Tips Tani - Mengenal Manfaat Mulsa Organik, Anorganik Dan Kimia-Sintetis

Mulsa ialah prosedur yang dipakai untuk mengurangi tumbuhan pengganggu dengan menghalangi hilangnya air alasannya ialah penguapan.

Macam-Macam Mulsa
1.Mulsa Organik
Mulsa dari semua materi sisa pertanian yang secara hemat kurang bermanfaat ibarat jerami padi, batang jagung, batang kacang tanah, daun dan pelepah daun pisang, daun tebu, alang-alang dan serbuk gergaji.

2.Mulsa Anorganik
Mulsa dari materi batuan dalam banyak sekali bentuk dan ukuran ibarat kerikil kerikil, kerikil koral, pasir kasar, kerikil bata, dan kerikil gravel. Untuk tumbuhan semusim, materi mulsa ini jarang digunakan. Bahan mulsa ini lebih sering dipakai untuk tumbuhan hias dalam pot.



3.Mulsa Kimia – Sintetis
Mulsa yang terbuat dari materi – materi plastik dan materi – materi kimia lainnya. Bahan- materi plastik berbentuk lembaran dengan daya tembus sinar matahari yang beragam. Bahan plastik yang ketika ini sering dipakai yang sering dipakai sebagai materi mulsa ialah plastik transparan, plastik hitam, palstik perak, dan plastik perak hitam.
# Baca juga Cara Menanam Buah Semangka.


Mulsa Plastik terdiri dari yaitu :

a.Mulsa Plastik Putih (MPP)
Mulsa ini mempunyai daya pantul skitar 45% sehingga 55% cahaya matahari yang dipantulakan dan di serap secara eksklusif atau tidak eksklusif akan berinteraksi dengan tanah.
Selain sanggup menurunkan suhu tanah, MPP juga sanggup menambah jumlah cahaya matahari yang di terima oleh tajuk tumbuhan alasannya ialah cukup besarnya cahaya matahari yang dipantulkan. Hal ini kan sangat membantu tumbuhan dalam melaksanakan fotosintesis. Oleh alasannya ialah itu, MPP sangat cocok untuk budidaya semangka, melon, serta banyak sekali jenis cabe bibit unggul dan terung-terungan.

b. Mulsa Plastik Transparan (MPT)
Mulsa plastik transparan mempunyai daya pantul rendah dibandingkan dengan plastik mulsa hitam ,namun cahaya yang ditruskan lebih besar.Hal ini menyebabkan MPT mempunyai pengaruh menaikkan suhu tanah.
MPT sangat cocok diterapkan pada tanaman-tanaman dataran rendah yang ingin dibudidayakan. Di dataran tinggi. Namun, tanaman-tanaman tersebut harus mempunyai struktur tajuk yang tidak terlalu tinggi, ibarat pada bawang merah dataran tinggi.

c. Mulsa Plastik Hitam (MPH)
Mulsa ini mempunyai daya serap matahari mencapai 90,5 %, dari jumlah cahaya matahari yang datang. Cahaya yang diserap tersebut akan dipantukan dalam bentuk panas ke segala arah termasuk tanah. Penerapan mulasa ini sanggup dilakukan pada bawang merah dan asparagus di dataran tinggi.
# Baca juga Plastik Mulsa Hitam Perak Membantu Petani Sukses.

d. Mulsa Plastik Perak Hitam (MPPH)
MPPh akan mnyebabkan cahaya matahari yang dipantulkan cukup besar, bahkan lebih tinggi dari MPP. Akibatnya cahaya matahari yang dipantulkan cukup besar. Di lain pihak, permukaan hitam dari MPPH akan menyebabkan cahaya matahari yang di teruskan menjadi sangat kecil, bahkan mungkin nol. Keadaan ini akan menyebabkan suhu tanah akan tetap rendah.

Dewasa ini, MPPH mualai diterapkan secara luas dan sangat cocok untuk pembudidayaan semangka hibrida, melon, serta banyak sekali jenis cabe bibit unggul dan terung-terungan.

Kelebihan dan Kekurangan Mulsa :
a.Kelebihannya mencakup :
- Dapat di peroleh secara bebas/gratis
- Memiliki pengaruh menurunkan suhu tanah
- Mengonservasi tanah dengan menekan erosi
- Dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan pengganggu
- Menambah materi organic tanah alasannya ialah gampang lapuk sehabis rentang waktu tertentu
# Dapatkan gosip pertanian dan perkebunan terupdate klik DISINI.

b.Kekurangannya mencakup :
- Tidak tersedia sepanjang demam isu tanam, tetapi hanya ketika demam isu panen tadi.
- Hanya tersedia di sekitar pusat budidaya padi sehingga kawasan yang jauh dari pusat budidaya padi membutuhkan - biaya ekstra untuk transportasi.
- Tidak sanggup dipakai lagi untuk masa tanam berikutnya

2.Mulsa Kimia-Sintetik ( plastik )
a.Kelebihannya ialah :
- Dapat di peroleh setiap saat
- Memiliki sifat yang bermacam-macam terhadap suhu tanah tergantung plastic
- Dapat menekan erosi
- Praktis di angkut sehingga sanggup dipakai di setiap tempat
- Menekan pertumbuhan tumbuhan penggangga
- Dapat dipakai lebih dari satu demam isu tanam tergantung perawatan materi mulsa

b.Kekurangannya ialah :
Tidak mempunyai pengaruh menambah kesuburan tanah alasannya ialah sifatnya sukar lapuk
Harganya relative mahal.

Manfaat Pemasangan Mulsa
1. Melindungi agregat-agregat tanah dari daya rusak butir hujan
2. Meningkatkan peresapan air oleh tanah
3. Mengurangi volume dan kecepatan anutan permukaan
4. Memelihara temperatur dan kelembaban tanah
5. Memelihara kandungan materi organik tanah
6. Mengendalikan pertumbuhan tumbuhan pengganggu.


# Klik DISINI untuk gosip harga plastik mulsa hitam perak terupdate.

Komentar