Tips Tani - Ternyata Pemakaian Mulsa Plastik Menjadi Teknik Jitu Budidaya Kubis, Kualitas Dijamin Unggul


Kubis yakni tumbuhan yang sangat lunak dan yang sangat simpel di tanam dimana saja. Tanaman Ini dulunya sangat terkenal di yunani kuno untuk pengusir hama serta gula tanaman. Tetapi kini sudah perkembangan zaman mereka memakannya dan keuntungannya sangat besar.

Tanaman Ini sangatlah simpel diperoleh di pasaran. sebab sangat banyak jumlah permintaannya. Makara para petani ingin menanamannya, sebab banyaknya tingkat pembelian serta usul setiap harinya. Tak hanya itu, Tanaman sayuran ini termasuk memiliki manfaat yang besar bagi badan dan kesehatan.

Berikut Ini Cara Budidaya dan Menanam Kubis :

SYARAT TUMBUH 

Tanaman kubis akan tumbuh baik pada lahan pertanian yang cukup gembur, bisa menahan air dengan simpel dan tanahnya banyak kandungan humus. Tanaman kubis menyukai iklim dengan suhu yang relatif rendah, kelembaban tinggi serta tumbuh baik pada ketinggian 1000-2000mdpl.

PENGOLAHAN TANAH

Proses pencangkulan tanah dilaksanakan 2 kali, pencangkulan pertama sedalam 30cm-40cm, kemudian dibiarkan dulu untuk memperoleh sinar matahari selama 7-10 hari. Baru setelah itu dicangkul untuk yang kedua kalinya dan juga derma pupuk sangkar sebanyak 10-15 ton/ha dan buatlah bedengan dengan lebar 100cm.

Baca Juga :



PEMASANGAN MULSA PLASTIK

Plastik mulsa yakni sebuah lembaran plastik yang akan menutup penggalan lahan pada tumbuhan budidaya yang tujuannya untuk menjaga dan melindungi semua permukaan tanah dari terjadinya abrasi, kemudian menjaga kadar kelembaban serta juga struktur pada tanah, dan juga menghalangi perkembangan hama gulma. Plastik mulsa ini termasuk juga ke dalam jenis plastik anorganik, sebab plastik ini terbuat dari sebagian materi polietilena yang memiliki intensitas rendah yang bisa dihasilkan melalui tahap polimerisasi etilen dibawah imbas tekanan yang tinggi. Terdapat 2 warna pada mulsa plastik yang berwarna perak ditempatkan diatas, sedangkan uuntuk warna hitam ditempatkan dibawah, fungsi dari mulsa antara lain :

  • Mampu untuk menghimpit tumbuhnya gulma.
  • Menahan dan melindungi kelembapan.
  • mencegah atau mengurangi penguapan air.
  • Menghemat biaya tenaga kerja dalam penyiangan.
  • Bisa memblokir pantulan untuk mengusir hama.
  • Fotosintesis melalui pantulan sinar matahari.


PEMBUATAN LUBANG TANAM 

Membuat lubang tanam untuk menanam kubis yang sudah ditutupi dengan mulsa dengan jarak tanam 50cm x 50cm. setelah itu dilakukan penunggalan 2cm–3cm.

PENANAMAN 

Tanaman kubis diperbanyak dengan biji. Untuk itu biji harus disemai terlebih dulu dengan ditabur pada media penyemaian dengan jarak 5cm atau bisa juga menggunakan kantong plastik kecil dengan diameter 6cm.  Bibit kubis yang sudah berusia 1 bulan dan memiliki daun sekitar 4-5 helai dipindahkan ke bedengan dengan jarak tumbuhan 40cm x 40cm.

PEMELIHARAAN 

1. Pemupukan 
Ketika berusia 2-4 ahad setelah tanam, tumbuhan diberikan pupuk buatan ZA 400kg/ha, DS 200kg/ha.

2. Penyiangan
Tahapan penyiangan dilaksanakan dengan mencabut rumput atau dengan menggunakan cairan herbisida.

3. Hama 
Untuk hama ulat kubis dikendalikan dengan Diazinon atau Bayrusil 1-2cc/liter air dengan frekuensi penyemprotan 1 minggu. sedangkan ulat kubis dikendalikan dengan Bayrusil 13cc/liter air.

4. Penyakit 
Penyakit anyir akar yang diakibatkan Rhizoktonia sp bisa dikendalikan dengan bubur Bordeaux atau fungisida yang disarankan. Busuk hitam dan anyir lunak basil serta penyakit pekung Phomalincran, penyakit kaki gajah belum bisa diatasi. Apabila ada tumbuhan yang terjangkit segera dicabut kemudian dibakar.

PANEN DAN PENGOLAHAN HASIL 

Panen bunga kubis dikerjakan setelah umurnya mencapai sekitar 60-90 hari semenjak ditanam, sebelum bunganya mekar, dan dikala kropnya masih berwarna hijau. Apabila bunganya mekar, tangkai bunga akan memanjang dan keluarlah kuntum-kuntum bunga berwarna kuning.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih abadi Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Komentar