Jual Mulsa Plastik - Diam-Diam Pemakaian Mulsa Plastik Ketika Melaksanakan Budidaya Kedelai Hitam?

Distributor Mulsa Plastik Pertanian Hitam Perak - Lim Corporation

Kedelai hitam ini merupakan tumbuhan subtropis yang mempunyai daerah tumbuh dengan pH di atas 6 atau netral. Di negara kita indonesia, yang saesaui untuk ditanaman ini diantaranya yaitu daerah Cipanas, lantaran pH tanahnya cuma 5,5, sehingga perlu dilakukan pengapuran. Dedi Gunawan dan H. Ajil dadri pernah mencoba untuk membudidayakan kedelai hitam ini, ia berasal dari Desa Karang Luwuk, Cipanas, Cianjur ini. Berikut metode bertanamnya.

1. Membuat bedengan

Pertama kali yang harus dipersiapkan ialah pembuatan bedengan untuk daerah penyemaian kedelai hitam. Kedelai ini lebih baiknya dilakukan pensemai secara khusus dahulu, alasannya apabila ditanam eksklusif di lahan menyerupai kedelai umum alhasil benih yang tumbuh cuma 50% nya saja, pun kurang.

Ukuran bedengan sekitar 1 meter persegi. Banyaknya benih yang di tanam akan besar lengan berkuasa banyaknya bendengan yang akan anda buat . Serta jangan lupa juga tanah bedengan ini harus dalam keadaan gembur.

Setelah bedengan tamat tanah dikapur. Pengapuran seharusnya dikerjakan apabila pH tanah kurang dari 6. Sebab pH tanah di Cipanas sekitar 5,5 alhasil perlu dilakukan pengapuran dengan takaran dua kg/m2. Sesudah itu bedengan sebaiknya diberikan pupuk sangkar dengan takaran 4 kg/m2, dengan adonan pupuk Urea, TSP, dan KCl masing-masing sebanyak 8 gr, 8 gr dan 4 gr atau memakai perbandingan 2 : 2 : 1. Kapur, pupuk sangkar dan pupuk buatan ini diberi dalam waktu yang beriringan.

Jikalau bedeng sudah siap, alhasil benih sudah sanggup ditanam dengan jarak 5 x 5 cm. Lubang tanam dihasilkan tak terlalu dalam (kurang dari 5 cm) biar akar tak terputus dikala pemindahan. Tiap-tiap lubang cukup ditanami satu butir benih saja.

2. Bibit

Bibit-benih yang ditanam dalam media semai tadi akan siap ditanam di lahan setelah berumur sekitar satu pekan. Secara rutin selama seminggu benih harus disiram setiap pagi dan sore hari. H. Ajil dan Dedi Gunawan mendapat benih kedelai hitam ini dari PT. Gesri Gelora yang sekaligus menjadi konsultan mereka.

3. Persiapan lahan

Sambil menunggu tumbuhnya benih, siapkan tanah yang akan ditanami kedelai. Dilakukan pencangkulan tanah, digemburkan, dan dibersihkan dari sisa-sisa tumbuhan yang sanggup mengganggu pertumbuhan kedelai hitam nantinya.

Pengapuran yaitu perlakuan yang pertama kali dilakukan. Dosis kapur yang digunakan sekitar 20 ton/ha. Berikutnya diberi pupuk sangkar 40 ton/ha. Tanah di lakukan pengapuran selama seminggu, hingga kapur bereaksi dengan tanah serta pH naik menjadi enam atau lebih.

Sehari memasuki pemindahan benih, dilakukan pemupukan Urea, TSP, dan KCl sebanyak dua kuintal per hektar dengan perbandingan 2 : 2 : 1.

jual mulsa plastik pertanian
4. Penanaman

Jikalau lahan sudah siap, alhasil benih yang sudah berumur tujuh hari sanggup eksklusif dipindahkan. Bibit dipilih yang kokoh, subur, dan tak cacat. Agar tak ada akar yang putus, pencabutan dilakukan dengan hati-hati.

Penanaman dilakukan pada pagi atau petang hari, dikala sinar matahari tidak terlalu terik, dengan jarak 40 0x 40 cm. Sesudah ditanami, tanah ditutup mulsa pelastik untuk menjaga kelembapan tanah.

Baca Juga :
5. Perawatan lain

Penyiraman dilakukan tiap-tiap-tiap-tiap hari, secara khusus jikalau tak turun hujan. Jikalau tumbuhan sudah berumur satu bulan, dilakukan pemupukan susulan berupa Urea, TSP, dan KCl sebanyak dua kuintal/ha dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Penyemprotan hama dan penyakit dengan pestisida juga dilakukan dikala tumbuhan sudah berusia satu bulan, dengan brand bergantian untuk mencegah resistensi (kekebalan) penyakit. Pestisida yang pada umumnya digunakan oleh para petani yaitu Elsan, Dursban, dan Supracide, dengan takaran yang dianjurkan. Penyiangan dan pembumbunan pun dilakukan jikalau memang dianggap perlu.

6. Panen

Di Cipanas, kedelai hitam mulai berbunga pada usia 1 bulan, pada dikala tinggi tumbuhan sudah mencapai 40 cm. Walaupun menurut data dari Takada Seed, pemasok benih di Jepang, tinggi tumbuhan kedelai hitam seharusnya mencapai 75 -100 cm serta akan berbunga pada usia 2,5 bulan. Penyimpangan ini kemungkinan dikarenakan oleh ekspresi dominan kemarau yang cukup panjang yang tidak mendukung pertumbuhan kedelai hitam sebagaimana mestinya. Akan tetapi penghasilan yang didapatkan dari pertumbuhan kedelai yang kurang baik saja, Cipanas sanggup berproduksi sekitar 2 ton/hari.

jual mulsa plastik
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika anda memerlukan atau ingin memesan Mulsa Plastik untuk budidaya tumbuhan dan buah atau digunakan untuk yang lainnya silakan eksklusif hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami TUTUP).

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu


Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar