Tips Tani - Inilah Trik Gampang Penanaman Dan Perawatan Tanaman Bit Metode Mulsa Plastik


Tanaman bit ini mungkin terdengar masih absurd di indera pendengaran masyarakat Indonesia. Bit sendiri memang bukan tumbuhan orisinil Indonesia jadi masih belum begitu populer. Bit termasuk tumbuhan umbi yang menyerupai dengan bawang dengan bentuk lebih menyerupai dengan ubi tetapi bentuknya bundar sempurna, berbeda dengan ubi yang bentuknya tak beraturan.

Sampai kini bit masih banyak diolah untuk jus alasannya ialah diketahui kandungan betakaroten yang cukup tinggi menciptakan bit ampuh untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Makara di perkotaan jus bit ini mulai banyak diminati. Rasa dari bit sendiri tak semanis ubi rebus. Karena itu kadang dalam pembuatan jus bit masih diberi tambahan susu kental cantik untuk pemanisnya.

Karena jumlah peminatnya yang terus bertambah, maka tumbuhan bit ini mulai dibudidayakan di Indonesia. Para petani mulai menyadari alasannya ialah budidaya bit ini lebih simpel dibandingkan dengan budidaya bawang merah. Faktor hambatan yang dihadapi yaitu masih minimnya pangsa pasar yang ada di Indonesia. Tetapi dengan pesatnya penyebaran isu melalui media dan internet sudah niscaya bit akan segera dikenal luas.

Budidaya tumbuhan bit di Indonesia masih sebatas menggunakan metode hidroponik dalam skala kecil hingga medium. Padahal kalau mau lebih serius, tumbuhan ini juga bisa dibudidayakan dalam skala luas menyerupai di ladang misalnya. Berikut ini cara budidaya bit dengan metode mulsa plastik.

1. Persiapan Lahan Tanam Bit

Tanaman bit memerlukan sinar matahari penuh untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Sebab itu pastikan lahan tanam benar-benar ada di area terbuka yang terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk lahan tanam digemburkan terlebih dulu dengan cangkul atau mesin pembajak. Karena bit berupa umbi maka perlu tanah yang gembur untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Sesudah digemburkan buatlah alur pupuk dasar. Taburkan pupuk organik berupa pupuk sangkar atau kompos kemudian tambahkan NPK PHONSKA secukupnya. Tetapi apabila Anda menanam bit dimusim penghujan maka pupuk anorganiknya hanya SP dan KCL saja. Kemudian tutup pupuk dasar sesudahnya dibentuk bedengan. Sama menyerupai bedengan ubi atau cabe.

2. Pemasangan Plastik Mulsa dan Pembuatan Lubang Tanam

Mulsa plastik digunakan untuk melapisi bedengan. Keuntungan dari pemakaian plastik mulsa yaitu akan mengurangi penguapan air serta mencegah tumbuhnya rumput liar. Dengan itu kadar unsur hara dalam bedengan tetap terjaga untuk tumbuhan bit nantinya. Sesudah dipasang mulsa maka tahap berikutnya buatlah lubang tanam. Jarak lubang tanam bit yaitu sekitar 25cm × 25cm atau 30cm × 30cm tergantung dengan kondisi musim. Dimusim kemarau buatlah lebih bersahabat sedangkan animo penghujan dibentuk lebih jarang.

Baca Juga :

3. Penanaman Bibit Tanaman Bit

Tanaman bit diperbanyak secara generatif melalui bijinya. Biji bit ini tak perlu disemai terlebih dulu sama menyerupai menanam cabai atau terong. Anda bisa eksklusif menanamnya pada lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5cm-10cm. Tetapi sebelum ditanam anda bisa mencoba merendam biji bit pada seliter air yang diberi setetes zpt Auxin kemudian dibiarkan sekitar 4-8 jam. Tujuannya untuk memacu pertumbuhan akar dan tunas lebih cepat.


4. Pengairan Bedengan

Bit akan segera tumbuh setelah ditanam. Pengairan dilaksanakan kalau kondisi tanah dalam bedengan sudah terlihat kering. Untuk pengairan bedengan sendiri umumnya menggunakan sistem lep dengan pinjaman pompa air. Cara ini akan membasahi bedengan lebih usang jadi mungkin anda hanya perlu melakukan proses pengairan setiap 10 hari 1 kali.

5. Pemberian Pupuk Susulan

Pemberian pupuk susulan untuk tumbuhan bit harus diberikan dengan jenis dan dosisnya yang benar. Karena pada teknik menanam bit sistem plastik mulsa ini tumbuhan bit sudah bisa tumbuh subur dan hampir tak memerlukan pupuk susulan. Tetapi tak persoalan kalau anda mengkocorkan pupuk susulan asalkan dosisnya tak terlalu banyak serta tak memupuk dengan unsur Nitrogen terutama di animo penghujan.

Sebaiknya untuk pemberian pupuk susulan yaitu dengan menggunakan pupuk SP dan KCL yang kandungannya berupa Phospat atau Fosfor dan Kalium. Fosfor sangat diharapkan tumbuhan untuk membentuk akar sedangkan kalium diharapkan untuk pengisian umbi dan buah. Supaya ukuran umbi Bit semakin besar optimal, Sebaiknya penyemprotan hormon inhibitor paklobutrazol pada tumbuhan bit dikala sudah terbentuk umbi di dalam bedengan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" biar selalu sanggup info terkini perihal dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Hormon Paklobutrazol akan menghentikan pertumbuhan tunas dan mengarahkan nutrisi kearah buah dan umbi jadi ukuran buah atau umbi menjadi sangat besar. Apabila Anda ingin menambahkan nutrisi maka bisa juga dengan menyemprotkan pupuk mikro.

6. Mengatasi Hama Tanaman Bit

Tanaman bit ini tergolong sedikit hamanya. Salah satu hama yang paling sering yaitu dari jenis nematoda menyerupai uret dan larva kumbang yang lainnya. Untuk hama nematoda maka dikala pemberian pupuk dasar sembari dilaksanakan penaburan insektisida tabur menyerupai Diazenon, Marshal, dan Furadan. Itupun sudah cukup dan anda hampir tak perlu melakukan penyemprotan insektisida.

Tetapi apabila ternyata terjadi serangan hama dari jenis serangga, maka untuk mengatasinya anda hanya cukup dengan menggunakan insektisida imadikoplorid yang harganya cukup terjangkau.

7. Panen Bit

Tanaman bit sudah siap dipanen sekitar umur 8 minggu. Untuk pemanenan bit yang ditanam dengan sistem mulsa maka anda harus membuka plastik mulsanya terlebih dulu. Walaupun bahwasanya bit bisa dicabut langsung, tetapi pada penanaman bit sistem plastik mulsa ini ukuran umbi bit sangat besar jadi apabila dipaksa akan menyobek plastik mulsanya.


* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih abadi Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Komentar