Tips Tani - Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol

Jual Mulsa Plastik Murah - Lim Corporation

Kol merupakan sejenis sayuran daun yang masuk ke dalam kelompok kultivar Brassica oleracea. Terdapat 3 macam warna yang ada pada kubis yakni kubis dengan warna hijau pucat, warna hijau, dan warna ungu kemerahan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” biar selalu sanggup informasi terkini perihal dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Sayuran kol yang segar mengandung vitamin. Seperti vitamin A, B,  C, dan E. Kandungan vitamin C dikol sanggup bermanfaat untuk mencegah terjadinnya sariawan. Kol banyak mengandung mineral ibarat kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kol yang segar mengandung sejumlah senyawa yang sanggup merangsang pembentukan glutation, zat ini merupakan zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam badan manusia.

Baca Juga :


Banyaknya sekali manfaat yang ada dalam kol ini menciptakan permintan dipasaran meningkat, untuk anda yang ingin membudidayakan sayur kol anda sanggup melihat ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan kol.

Syarat tumbuh
Kol sanggup tumbuh pada tanah yang tidak becek, gembur, subur, banyak mengandung materi organik serta memiliki pH sekitar 5,5 hingga 6,5. Walaupun relatif tahan terhadap suhu yang tinggi kol ditanam di tempat pegunungan dengan ketinggian sekitar 400m dpl ke atas di tempat tropik. Umumnya di dataran rendah juga sanggup tumbuh namun kol sangat rentan terhadap ulat pemakan daun.


Persiapan lahan budidaya
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya kol sebaiknya dibersihkan dulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Lali tanah digemburkan dengan cara mencangkuli atau dibajak dengan kedalaman sekitar 20 cm hingga 30 cm. Setelah itu, anda buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 m, tingginya sekitar 20 hingga 30 cm dan panjangnya diadaptasi dengan lahan serta beri jarak antar bedengan sekitar 30 cm. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka anda sanggup lakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit.

Pemupukan dasar
Jenis pupuk yang digunakan untuk pemupukan dasar sanggup berupa pupuk organik ibarat pupuk sangkar atau pupuk kompos dan juga pupuk kimia ibarat TSP, KCL dan ZA. Pupuk ini diberikan dengan cara ditabur secara merata diatas area bedegan. Pemberian pupuk kimia bersamaan dengan donasi pupuk organik. Setelah itu anda biarkan selama 2 hingga 3 minggu.

Pemasangan mulsa plastik
Sebelum anda melaksanakan pemasangan mulsa plastik, pastikan tanah dalam kondisi basah. Mulsa plastik yang digunakan diadaptasi dengan lebar setiap bedengannya. Pemasangan mulsa plastik ini dilakukan untuk pemeliharaan dan meminimalkan pertumbuhan gulma atau hama.

Jarak tanam kol
Setelah mulsa plastik dipasang, selanjutnya buatlah lubang tanamnya. Caranya dengan lubangi mulsa dengan diameter sekitar 8 hingga 10 cm. Dengan jarak tanam sanggup diadaptasi dengan harapan anda dan juga tergantung pada musimnya. Bila animo hujan, maka jarak tanam dibentuk lebih jarang supaya lingkungan disekitar tumbuhan tak terlalu lembab dan supaya hama dan penyakit sanggup terkendali. Sedangkan ketika animo kemarau, jarak tanamnya dibentuk lebih rapat.

Penanaman bibit kol
Setelah bibit dan lahan sudah siap, maka selanjutnya lakukan penanaman. Lubang tanam pada bedengan dibentuk dengan cara ditugal sesuaikan dengan ukuran media semai.

Penyiraman tanaman
Saat masih pada awal masa tanam, penyiraman dikerjakan secara rutin setiap pagi dan sore hari, namun jika hujan maka tak perlu lakukan penyiranam. Setelah tanama berumur sekitar 30 hari, penyiraman sanggup dilakukan dengan cara setiap 2 hingga 3 hari sekali atau diadaptasi dengan kondisi lahan.

Penyulaman tanaman
Sebelum tumbuhan berumur 2 minggu, jika ada tumbuhan yang mati atau tumbuhnya tidak normal maka lakukan penyulaman atau penggantian tumbuhan yang mati atau yang tumbuh tak normal tersebut dengan tumbuhan yang baru.

Pemupukan susulan
Pemupukan susulan dikerjakan dengan menggunakan pupuk urea, kl, dan za dengan perbandingan 1 : 2  Pemupukan susulan pertama dikerjakan ketika tumbuhan berumur sekitar 25 hari dan pemupukan susulan berikutnya dilakukan setiap 10 hingga 15 hari sekali. Pemberian pupuk tersebut dikerjakan dengan cara di kocor.

Hama 
Hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan kubis diantaranya yakni ulat plutella, ulat tanah, kutu daun, ulat jengkal, ulat grayak, penyakit amis menghitam, amis lunak, dan akar membengkak. Pengendalian hama dan penyakit ini sanggup dilakukan secara alami atau menggunakan materi kimia.

Pemanenan kubis
Kubis sanggup dipanen sehabis berumur 60 hingga 90 hari atau lebih usang lagi sehabis tanam tergantung varietas ketika ditanam. Proses pemanenannya juga cukup mudah, sehabis anda final memanennya anda sanggup menggumpulkan menjadi satu kemudian mengemasnya serapi mungkin. Lalu selanjutnya diangkut dan dikirim ke pasar – pasar induk untuk dijual.

 Kol merupakan sejenis sayuran daun yang masuk ke dalam kelompok kultivar Brassica olerace Tips Tani - Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol
Jual Mulsa Plastik Harga Pabrik
Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika anda memerlukan atau ingin memesan Mulsa Plastik untuk budidaya tumbuhan dan buah atau digunakan untuk yang lainnya silakan eksklusif hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami TUTUP).

Customer Service : 
Telp : 0318830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar

  1. sun sun's sunscreen with zinc oxide and titanium dioxide
    sun's sunscreen with zinc titanium jewelry piercing oxide and titanium dioxide. These titanium exhaust wrap are also known as the Sun Microsystems or Sun Microsystems.Sun Microsystems: Sun, sun titanium fitness · ‎Sun 2014 ford focus titanium hatchback Microsystems: Sun, sun · ‎Sun Microsystems: Sun, fallout 76 black titanium

    BalasHapus

Posting Komentar