Tips Tani - Ini Ia Tahapan Penting Saat Budidaya Jengkol Biar Berhasil Maksimal


Jengkol merupakan keluarga polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berbentuk polong serta teksturnya pipih/gepeng, membelit berbentuk spiral, berwarna sedikit lembayung tua. Biji buahnya mempunyai kulit ari tipis serta coklat mengkilap. Jengkol pula sanggup mengakibatkan aroma yang tidak sedap pada urin dikala setelah diolah serta di proses oleh pencernaan tubuh, menyerupai teladan kalau dimakan menjadi lalapan.

Serta kalau Anda ingin membudidayakan flora jengkol ini, maka ada beberapa langkah sempurna yang harus Anda kerjakan. Yakni antara lain sebagai berikut :

(1). Area Tanam Jengkol
Sebelum Anda melaksanakan langkah awal guna budidaya jengkol tahap pertama yang harus disiapkan yakni area guna menanamnya. Umumnya pohon jengkol ialah flora yang sanggup berkembang biak dimana saja, terkadang juga di halaman rumah. Sebagai flora endemik kawasan tropis, flora jengkol sangat pas ditanam pada kawasan dataran rendah. Tanaman ini memerlukan cahaya matahari secara eksklusif setiap hari. Oleh alasannya ialah itu, pastikan area tanam jengkol tak tertutup oleh cahaya matahari. Sebab menjadi flora kawasan tropis, jengkol memerlukan kesediaan air yang cukup tinggi serta pula diimbangi dengan kadar kelembapan yang lumayan.

# Baca juga Cara Budidaya Jagung Manis Yang Benar

(2). Masa Tanam Jengkol
Walaupun pohon jengkol sanggup dikembangbiakkan dimana saja serta tak memerlukan area tertentu, tetap butuh diperhatikan serta dicek ketika awal penanamannya. Menurut penelitian, pohon jengkol bakal lebiih mudah tumbuh kalau ditanam pada awal isu terkini hujan. Pohon bakal lebih pesat tumbuh serta berkembang. Hal semacam ini tentu bakal menjadikan pohon jengkol berbuah pesat dan cepat.


(3). Pembibitan & Penanaman Jengkol
Pohon jengkol sanggup dikembangkan memakai 2 cara, yakni ditanam berasal bijinya ataupun lewat cara cangkok. Guna mendapat bibit jengkol berkuialitas, tahap awal yang wajib dikerjakan ialah menyiapkan kantong plastik atau polybag tanam berukuran mini/kecil yang dalamnya telah diisi tanah.

Masukkan dan tanam biji jengkol pada plastik flora yang sudah diisi tanah subur tersebut. Siram dengan teratur hingga tumbuh kecambah jengkol yang bakal keluar sekitar 2 hingga 3 ahad setelahnya. Sesudah kecambah jengkol keluar serta muncul, waktunya bibit tersebut dipisahkan dan dipindah ke area yang cukup besar yang telah disediakan. Kasih pupuk dengan cara teratur biar pohon sanggup berkembang sehat. Jangan lupa beri pinjaman ketika flora masih muda biar tak diserang oleh hama atau penyakit.

# Jangan lewatkan Cara Budidaya Pisang Cavendish

(4). Kultivasi Tanaman Jengkol
Usaha guna budidaya jengkol di Indonesia, masih jarang ditemui. Hal semacam ini diakibatkan jengkol umumnya tumbuh liar alasannya ialah flora ini mudah sekali tumbuh. Pohon jengkol sanggup dikembangbiakkan dari bijinya ata pula memakai teknik cangkok. Tanaman jengkol yang dibudidayakan lewat biji maupun bibit bakal berbuah kalau sudah berumur sekitar 5 tahun atau juga lebih. Bila pohon jengkol Berkembang lewat tahap teknik cangkok, waktu yang diperlukan untuk berbuah bakal jauh lebih sedikit pendek.

Komentar