Jual Mulsa Plastik - Jangan Ragu, Segera Pakai Mulsa Plastik Ketika Menanam Pepaya

Produsen Mulsa Plastik di Jawa Timur - Lim Corporation

Budidaya tumbuhan pepaya yang saya jelaskan ini ialah dengan menggunakan bedengan bekas ditanami tumbuhan yang memiliki nilai hemat tinggi, menyerupai bekas budidaya cabai, budidaya melon, budidaya tomat, budidaya terong dan lain sebagainya, di mana didalam sistem budidayanya menggunakan sistem mulsa plastik hitam perak.

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya ini sanggup tumbuh maksimal di daerah yang area tingginya sekitar 200-500mdpl. Tanaman pepaya membutuhkan sinar matahari penuh tanpa naungan, dengan suhu sekitar 22°C-26°C, ph tanah sekitar 6-7.Tanaman pepaya termasuk tumbuhan yang peka pada kekurangan serta kelebihan air. Apabila terjadi kekurangan air, pertumbuhannya terhalang serta hasil buah tak optimal. Tetapi bila airnya berlebihan dan hingga ada genangan air akan menciptakan akar tumbuhan tak sanggup bernafas dengan baik, dan mudah diserang penyakit pemicu layu.

Persiapan Tempat Budidaya Pepaya

Untuk persiapan daerah budidaya pepaya ialah menyerupai pembuatan lubang tanam atau pembolongan mulsa sempurna di dalam bedengan dengan jarak tanam ialah 2,75m zigzag. sistem tanam zigzag tujuannya untuk melindungi kelembapan setiap bedengan, terlebih lagi saat waktu ekspresi dominan hujan. Berikan lubang pada mulsa dengan panjang 40cm, lebar 40cm. Bisa juga berbentuk lingkaran dengan diameter 50cm, pembuatan lubang tanam dikerjakan dengan panjang 25cm, lebar 25cm, serta kedalaman 25cm. Pemberian pupuk sangkar fermentasi dikerjakan 2 ahad sebelum tanam sejumlah 0,5kg/lubang tanam, pupuk npk 15-15-15 sejumlah 200g/lubang tanam.

Persiapan Pembibitan Serta Penanaman Budidaya Pepaya

Tahap persiapan pembibitan budidaya pepaya membutuhkan rumah atau sungkup pembibitan untuk pertolongan bibit muda. Kemudian sediakan media semai dengan komposisi 20 liter tanah, 10 liter pupuk kandang, serta 150g npk halus. Campuran media tanam dimasukkan ke didalam polibag semai berukuran 8cm x 10cm. benih disemaikan ke media sejumlah 1 butir/media. untuk mempercepat perkecambahan benih permukaan media semai ditutup dengan menggunakan mulsa plastik hitam perak, perhatikan supaya situasi tetap lembab. Plastik epilog pada permukaan media semai sanggup dibuka bila benih sudah mulai berkecambah, setelah benih disungkup dengan menggunakan plastik transparan.

pembukaan sungkup diawali pada pagi hari, dan di buka kembali pada sore hari. Usia 14 hari menunggu tanam sungkup harus di buka dengan penuh untuk penguatan tanaman. Penyiraman jangan hingga terlalu lembap dan dikerjakan setiap pagi. Penyemprotan kimiawi menggunakan fungisida memiliki materi aktif simoksanil serta insektisida memiliki materi aktif imidakloprid dikerjakan usia 30 hari setelah semai. Dengan konsentrasi ½, konsentrasi paling rendah. Apabila bibit sudah memiliki 4 helai daun sejati, maka bibit siap dipindah tanamkan.

Baca Juga :
Penyulaman Budidaya Pepaya

Proses penyulaman budidaya pepaya dikerjakan hingga usia tumbuhan 1,5 bulan. Tanaman yang sudah renta apabila tetap terus disulam sanggup mensugesti pada pengendalian hama penyakit.

Perempelan Budidaya Pepaya

Tahap perempelan tunas samping dikerjakan pada tunas yang keluar pada ketiak daun. Tujuannya untuk meningkatkan perkembangan vegetatif tanaman, supaya tumbuhan pepaya tumbuh kekar, tak hanya itu juga untuk melindungi kelembaban waktu tumbuhan pepaya sudah dewasa. Dikerjakan hingga timbulnya bunga pertama.

Sanitasi Tempat Serta Pengairan Budidaya Pepaya

Sanitasi daerah budidaya pepaya ialah menyerupai pengendalian gulma, pengendalian air saat ekspresi dominan hujan jangan hingga terlihat genangan. Pengairan diberikan dengan terukur, dengan penggenangan atau pengeleban 2 ahad 1 kali apabila tak turun hujan. Penggenangan janganlah terlalu tinggi, batas penggenangan hanya sepertiga tinggi bedengan.

Pemupukan Susulan Budidaya Pepaya

Pupuk untuk akar diberikan 1 bulan 1 kali dengan cara dikocor, ialah pada usia 1-4 bulan. Dengan takaran 4kg npk 15-15-15 yang dilarutkan didalam 200 liter air, setiap tumbuhan pepaya diberikan 1 liter. Tetapi usia diatas 4 bulan dosisnya menjadi 5kg npk 15-15-15, 1kg zk yang dilarutkan didalam 200 liter air, setiap tumbuhan pepaya diberikan 1 liter. Pupuk daun dengan kandungan nitrogen tinggi diberikan usia 1 bulan, 2 bulan, serta 3 bulan, Tetapi kandungan phospat serta kalium tinggi diberikan saat usia diatas 6 bulan.

Hama Tanaman Pepaya

Kutu Daun
Kutu daun ini ialah hama yang biasanya mengisap cairan pada daun tumbuhan pepaya terutama pada daun muda, kotoran kutu daun ini sanggup mengundang semut sebab memiliki rasa manis. Daun pepaya diserang akan menguning, menggulung dan mengeriting, serta tumbuhan pepaya sanggup kerdil. Penanganan secara kimiawi menggunakan insektisida. Dosis sesuai dengan proposal yang ada di kemasan

Kutu Putih
Hama kutu ini memiliki bentuk yang lingkaran serta berwarna kehijauan, semua belahan tubuhnya diselumuti dengan susunan lilin berwarna putih. Hama ini menyerang tumbuhan pepaya dengan cara menghisap cairan pada daun dan juga menyelubungi buah pepaya. Serangan hama ini pada bunga akan menjadikan kerontokan. Karena manisnya kotoran hama ini sanggup mengundang semut. Penanganan kimiawi dengan menggunakan cairan insektisida.

Kutu Kebul
Hama kutu ini memiliki warna putih, bersayap, tubuhnya diselimuti serbuk putih layaknya lilin. Kutu kebul menghisap cairan sel belahan daun hingga beberapa sel serta jaringan daun pepaya rusak. pengendalian kimiawi menggunakan insektisida memiliki materi aktif abamektin, tiametoksam, imidakloprid, asetamiprid, klorfenapir, sipermetrin, atau lamdasihalotrin.

Tungau
Tungau sering sembunyi di balik daun pepaya serta menghisap cairan daun. Daun pepaya diserang awalannya terlihat bintik-bintik berwarna putih, serangan berat seluruh permukaan daun sanggup terlihat menyerupai berselaput putih, dan pada permukaan bawah daun ada benang-benang halus berwarna merah ataupun kuning. Mengatasi dengan cara kimiawi ialah menggunakan insektisida akarisida.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" supaya selalu sanggup info terkini perihal dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Penyakit Tanaman Pepaya

Layu Bakteri
Pada daun pepaya yang diserang kuman ini akan layu kemudian gugur, belahan pucuk tumbuhan pepaya membusuk serta terus menjalar ke bawah. Cara mengatasinya dengan membongkar tumbuhan pepaya yang sakit hingga ke akar-akarnya, dan penyemprotan kimiawi menggunakan cairan bakterisida. Sebagai pencegahannya, laksanakan pengocoran menggunakan pestisida organik pada tanah setiap 1 bulan 1 kali.

Busuk Phytopthora
Penyakit ini menyerang semua belahan sisi tumbuhan pepaya. pangkal batang diserang membusuk dan layu, serangan yang serius menjadikan tumbuhan pepaya layu. Daun pepaya diserang menyerupai tersiram air panas, layu, menguning serta menggantung kurang lebih di belahan batang sebelum rontok. Akar lateral membusuk, membentuk massa spora berwarna coklat tua, lunak dan berbau tak seap. Diawali di tangkai buah pepaya, kemudian buah diselimuti miselium cendawan berwarna putih, dan juga buah pepaya mengeriput berwarna hitam. Penanganannya dengan sanitasi kebun, membongkar tumbuhan pepaya yang terjangkit samapi ke akar-akarnya, dan memusnahkan buah pepaya diserang. Penanganan kimiawi menggunakan fungisida sistemik.

Antraknosa
Serangan antraknosa pada buah pepaya muda berupa luka kecil dengan ditandai ada getah yang keluar dan mengental, pada buah pepaya yang akan matang ditandai adanya bulatan-bulatan kecil berwarna gelap, waktu buah pepaya mulai matang bulatan makin membesar berlekuk berwarna cokelat tua, di sini cendawan sanggup membentuk massa spora. Cara mengatasinya ialah dengan sanitasi kebun, dan memusnahkan buah pepaya diserang.Untuk penanganan kimiawi menggunakan fungisida sistemik.

Virus
Apabila buah diserang virus umumnya ditandai dengan perkembangan tumbuhan pepaya mengerdil, daun mengeriting, terdapat bercak kuning kebasah-basahan dengan segi daun bergaris-garis tak teratur. Penyakit virus hingga kini belum ditemukan penangkalnya. penyakit virus ditularkan dari 1 tumbuhan ke tumbuhan lain melewati penulran atau serin disebut vektor. Sebagian hama yang amat punya potensi jadi penular virus salah satunya ialah thrips, kutu daun, kutu kebul, serta tungau. Manusia sanggup juga bertindak sebagai penular virus, baik melewati alat-alat pertanian ataupun tangan terlebih pada waktu pemangkasan. Beberapa perjuangan penanganan virus diantaranya ialah dengan membersihkan gulma, mengendalikan hama penular virus, memusnahkan tumbuhan pepaya yang sudah diserang virus, kebersihan alat serta berikan pemahaman pada tenaga kerja supaya tak asal-asalan waktu melakukan penanganan pada tumbuhan pepaya.

Cara Penanganan Hama dan Penyakit pada Tanaman Pepaya

Laksanakan proses penyemprotan pestisida secara berseling atau penggantian materi aktif, jangan samapi menggunakan materi aktif yang sama secara berturut-turut. Pepaya termasuk tumbuhan yang tahan pada serangan hama penyakit,  penyemprotan sanggup dikerjakan hingga 1 ahad 1 kali atau sesuai keperluan. Dan sanggup menghemat pemakaian pestisida.

Panen

Buah pepaya yang sudah siap dipanen saat tumbuhan berusia 7 bulan. Buah dipanen ialah buah 20% matang. untuk melindungi situasi tumbuhan pepaya supaya terus sehat, Ketika proses pemanenan pakailah pisau atau sejenisnya supaya bekas potongan tak mudah diserang penyakit terutama saat ekspresi dominan hujan.


* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih kekal Anda sanggup menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu
Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar