Jual Mulsa Plastik - Cara Budidaya Labu Madu (Butternut) Serta Poin Penting Dalam Budidayanya Butternut

Distributor Mulsa Plastik Untuk Pertanian - Lim Corporation

Labu madu atau Butternut nama terkenal di indonesia. Buah ini juga terkenal di luar negeri dengan nama pumpkin, butternut ini sedang naik daun di negara kita dan di seluruh dunia. Selain mempunyai bentuk unik ibarat kacang tanah, daging buah mempunyai warna mirip mentega serta rasa yang cantik dengan tekstur lembut. Tingkat kemanisan dari butternut niscaya akan semakin bertambah bila buah disimpan minimal 4 minggu. Daya tahan butternut cukup usang yakni kurang lebih sekitar 6 bulan lamanya.

Labu madu (Butternut) belum banyak dijumpai di pasar-pasar buah serta di lahan-lahan petani, tidak hanya masyarakat para petani pun juga masih belum mengetahui ihwal jenis labu ini. Hanya disebagian tempat saja di Pulau Jawa dan Sumatra yang telah mulai membudidayakan labu ini secara aktif. Daerah itu antara lain ialah Cianjur (Jawa Barat), Pekanbaru (Riau), dan Bojonegoro (Jawa Timur). Makin usang tempat - tempat yang membudidayakan labu madu (Butternut) semakin bertambah, mirip Riau, Palembang (Sumatra Selatan), dan Pidie (Nanggroe Aceh Darrusalam).

BACA JUGA:

Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam butternut adalah, kandungan nutrisi  serat yang tinggi, beta karoten, anti oksidan, vitamin A dan B kompleks, dan kandungan nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan seluruh badan anda. Serta bagi anda yang memilki balita, buah ini juga baik jikalau anda gunakan sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk bayi anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Nah, sesudah mengulik terkait butternut, selanjutnya eksklusif saja yuk kita simak apa sih poin penting dari budidaya butternut squash serta cara budidanya:

Pada prinsip cara bercocok tanam labu butternut mempunyai kesamaan dengan jenis labu biasanya. Labu madu (Butternut) sanggup dipanen pada ketika mamasuki usia tanam sekitar 85-90 hari, buah tersebut ialah jenis tumbuhan merambat atau sanggup juga disebut dengan tumbuhan menjalar (Cucurbitaceae) dari jenis tumbuhan semusim. Sehingga untuk sanggup memaksimalkan kualitas buah tumbuhan ini membutukan para-para (tempat rambat). Dan berikut ialah cara membudidayakanya:

Jual Mulsa Plastik
Pengolahan Lahan
Bisa diawali dengan cara pencucian lahan, meratakan lahan dan  mengemburkan lahan dari semak belukar serta gulma dengan menggunakan mesin bajak (traktor) atau juga sanggup dengan cara manual yitu cangkul. Berikutnya menciptakan bedengan dengan ukuran lebar 1 m dengan tinggi 15-20 cm dengan jarak antar bedengan kurang lebih 4 m. Berikan beberapa unsur hara pendukung semisal pupuk sangkar sekitar 10-15 ton/ha dan Pupuk NPK phonska kurang lebih 8-10 karung.

Tahapan berikutnya dengan cara menyemprotkan sejumlah agen-agen hayati dengan takaran takaran 4-5 liter/hektar yang sanggup anda kerjarkan 1 ahad sebelum acara penutupan dengan mulsa plastik hitam perak. Berikutnya ialah dengan menciptakan para-para (tempat merambat),  hal ini memerlukan kayu penyangga yang kuat.

Penanaman
Untuk menanam labu madu (butternut) sama saja dengan menanam tumbuhan menjalar lainya. Kondisi penanaman yang sangat sesuai merupakan pada waktu awal demam isu hujan, dengan diberi jarak tanam (Double row) 1 x 4 m, dengan jarak antar bedengan 4 m dan jarak antar tumbuhan satu dengan lainya ialah 1 meter disebalah kanan dan berselanya lagi 1 meter di kiri (double row) jarak antara baris sekitar 50 cm.

Jumlah akan kebutuhan bibit yang ditanam 5000 bibit/ha. Teknik menanamnya ialah dengan cara memasukan bibit butternut yang telah berusia 4-5 hari dari persemaian. Seusai ditanam, kita hanya tinggal melanjutkan dengan melaksanakan perawatan mirip menyiram, memupuk, atau mengendalikan hama dan melaksanakan pemanenan.

Pemupukan Butternut
Proses pemupukan mempunyai kegunaan biar menambah atau memperlihatkan sejumlah unsur hara embel-embel kedalam tanah yang akan digunakan untuk tanaman. Pemupukan sanggup dikerjakan dengan dua 2 cara yaitu dengan cara di kocor atau disemprot.

Sebelum dilakukanya acara pemupukan dengan cara kocor lebih baiknya bulatlah larutan dengan komposisi pupuk sangkar 20-30 kg, pupuk NPK 1 kg, Agen hayati sebanyak 1 kg yang masing-masing materi dilarutkan kedalam 200 liter air, kerjakan pengadukan setiap hari hingga 1 minggu.

Sebelum hasil larutan ini diaplikasikan ke pada tanaman, sebelumnya harus dikerjakan pengenceran terlebih dahulu dengan embel-embel air menjadi 400 liter dan berikan kesetiap tumbuhan dengan takaran 200-250 ml. Memupuk kocor dan daun dilakukan 1 ahad sekali, dengan jeda (jarak waktu pemberian) dari 3-5 hari kocor dan semprot dengan komposisi larutan pupuk daun antara lain, kalsium 500 ml, 500 gram gandasil D,500 ml hormone pertumbuhan dilarutkan dalam 200 liter air sebelum dilakukanya hal berikut.

Penyulaman
Penyulaman ialah pemilihan bibit labu madu (butternut) yang telah mati ditempatnya kemudian dibuang untuk membentuk kesaragaman nantinya ketika waktu demam isu panen, penyulaman dikerjakan 1 ahad seusai bibit labu ditanam dilapangan.

Pengendalian Hama Dan Penyakit
Pada ketika acara budidaya tidak pernah terlepas dari serangan hama dan penyakit, oleh sebab itu sebagai pembudidaya harus peka serta sensitif apabila terjadi serangan terhadap tumbuhan yang tengah kita budidayakan.

Salah satu dilema pada ketika budidaya labu madu (butternut) yaitu penyakit layu basil atau fusarium (daun puret). Untuk pencegahan jenis penyakit tersebut dengan cara terus menjaga sanitasi kebun atau kebersihan kebun serta jikalau diharapkan dengan menyemprotkan jenis fungisida berbahan aktif mankozeb dan Serangan lalat buah dengan menciptakan perangkap petrogenol.

Panen Labu Butternut
Panen dilakukan ketika tumbuhan telah memasukan umur 85-90 hari dengan mempunyai ciri-ciri buah yang telah siap panen dengan tangkai buah pada tangkal sudah berubah warna dari hijau menjadi ke coklatan bahkan coklat yang tertandai warna buah butternut telah coklat mengkilap itu bertanda buah telah siap untuk dipanen.

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama serta menjaga kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih infinit Anda sanggup menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat eksklusif dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minmal order 10 roll
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan

Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar