Tips Tani - Cara Budidaya Cabe Yang Lebih Efisien Dengan Memakai Mulsa Plastik, Hasil Melimpah Ruah

Jual Mulsa Plastik Pertanian Di Sidoarjo - Lim Corporation

Proses Pengolahan Tanah Pada Tanaman Cabai
Tahap pengolahan tanah ini tujuannya untuk memperbaiki struktur dan porositas tanah jadi peredaran air dan udara menjadi optimal. Pengelolaan tanah dilaksanakan secara tepat ialah pembajakan 2 kali dan penyisiran 1 kali. Sesudah pengolahan tanah sekitar 7-14 hari, dibentuk bedengan dengan tujuan untuk mempermudah pembuangan air hujan yang berlebihan, mempermudah proses pemeliharaan, mempermudah meresapnya air hujan atau air pengairan, serta menghindari tanah terinjak-injak dan menyebabkan lebih padat.

Untuk ukuran bedengan yang baik ialah lebar 110cm-120cm, dengan tinggi 20cm-30cm, kemudian untuk panjang sanggup diubahsuaikan dengan keadaan lahan, dan juga jarak antara bedengan sekitar 40cm-50cm. Ketika 70% bedengan bernafsu terbentuk dipupuk dengan pupuk sangkar atau kotoran ayam yang sudah matang sebanyak 1,0kg-1,5kg setiap lubang tanam. Pada tanah yang pH-nya asam juga diberikan pengapuran sebanyak 100gr-125gr setiap lubang pertanaman.

BACA JUGA:
Penyiapan Benih dan Persemaian Cabai
Terdapat 2 cara untuk membibitkan cabai ialah disemai di bedengan atau disemai eksklusif di polybag. Apabila benih disemai di bedengan harus terlebih dulu menyiapkan bedeng persemaian, kemudian benih disebar dengan cara berbaris, jarak antara barisan sekitar 5cm dan diberi naungan dari daun kelapa atau daun pisang.

Benih juga sanggup disemai eksklusif dalam polybag kecil dengan ukuran 5cm x 10cm atau 8cm × 10cm. Sebelum proses pengecambahan, sebaiknya benih cabai direndam dulu dalam air hangat dengan suhu sekitar 55°C – 60°C selama 15-30 menit untuk mempercepat proses perkecambahan benih. Jika benih cabai akan disemai eksklusif di polybag, sebelum itu polybag diisi dengan media gabungan tanah halus 2 bab + 1 bab pupuk sangkar matang halus + 80gr pupuk NPK + 75gr furadan. Bahan media dicampur secara merata kemudian dimasukkan ke dalam polybag. Sesudah itu benih cabai ditanam dan diletakkan di bedengan secara teratur dan segera ditutup dengan karung goni
lembap kurang lebih sekitar 3 hari biar benih lebih cepat berkecambah.
MULSA PLASTIK PERTANIAN
Penanaman Cabai
Dalam waktu penanaman yang paling baik ialah pagi hari atau sore hari. Umur cabai yang sudah sanggup ditanam ialah sekitar umur 17-23 hari atau flora cabai sudah mempunyai daun 2-4 helai. 1 hari sebelum tanam bedengan yang sudah ditutup mulsa plastik harus dibuatkan lubang tanam. Jarak tanam cabai ialah sekitar 50-60cm x 60-70cm. Bibit cabai yang siap dipindahkan segera disiram dengan air secukupnya dan sebaiknya juga direndam dalam larutan fungisida sistemik atau bakterisida dengan takaran 0,5-1,0 gr per liter air selama 15-30 menit untuk mencegah penularan hama dan penyakit. Dan jangan lupa pasanglah mulsa plastik pada lahan bedengan biar flora tak terjangkit hama dan penyakit tanaman.


Pemupukan Cabai
Dosis pupuk yang digunakan ialah Urea 150kg + ZA 50kg + SP-36 150kg + KCI 200kg. Pemupukan dasar diberikan 2-3 hari sebelum tanam, ialah semua takaran pupuk SP-36. Kemudian pemupukan susulan pertama diberikan pada umur 10 hari setelah tanam dengan sepertiga takaran setiap pupuk Urea, ZA dan KCI. Pemupukan susulan kedua dan ketiga setiap pada 40 dan 70 hari setelah tanam dengan takaran sama dengan pemupukan pertama. Untuk waktu donasi pupuk sanggup diubahsuaikan dengan ketersediaan air dimana keadaan air tanah dalam keadaan cukup. Pupuk diberikan dengan cara tugal sedalam 5cm-15cm dan ditutup kembali dengan tanah. Pemberian pupuk sanggup juga dengan cara dikocor, dianjurkan juga disemprot dengan pupuk daun Mamigro Super N atau NPK Istimewa atau dengan Gardena D dengan konsentrasi 2 – 5 gr/l air mulai umur 7-30 hari setelah tanam dengan interval donasi 7–15 hari.

Panen dan Pasca Panen Cabai
Biasanya flora cabai sudah sanggup dipanen ialah sekitar umur 75-80 hari setelah tanam, panen yang selanjutnya dilaksanakan selang waktu 2-3 hari 1 kali. Sedangkan di dataran tinggi panen perdana dimulai pada umur 90-100 hari setelah tanam. Kemudian pemetikan buah dilaksanakan selang waktu 6-10 hari sekali.

Panen cabai dipilih pada tingkat kemasakan 85%-90% saat warna buah merah kehitaman. Untuk memperoleh harga tinggi, hasil panen dikelompokkan menurut standar kualitas permintaan pasar ibarat untuk supermarket, pasar lokal ataupun pasar eksport. Sesudah buah cabai dikelompokkan sesuai dengan kelasnya, maka pengemasan harus dilaksanakan untuk melindungi buah cabai dari kerusakan selama dalam pengangkutan.
MULSA PLASTIK HITAM PERAK
# Ingin gosip lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat eksklusif dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar