Jual Mulsa Plastik - Cara Budidaya Timun Dengan Mulsa Plastik, Biar Hasil Melimpah Ruah

Distributor Plastik Mulsa - Lim Corporation

Mentimun Cucumis sativus L merupakan komoditas sayuran yang banyak diusahakan didataran rendah hingga medium. Mentimun termasuk kedalam keluarga Cucurbitae yang disebut pula timun (Jawa), bonteng (Sunda), dan cucumber (Inggris).

Kegunaan mentimun antara lain untuk dikonsumsi segar sebagai lalapan dan untuk acar. Untuk konsumsi segar biasanya konsumen menentukan mentimun yang berwarna hijau dengan panjang buah sekitar 15,5cm–19,5cm, sedangkan untuk acar yang berwarna hijau jelas dengan panjang buah 15cm–18cm.

Persyaratan Tumbuh 
- Tanaman mentimun sanggup tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 mdpl.
- Lama pencahayaan yang harus diterima oleh tumbuhan timun supaya sanggup menyerap unsur hara dengan optimal berlangsung sekitar 8-12 jam per hari.
- Tanaman timun memerlukan kondisi tanah yang mempunyai banyak humus, materi organik, subur, gembur dan cukup air.
- Bila pH tanah pada tumbuhan timun kurang dari 5,5 akan menggangu pertumbuhan timun, dikarenakan absorpsi unsur hara oleh akar terhambat dan jikalau tanah terlalu asam akan mengakibatkan penyakit klorisis.

Baca Juga : 
Budidaya Mentimun 
- Kebutuhan benih mentimun per hektar ialah sebanyak 1kg-2 kg.
- Varietas mentimun yang dianjurkan untuk dibudidayakan antara lain ialah saturnus, pluto, mars dan litsa hijau.
- Sebelum ditanam, benih mentimun harus disemai terlebih dahulu.

Tahapan pelaksanaan penyemaian benih ialah sebagai berikut :
- Untuk mencegah penyakit tular benih, benih mentimun sebelum disemai harus direndam terlebih dahulu dalam air hangat (50°C) atau dalam larutan fungisida strong Propamokarb Hidroklorida (0,5 ml/l) selama 1/2 jam.
- Benih disemai didalam baki persemaian yang berisi media tanam, yaitu gabungan tanah dengan pupuk sangkar (1:1) yang telah disterilkan dengan cara dikukus selama 4 jam.
- Benih yang telah tumbuh dan mempunyai dua helai daun dipindahkan kedalam bumbungan daun pisang atau kantung plastik yang berisi media tanam (campuran tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1).
- Untuk mencegah serangan penyakit rebah kecambah, semaian mentimun disemprot dengan fungisida Propamokarb Hidroklorida (0,5 ml/l) dengan interval 1 minggu.

Pengolahan Lahan
- Tanah dicangkul dengan kedalaman kurang lebih 28cm-30cm.
- Buatlah bedengan pertanaman dengan ukuran 1m, tinggi bedengan 20cm-30cm, dan jarak antar bedengan 30cm-50cm.
- Jika pH tanah <5,5 satu bulan sebelum tumbuhan dilakukan pengapuran dengan megunakan dolomit sebanyak 1- 1,5 ton/ha.
- Diatas bedengan pertanaman dibentuk lubang tanam dengan jarak antar barisan 70cm dan jarak dalam barisan 30cm-40cm.Pemupukan Pupuk sangkar ayam 10 ton/ha atau 20-30 ton/ha pupuk sangkar kambing atau sapi + 600 kg NPK (16:16:16)/ha atau kompos 2,5 ton/ha + 150 kg NPK (16:16:16)/ha diaplikasikan sekaligus seminggu sebelum tumbuhan didalam alur tanaman.

Pemulsahan dan Penanaman
Untuk menekan pertumbuhan gulma pada budidaya mentimun sanggup dipakai mulsa plastik atau mulsa jerami. Jika memakai mulsa plastik, mulsa dipasang sebelum tanam. Sedangkan mulsa jerami dipasang sesudah tumbuhan mentimun berumur 2 minggu.Bibit mentimun yang telah mempunyai 2–3 helai daun sejati atau telah berumur 20–23 hari sesudah semai sanggup ditanam dilahan. Lubang tanam dibentuk memakai tugal. Satu lubang tanam ditanami 1 buah bibit. Untuk menghindari simpulan hidup bibit, penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI 

Pemeliharaan Tanaman
- Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman.
- Pemasangan turus bambu mulai dilakukan 4–5 hari sesudah bibit ditanam dengan cara mengikat setiap dua buah turus.
- Pembuangan tunas air dan bunga yang tumbuh pada ruas ke-1 hingga ruas ke-3 dilakukan hingga umur 1,5–2 bulan.
- Bunga pada ruas ke-4 dan selanjutnya dipelihara sebanyak 1 buah per ruas.
- Penyiangan gulma dilakukan setiap 2–3 minggu.
- Tanaman yang terjangkit virus mosaik mentimun atau yang layu dicabut kemudian dibakar.
- Untuk mengendalikan penyakit embun tepung atau penyakit karat tumbuhan disemprot dengan fungisida Propineb (2 g/l), Mankozeb (2 g/l), atau Klorotalonil (2 g/l) dengan interval 1 minggu.
- Untuk mengendalikan hama ulat grayak, oteng-oteng atau kumbang totol hitam pertanaman disemprot dengan insektisida Spinosad (0,5ml/l),Deltametrin (1 ml/l), atau Spinoteram (0,5 ml/l) dengan interval 1 minggu.
- Penyemprotan insektisida dan fungisida dilakukan pada sore hari dan dihentikan dicampur dengan pupuk daun. Pasc adan PanenPanen Mentimun mulai sanggup dipanen pada umur 75–85 hari sesudah tanam. Ciri-ciri buah mentimun yang siap dipanen ialah masak penuh dengan warna seragam dari pangkal hingga ujung buah. Buah mentimun gampang kehilangan air, sehingga gampang keriput. Oleh alasannya itu, sesudah dipanen buah mentimun harus diletakkan ditempat yang teduh supaya terhindar dari sinar matahari langsung.

jual mulsa
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga yang terjangkau dan bahannya lebih infinit Anda sanggup menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service 
Telp          : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minmal order 10 roll
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu



Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar