Jual Mulsa Plastik - Langkah Budidaya Strawberry




 Ada cara-cara untuk pembibitan budidaya stoberi, tetapi yang kerap digunakan beberapa pekebun stoberi yakni pembibitan dengan biji serta pembibitan dengan stolon.

1. Pembibitan dengan Biji
Benih sroberi sanggup kita beli di beberapa toko penyedia bibit tanaman, jikalau bibit telah ada langkah pertama untuk menanam stoberi yakni merendam benih sepanjang 15 menit, setelah di rendam benih kita angin-anginkan semoga kering. Benih yang telang kering kemudian disemai ditempat penyemaian yang telah diberi media tanam berbentuk kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos halus yang steril. Dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah itu benih kita semai dengan cara rata di kotak bibit persemaian yang sudah kita sediakan kemudian tutup dengan tanah tidak tebal. Serta paling tamat tutp permukaan dengan plastic atau beling bening serta taruh pada temperature 18-20 °C.
Proses seterusnya siram benih sehari-hari. Sesudah tumbuh serta mempunyai dua helai daun, jadi bibit sudah siap untuk dipindahkan kebedengan sapih. Bibit ditanam di bedengan sapih dengan jarak antarbibit, yakni 2-3 cm. media tanam bedeng sapih sama juga dengan media yang digunakan pada persemaian. Bedengan di beri atap plastic bening. Sepanjang di dalam bedengan, bibit di beri pupuk daun. Sesudah mempunyai ukuran 10 cm serta tumbuhan sudah merumpun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

2. Pembibitan dengan Stolon
Stolon sanggup dimanfaatkan untuk perbanyak tumbuhan strobery. Langkahnya yaitu menyerupai berikut. Tentukan rumput strobery yang sudah mempunyai akar sulur pertama serta ke-2. Lalu, potong ke-2 akar sulur itu. Selanjutny, bibit sulur ditanam didalam polybag mempunyai ukuran 18 x 15 cm yang diisi media kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sesudah tingginya 10 cm serta berdaun rimbun, bibit siap dipindahkan ke kebun.
Diluar itu langkah budidaya sanggup digunakan menggunakan polybag-polybag dengan menggunakan media tanam kombinasi gabah padi serta pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1.
Sesudah bibit di persemaian berdaun, bibit itu siap dipindahkan ke polybag-polybag besar dengan ukuran 30 x 30 cm dengan media yang sama. Serta di polybag ini bibit dipelihara hingga menghasilkan buah siap panen.


Pemrosesan Media Tanam
Setelah melaksanakan pembibitan hal yang perlu di perhatikan yaitu pemrosesan media tanam. Pada umumnya, media tanam tumbuhan strobery dibedakan jadi 2 jenis, yakni kebun tanpa plastic mulsa serta kebun yang ditutupi oleh plastic mulsa.

1. Kebun Tanpa Menggunakan Plastik Mulsa 
Cara cara merawat stoberi di kebun yg tidak menggunakan plastik mulsa, pertama area di proses dengan baik dengan kedalaman 30-40 cm, setelah di proses diangin-anginkan selama 15-30 hari.
Tempat di buat bedengan dengan ukuran lebar 80 x 100 cm, tinggi 30-40 cm, sedang panjang disesuai dengan tempat. Disamping itu jarak anatara bedengan yaitu 40 x 60 cm. ukuran guludan (petakan tanah yang sudah digemburkan untuk daerah menyemai bibit) yaitu lebar 40 x 60 cm serta tinggi 30 x 40 cm, serta panjang sesuai dengan daerah yang ada, serta jarak antar guludan 40 x 60 cm.
Sesudah guludan usai setelah itu pupuk sangkar ditaburkan dengan rata. Jumlah pupuk sangkar yang ditabur yaitu 20-30 ton/ha. Setelah itu, bedengan atau guludan dilewatkan sepanjang 15 hari. Paling akhir, buat lubang tanam dengan jarak 40 x 30 cm, 50 x 50 cm, atau 50 x 40 cm. lalu, strobery juga siap ditanam.

2. Kebun dengan Plastik Mulsa 
Pengolahan kebun dengan plastik mulsa hampir sama denga pemrosesan tanpa ada plastik mulsa. Dimuka trend hujan, daerah di proses dengan baik serta diangin-anginkan sepanjang 15-30 hari semoga kering.
Bedengan di buat dengan ukuran lebar 80 x 120 cm, tinggi 30-40 cm, serta panjang sesuai dengan daerah yang ada. Sedang jarak antar bedengan yaitu 60 cm atau guludan di buat dengan ukuran lebar bawah 60 cm, lebar atas 40 cm, tinggi 30-40 cm. serta panjang sesuai dengan tempat, jarak antar bedengan 60 cm.
Kemudian daerah diangin-anginkan sepanjang 15 hari, setelah kering, 200 kg urea, 250 kg SP-36, serta 100kg/ha KCl ditaburkan serta digabungkan dengan tanah bedengan. Lalu bedengan disiram hingga lembab selanhutnya, plastic mulsa hitam atau perak ditutupkan pada bedengan atau guludan, kuatkan ujung-ujungnya dengan bambu.
Sesudah bedengan tertutup plastic mulsa, buat lubang diatas plastic seukuran kaleng sisa susu kental manis. Jarak antar lubang dalam barisan 30-50 cm hingga jarak tanam 40 x 30, 50 x 50, serta 50 x 40 cm. paling akhir, buat lubang pas pada plastic yang telah dilubangi.

Pengapuran
Pengapuran dilakuan bila tanah terlalu asam langkah ini dikerjakan dengan membuatkan 2-4 ton/ha kapur kalsit atau dolomite di atas bedengan atau guludan. Sistem pengapuran ini dikerjakan selekasnya setelah bedengan atau guludan usai di buat.
Tehnik Penanaman
Sistem setelah itu setelah pemrosesan media tanam yaitu penanaman. Penanaman ini memerlukan tehnik supaya tak menyebabkan kerusakan strobery yang bakal ditanam. Hal pertama yamg mesti dikerjakan yaitu menyiram polybag diisi bibit. Lalu mengeluarkan bibit berbarengan media tanamannya denga hati-hati.
Setelah itu, tanam satu bibit dilubang tanam, lantas padatkan tanah di sekitar pangkal batang. Pemberian pupuk berair sanggup dikerjakan untuk tumbuhan tanpa ada mulsa. Dosis pupuk yang disarankan yaitu 200 kg/ha urea, 250 kg SP-36, serta 150 kg/ha HCl. Pupuk diberikan dalam lubang sejauh 15 cm di kiri-kanan tanaman. Paling akhir, tanah di sekitar pangkal batang disiram hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman

1. Penyulaman
Bibit tumbuhan strobery biasanya ada yang alami janjkematian ketika dipindahkan ke media tanam di kebun, jumlah bibit yang mati umumnya 10-20% dari keseluruhan bibit yang ditanam.
Bibit tumbuhan strobery yang mati atau tumbuh lambat serta tak normal mesti dicabut serta ditukar dengan bibit tumbuhan strobery yang baru. Prasyarat bibit tumbuhan stoberi pengganti mesti mempunyai type, ukuran, serta usia yang sama juga dengan bibit tumbuhan stoberi yang mati.

2. Penyiangan 
Tanaman strobery yang ada dilahan terbuka umumnya kerap diikuti tumbuhan lain yang turut tumbuh di sekitar tumbuhan strobery, hal semacam ini sanggup merugikan tumbuhan poko yang kita tanam karena banyak nutrisi serta beberapa zat makanan yang “diambil” oleh tumbuhan pengganggu atau gulma itu.
Untuk hindari hal itu jadi dikerjakan penyiangan yakni mencabut serta buang gulma itu supaya tak menggaggu tumbuhan strobery. Serta umumnya penyulaman diikuti pemupukan.

3. Pemangkasan 
Perkembangan strobery yang cukup cepat umumnya diimbangi perkembangan daun yang rimbun. Oleh karenanya, mesti dikerjakan pemangkasan pada daun itu. Terkecuali pemangkasan pada daun yang rimbun pemangkasan dikerjakan pada daun yang telah renta serta mongering dan pada stolon.
Pemangkasan pada stolon dikerjakan untuk tingkatkan produksi buah, hingga buah yang dihasilkan semakin besar serta menarik. Saat pemangkasan umumnya 2 th. sekali.

4. Pemupukan
Pemupukan yaitu penambahan nutrisi pada tanaman, pemupukan pada tumbuhan strobery yang ditanam di kebun tanpa ada mulsa dikerjakan setelah 1, 5-2 bln.. Jumlah pupuk yang didapatkan 2/3 takaran yang disarankan. Pemberian pupuk lewat cara ditabur, kemudian ditutupi tanah.
Disamping itu, pemupukan dikebun dengan mulsa dikerjakan bila perkembangan di rasa kurang baik. Komposisi pupuk yang umum diberikan yaitu kombinasi urea, SP-36, KCl dengan perbandingan 1 : 2 : 1, 5 sejumlah 5 kg yang dicampurkan di air 200 liter. Setelah itu, tiap-tiap tumbuhan disiram dengan 350-500 cc larutan pupuk itu.

5. Pengairan serta Penyiraman
Air yaitu unsure utama dalam pemeliharaan tumbuhan strobery. Oleh karenanya, penyiraman yaitu hal utama yang perlu dikerjakan. Penyiraman dikerjakan 2 x satu hari hingga tumbuhan berusia dua minggu. Setelah itu, penyiraman dikurangi dengan cara berangsur-angsur supaya tanah tak mongering. Air sanggup segera disiramkan pada tumbuhan atau mengaliri parit antarbedengan dengan air.




Baca Juga ;Rumah Rindang Dengan Paranet


MELAYANI PEMESANAN MULSA PLASTIK UKURAN KHUSUS

PLASTIK MULSA HITAM PERAK.Terbuat dari materi plastik dan additive uv stabilizer berkualitas tinggii sehingga lebih giat dan tidak gampang robek apabila terkena sengatan sinar matahari dalam jangka waktu relative lama. Warna hitamnya tebal, pekat dan merata menjadikan mulsa plastik tidak tembus sinar matahari, sehinggal gulma tumbuhan tidak sanggup tumbuh. Warna peraknya penuh, sanggup memantulkan sinar matahari lebih banyak, sehingga hama berkurang dan tumbuhan sanggup tumbuh lebih baik serta lebih subur. Plastik mulsa ini cocok untuk banyak sekali tumbuhan hortikula, contohnya cabe, tomat, melon, semangka, dan lain-lain.
Ukuran Plastik Mulsa Hitam Perak yang tersedia :
Lebar ( keadaan terlipat/terbuka ) : 50cm/100cm, 60cm/120cm,
Tebal :  35 mikron
Melayani pemesanan ukuran khusus untuk tambak maupun untuk tanaman. Ketebalan untuk tambak biasanya 50micron - 80micron. Tersedia jenis kw super, kw biasa, dan original. Info harga 0812.3258.4950 | 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277
www.mulsa99.com.
Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar