Tips Tani - Panduan Cara Budidaya Stroberi, Buah Berwana Merah, Kecil & Manis!


Stroberi yaitu buah terkenal yang amat penting, yang dikembangbiakkan di segala penjuru dunia.

Terdapat 20 spesies lebih Stroberi di semua penjuru dunia. Pengelompokan varietas stroberi ini yaitu didasarkan oleh jumlah kromosomnya. Terdapat 7 macam jenis kromosom yang ada di semua varietas.

Berikut tahapan cara budidaya strawberry dengan benar dan tepat :

1. Pemilihan Bibit

Memperoleh bibit benih strawberry yang bermutu dan berkualitas, terhindar dari semua jenis cacat flora ataupun hama penyakit, dan memiliki perkembangan serta panen yang melimpah ruah termasuk persyaratan penting dalam budidaya strawberry. Akan lebih baik jikalau Anda menentukan bibit strawberry kepada petani yang membudidayakan strawberry supaya Anda sanggup menghindarkan kemungkinan kecil dari ketidaktepatan dalam menentukan bibit nantinya.
*Baca juga Panduan Lengkap & Tips Jitu Cara Budidaya Lobak, Yang Jarang Diketahui!

2. Pengolahan Lahan Tanam

Cara pengolahan area lahan yang bakal digunakan untuk penanaman, sanggup Anda kerjakan dengan langkah sebagai berikut :

- Gemburkan tanah pada lahan dengan dicangkuli sedalam 30 cm, kemudian biarkan sekitar 1 ahad guna menghilangkan racun yang ada pada tanah.
- Kemudian buat bedengan selebar 100cm, setinggi 30cm, pandang disamakan dengan lahan, serta jarak 1 bedeng kurang dengan ukuran sekitar 60cm.
- Bedengan ditutup dengan plastik mulsa, derma mulsa lebih baik ketika matahari sedang terik supaya mulsa sanggup memuai secara benar jadi bendengan tertutup sempurna.
- Lubang flora dibentuk dengan jarak tiap 1 lubang flora sekitar 30cm, dan berdiameter 8-10 cm.

3. Penanaman

Pertama, pindah bibit ke lubang tanam pada atas bendengan atau polybag yang telah disiapkan. Penanaman strawberry lebih baik dilakukan ketika pagi hari supaya bibit tak simpel layu.

Memindahkan bibit perlu dikerjakan secara hati-hati, supaya tak melukai sistem akar bibit strawberry, kemudian masukkan ke lubang tanam, serta tutup menggunakan tanah maupun debu gosok hingga ujung batang bibit. Sesudah ditanam, sirami bibit dengan airyang gres ditanam guna menjaga keperluan air pada bibit di habitat barunya.

4. Pemeliharaan & Perawatan

Kerjakan langkah pemeliharaan menyerupai penyiraman dengan rajin terutama flora yang berusia muda, jikalau animo kemarau tiba, dimana sanggup terjadi kekurangan pasokan air. Lalu kalau flora mendekati usia 20 hari, kerjakan penyulaman guna mengganti yang tak tumbuh baik dengan bibit gres supaya perkembangannya sanggup seragam.

Bersihkan pula rerumputan ataupun gulma pengacau flora yang sanggup menghipnotis perkembangan flora ini. Budidaya strawberry pula diharapkan pemupukan susulan guna menjaga produksi tanaman. Kerjakan pemupukan susulan ketika flora berumur 2 bulan, menyerupai dengan pupuk NPK menggunakan takaran 1:1:1.
*Jangan lewatkan daftar harga plastik mulsa terupdate ketika ini, cukup klik DISINI

5. Masa Panen

Saat usia tanam 2-4 bulan dari masa penanaman, buah telah sanggup dipanen. Sesudah panen kesatu dikerjakan, panen berikutnya sanggup dikerjakan 3 hari sekali maupun seminggu 2x panen dengan menentukan keadaan buah.

Cara pemanenan buah ini dengan memangkas tangkai buah. Selanjutnya buah di basuh dengan higienis serta buah strawberry yang fresh siap guna Anda konsumsi sendiri.

Komentar