Tips Tani - Tips & Trik Sukses Berbudidaya Sawi Hijau Dengan Memakai Mulsa Plastik

Distributor Mulsa Plastik di Sidoarjo - Lim Corporation

Tanaman sawi hijau yang juga dikenal dengan sebutan caisim. Sayuran ini kaya akan vitamin A & C, kalsium, zat besi, fosfor, dan juga bermacam mineral lainnya. Sawi hijau tumbuh cukup baik di Indonesia, terutama di tempat dengan ketinggian 1000mdpl dengan suhu sekitar 19-21 derajat celcius. Sawi hijau dapat tumbuh di demam isu kemarau ataupun demam isu hujan. Sayuran ini tahan dengan air hujan tetapi tak menyukai air yang terlalu menggenang. Intensitas sinar matahari sangat penting bagi proses fotosintesis, tumbuhan ini membutuhkan paparan sinar matahari selama sekitar 12-16 jam setiap harinya. Kondisi tanah juga harus menjadi perhatian petani untuk menanam sawi hijau. Sayuran ini dapat tumbuh optimal di tanah dengan pH 6-6.5 dengan karakteristik tanah yang gembur, subur, dan drainase airnya baik.

Berikut Teknik Budidaya Sawi Hijau

Persemaian

Benih sawi hijau direndam selama sekitar 2 jam sebelum disemaikan. Pilihlah benih yang karam untuk disemai. Anda dapat menggunakan media polybag, botol plastik, ataupun tanah. Media tanam dibentuk setebal 7cm dan dicampur dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Benih ditabur di atas media tanam, dibasahi, kemudian ditutup dengan daun atau karung goni selama sekitar 2-3 hari. Sebaiknya tmpat penyemaian diberi naungan. Sesudah 2-3 ahad bibit sawi hijau siap untuk ditanam di lahan.

BACA JUGA:
Mulsa Plastik Murah
Pengolahan Lahan

Lahan dibersihkan dari gulma dan dicangkul dengan dalam sekitar 20cm-30cm untuk digemburkan. Kemudian dibentuk bedengan dengan lebar 1m dan panjang menyesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan minimal 40cm. Bedengan yang sudah rata kemudian ditaburi pupuk sangkar dan ditutup tanah kembali dan dibiarkan selama 3 hari. Pemberian kapur dolomit dilaksanakan apabila pH tanah terlalu asam dan dikerjakan sebelum proses penyebaran pupuk. Berikutnya ialah tanah ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Ukuran mulsa plastik diadaptasi dengan panjang lahan tanam.

Penanaman Bibit

Mulsa plastik yang sudah dilubangi dengan diameter 8cm dan jarak antar lubang 30cm × 40cm siap ditanami bibit sawi hijau. Tanah di setiap lubang lebih baik dikeruk dengan dalam sekitar 10cm sebagai tempat tumbuhnya bibit nantinya. Bibit ditanam satu persatu secara hati-hati di setiap lubang tanam kemudian disirami. Sesudah beberapa hari petani dapat melakukan penyiangan, ialah mencabut tumbuhan sawi yang nampak layu dan menggantinya dengan bibit yang baru.


Panen

Sekitar 30-35 hari sehabis masa tanam, umumnya sawi hijau sudah dapat dipanen. Lama masa tanam tergantung dari lokasi lahan tanam. Semakin tinggi tempat tempat tanamnya maka masa tanam semakin panjang. Sesudah di panen, pangkal batang sawi hijau dipotong kemudian dibersihkan. Berikutnya sawi hijau dapat segera didistribusikan.

Pemakaian mulsa plastik pada pertanian holtikultura sudah banyak diaplikasikan oleh petani, alasannya keuntungannya yang luar biasa bagi pertumbuhan tanaman. Mulsa plastik hitam perak juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan menggunakan jenis mulsa lainnya.

Salah satu kelebihannya ialah akomodasi pengadaan alasannya termasuk hasil produksi pabrik mulsa plastik jadi tersedia kapanpun.  Mulsa jenis ini pun sangat praktis untuk diperoleh, hampir seluruh toko pertanian jual mulsa plastik.

Jual Mulsa Cap KUDA
* Info lebih lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik tautan berikut http://bit.ly/hargamulsaplastik

Bila Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih infinit Anda dapat menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08:00 - 16:00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau hubungi admin kami via whatsapp dengan klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Komentar