah - ketinggian 1500 meter dari permukaan laut.Namun ketinggian idealnya yaitu 200-800 meter dari permukaan maritim dengan curah hujan sekitar 700-1000 mm per tahun.25-28oC ialah asumsi suhu supaya sanggup bertumbuh berkembang.Bengkoang sanggup tumbuh baik di tanah lempung berpasir dengan kandungan hara tinggi dan keasaman ada pada kisaran 4,5-8 pH.

Penyiapan benih bengkoang
Benih bengkoang sanggup didapat dengan dua cara,pertama menyeleksi dari tumbuhan yang ada.Caranya pilih beberapa tumbuhan yang terlihat sehat,kemudian biarkan tumbuhan tersebut tumbuh berbunga hingga mengeluarkan polong.sebaliknya tumbuhan lainnya tetap dilakukan pemangkasan bunganya,karena tumbuhan bengkoang yang bunganya tidak dipangkas tidak akan menghasilkan umbi.

Jika Polong sudah membesar hingga tua,setelah itu polong siap dipanen sebagai benih.Apabila benih akan disimpan,sebaiknya jangan dibuka kulit polongnya.Kalaupun dibuka dari kulitnya harus disimpan ditempat yang kering dan tertutup rapat.Dengan penyimpanan yang bagus benih terkadang  dapat bertahan hingga 1 tahun.

* Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Bawang Bombay

Pengolahan tanah dan penanaman
Pertama daerah yang akan di gunakan dibajak atau dicangkul dengan tujuan menggemburkan tanah.Kemudian buat bedengan supaya drainase tanah berjalan baik.Lebar bedengan 1 meter dengan tinggi 20-25 cm,panjang bedengan diadaptasi dengan kontur lahan.Atur jarak antar bedengan sebesar 40-50 cm.

Tebarkan atau campurkan pupuk sangkar atau kompos.Dosis pupuk dasar kira-kira 20 ton per hektar.Kemudian aduk hingga merata.lalu bikin lubang tumbuhan dengan cara ditugal sedalam 5-7 cm.Dalam satu bedeng buat dua baris bolongan dengan jarak dalam baris 25 cm dan jarak antar baris 30 cm.Masukkan benih bengkoang pada setiap tugalan sebanyak 1 biji kemudian timbun dengan tanah.Lalu siram secukupnya untuk mempertahankan kelembapan tanah.Kebutuhan bibit bengkoang sekitar 25kg - 30kg per hektar.

Sebelum bibit ditanam ada baiknya rendam terlebih dahulu benih selama 6-12 jam,kemudian tiriskan dan biarkan selama satu hari.Nanti akan terlihat calon tunas tumbuh pada biji bengkoang.Baru sehabis itu biji sanggup ditanam.

Perawatan bengkoang
Bengkoang termasuk tumbuhan yang tahan kekeringan. apabila terjadi kekeringan ekstrim,lakukan penyiraman secukupnya.Perlu diingat penyiraman jangan dilakukan setengah basah,hal ini akan menciptakan tumbuhan mati dan layu.

Ketika tumbuhan bengkoang berumur dua ahad biasanya batangnya sudah tumbuh dan mulai menjalar,pada umur ini sanggup dilakukan penyiangan tergantung kondisi dilahan.Pada dikala ini juga dilakuakn penyulaman jikalau ada tumbuhan bengkoang yang tidak sanggup bertumbuh kembang.penyulaman kalau sanggup menggunakan kacang tanah,tidak menggunakan begkuang lagi.Karena pada umur menyerupai ini,bengkoang gres tidak sanggup mengejar yang lainnya.Penyulaman dengan kacang tanah berfungsi juga untuk memperkaya nitrogen tanah.

Pada dikala umur tiga ahad lakukan pemupukan pelengkap dengan kompos kering ataupun sekam ayam.Satu bedengan bengkoang bisanya membutuhkan sekitar 20 kg,atau kira-kira 20 ton per hektar.Untuk tunjangan pupuk pelengkap kalau sanggup disamakan dengan penampakan tanaman,berikan pupuk pelengkap secara penuh bila terlihat kurang gizi.Namun apabila tumbuhan tumbuh subur kurangi tunjangan pupuk untuk menghemat pengeluaran.

disaat umur satu bulan mulai di lakukan proses pengguntingan pucuk daun pada semua tumbuhan yang ada.Biasanya sehabis penguntingan pertama akan muncul banyak tunas baru.Pengguntingan kedua dilakukan ketika bengkoang berumur 2 bulan.Lakukan lagi pengguntingan pucuk dan bunga.

* Baca Juga : Tips Jitu Budidaya Tanaman Kumis Kucing

di dikala bunga sudah bertumbuh mekar 80% pemotongan sudah sanggup dilakukan,karena bila pengguntingan dilakukan pada dikala bunga belum mekar maka umbi bengkoang yang terbentuk tidak akan lingkaran membesar,namu akan menyerupai wortel yakni kecil dan memanjang.Pada waktu pengguntinga kedua ini, pilihlah 10-20 tumbuhan dalam satu bedeng yang akan dijadikan bibit.Untuk tumbuhan yang akan dijadikan bibit ini,jangan dilakukan pengguntingan bunganya,tapi biarkan supaya bunganya sanggup membuahkan biji.kemudian lakukan mekanisme pembenihan menyerupai yang diterangkan di atas.

di dikala umur sudah sekitar 3,5 bulan lakukan pengguntingan yang ketiga.Gunting semua bunga dan daun muda termasuk bunga yang ada diketiak-ketiak daun,jangan hingga terlewat.Setelah pemotongan ketiga perkembangan umbi terjadi sangat cepat.

Pengendalian hama dan penyakit
Budidaya bengkoang biasanya tidak mempunyai banyak hama & penyakit.Namun tetap harus mencurigai timbulnya bercak taun,tungau daun merah dan kumbang.Untuk menangani hama dan penyakit lakukan rotasi tumbuhan dengan palawija lain,pengolahan tanah yang prima,sanitas kebun dan pemilihan benih atau bibit yang baik.

Pemanenan bengkoang
Tanaman bengkoang sanggup dipanen pada dikala sehabis berumur 4 bulan masa tanam.Pemanenan dilakukan dengan cara dicabut atau digali.Budidaya bengkoang yang baik akan sanggup menghasilkan 7-8 ton per hektar.



Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan
Buah bengkoang, cukup banyak ditemukan disekitar kita mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern.Bengkoang sendiri mengandung banyak zat sehat yang mempunyai kegunaan untuk menyehatkan tubuh.Adapun bermacam-macam manfaat bengkoang bagi kesehatan antara lain yaitu sebagai berikut.

Mengobati Maag
Maag salah satu jenis gangguan pada perut yang cukup sering menyerang.Terutama bagi mereka yang sering makan telat,ada baiknya segera ganti tumpuan makan anda supaya terhindar dari maag.Maag sanggup menciptakan seseorang mengalami gangguan perut yang terasa begitu melilit hingga pekerjaan pun terpaksa diabaikan.Untuk mengobati penyakit maag,anda sanggup menggunakan bengkoang.Karena didalam buah bengkoang banyak mengandung  senyawa alkali yang baik untuk menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh.

Kami CV Lim Corporation menyediakan plastik mulsa berkualitas. Untuk informasi harga plastik mulsa ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA).
Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar