Tips Tani - Manfaat Dan Khasiat 3 Jenis Varietas Melon Yang Terkenal Di Indonesia


Karena kesegarannya mengakibatkan buah melon ini sangat cocok untuk hidangan epilog ataupun sajian segar dikala cuaca sedang panas dan terik. Melon juga umumnya dijadikan makanan hiasan atau suplemen pada sebuah sajian berbahan dasar buah. Memperoleh buah melon juga terbilang cukup simpel alasannya yaitu banyak penjual buah di pasaran yang menjual buah ini. Umumnya ada 3 jenis melon yang populer di pasaran yakni melon hijau atau sky rocket, melon kuning atau rock melon, serta golden melon.

Melon Hijau

 
Melon hijau atau sky rocket ini yaitu melon yang umum sekali ditemukan di pasaran alasannya yaitu melon jenis ini berbagai dibudidayakan. Melon jenis ini berbentuk bundar dengan kulit buah yang tebal dan memiliki warna hijau di potongan permukaannya. Kulit buah melon jenis ini bercorak menyerupai sisik jaring berwarna kelabu. Melon jenis sky rocket ini memiliki daging buah yang berwarna hijau dengan tektur lebih lembek serta berair. Karena tekstur daging buah yang menyerupai ini, melon hijau cocok disajikan dengan cara dibentuk jus ataupun dimakan secara langsung.

Melon Kuning

 
Melon kuning atau rock melon ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan melon hijau. tetapi apabila dilihat lebih teliti, tektur jaring pada kulit melon kuning lebih jarang serta lebih tegas dan juga kasar. Daging buahnya pun berwarna oranye jelas dengan rasa yang manis. Tak menyerupai melon hijau, kandungan air pada melon kuning ini lebih sedikit jadi tektur daging buahnya lebih kering. Melon kuning ini cocok untuk dijadikan buah suplemen makanan epilog menyerupai dicampur dalam es buah ataupun dalam minuman segar.

Golden Melon

 
Sama menyerupai namanya, kulit buah melon jenis ini berwarna kuning keemasan dengan permukaan kulitnya halus dan tak berjaring. Daging buahnya memiliki warna putih dengan tektur pada daging buahnya yang cukup renyah serta manis. Karena tekstur daging buahnya lebih renyah, melon ini umumnya digunakan untuk menciptakan salad buah.

Baca Juga :

Walaupun melon ada beberapa jenis, tetapi semua melon sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang banyak menyerupai vit C yang cukup tinggi dan antioksidan yang besar lengan berkuasa untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada dalam melon serta keuntungannya bagi kesehatan :
  • Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Karena buah melon kaya akan vit C jadi dapat meningkatkan sistem kekebalan badan untuk melawan penyakit menyerupai nanah yang menyerang. Mengonsumsi 1 mangkok melon setiap hari diketahui dapat memenuhi kebutuhan harian vit C dalam tubuh.
  • Mencegah dari naiknya tekanan darah
  • Dengan adanya kandungan kalium yang cukup tinggi, melon dapat menjaga kesehatan jantung dengan membantu detak jantung lebih teratur serta melancarkan pemikiran darah. Inilah alasan kenapa melon baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi semoga tekanan darah tetap dalam keadaan normal.
  • Bisa melancarkan sistem pencernaan
  • Melon memiliki kandungan serat yang baik untuk mengatur pencernaan sekaligus menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Dengan sistem pencernaan yang baik, buang air pun akan lebih simpel dan teratur. Kalori buah melon yang rendah juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan agenda diet.
  • Buah melon sangat baik untuk perempuan hamil
  • Karena kandungan asam folat pada buah melon yang tinggi dapat mencegah timbulnya kerusakan pembentukan syaraf yang sering terjadi pada ibu hamil. Sebaiknya segera mengonsumsi melon sebanyak 100gr per harinya.

Buah melon dapat menjadi makanan suplemen nutrisi sehari-hari dengan mengonsumsinya secara rutin sebagai kudapan buah ataupun sebagai makanan pelengkap.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk membudidayakan melon untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak  atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Komentar