Tips Tani - Penemuan Gres Tambulapot Tanaman Tomat Pada Lahan Gambut


Tomat atau nama ilmiahnya Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum merupakan flora dari keluarga Solanaceae yang merupakan flora asalnya orisinil dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ialah negara Meksiko samapi Peru.

Tanaman tomat ialah tumbuhan yang dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 1m-3m. Tomat memiliki buah beraneka warna menyerupai hijau, kuning, jingga, ungu kehitaman, merah serta ada juga yang berwarna belang. Tanaman tomat memiliki batang serta daun yang tak dapat dikonsumsi sebab tumbuhan ini masih 1 keluarga dengan tumbuhan kentang dan tumbuhan Terung yang mengandung Alkaloid.

Adapun jenis tomat diantaranya Globe tomato, Beef tomato, Oxheart tomato, Plum tomato, Pear tomato, Cherry tomato, Grape tomato, Campari tomato, Tomat Betterboy, Tomat Kumato, Tomat Early Girl, Tomat Gardener’s Delight, Tomat Mortgage Lifter, Tomat San Marzano, Tomat Super Sweet 100, Tomat Big Beef, Tomat Green Zebra, Tomat Tigerella, Tomat Mr.Stripey, Tomat Brandywine, Tomat Japanese Black Trifele, Tomat Roma, Tomat Crerokee Purple, Tomat Black Krim, Tomat Celebrity, Tomat Hillbilly, Tomat Santorini, Tomat Big Rainbow, Tomat Monkeymaker, dan juga Tomat Golden Jubilee.

Kandungan nutrisi yang ada dalam tumbuhan tomat ialah menyerupai vit A, vit C, vit K, folat serta kalium. Tomat juga mengandung zat sodium, lemak jenuh, kolesterol serta kalori yang cukup rendah. Tomat juga memiliki kandungan zat mineral yang sangat baik misalnya menyerupai thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor serta tembaga. Tomat juga mengandung 4 jenis karotenoid utama ialah alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid. Dengan kandungan itu, tomat memiliki bermacam-macam manfaat diataranya melawan sel kanker, memperbaiki jaringan sel kulit, meningkatkan mood, mencegah terjadinya penyakit jantung, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan mata serta lain sebagainya.

Ada Beberapa Cara Budidaya Tomat Di Lahan Gambut, Antara Lain :

Persiapan Lahan Tanam Tomat

Lahan gambut yang dapat digunakan untuk menanam tomat ialah memiliki ketebalan gambut kurang dari 3m dan lapisan mineral dibawah gambut sangat memilih sekali terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat.

Lahan gambut tersebut kemudian diolah dengan cara menggemburkan terlebih dulu kemudian diberi pupuk sangkar supaya tingkat keasaman lahan gambut berkurang.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 20cm x 20cm x 20cm, sehabis itu biarkan lubang tanam selama 14 hari supaya racun yang ada dalam tanah hilang.

Baca Juga :



Persiapan Bibit Tomat

Apabila tanpa bumbung, penyemaian benih tomat dapat dikerjakan di bedengan atau kolam semai dengan cara ditabur secara merata atau dengan larikan. Penyemaian dapat juga dikerjakan dalam pot tanam.

Media semai yang digunakan ialah adonan tanah, pasir dan pupuk kandang. Media semai dan media bumbungan tersebut harus disterilkan supaya tak gampang terjangkit hama dan penyakit. Apabila bibit sudah berumur 1 bulan maka bibit tomat dapat dipindah tanamkan ke lahan gambut yang sudah disiapkan.

Pemindahan Tanam Bibit Tomat ke Lahan Gambut

Bibit yang sudah berumur 1 bulan atau sudah memiliki tinggi sekitar 10cm-15cm dengan 2-3 pasang daun sempurna, selanjutnya ditanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Tomat Pada Lahan Gambut

Supaya nutrisi yang diharapkan tumbuhan tomat untuk tumbuh terpenuhi, maka kerjakan pemupukan dengan takaran pupuk yang diberikan setiap hektar lahan ialah 10-20 ton pupuk kandang, 100kg pupuk N5, 80kg-100kg pupuk P2O5 dan 60kg-120kg pupuk K2O.

Pemberian pupuk nitrogen dan kalsium dikerjakan 2 kali ialah saat proses tanam dan saat tumbuhan berbunga.

Laksanakan pemangkasan pada tunas tumbuhan tomat supaya diperoleh pertumbuhan tumbuhan tomat bagus. Kerjakan pula pinjaman ajir dari bambu atau kayu supaya tumbuhan tomat tak gampang roboh.

Laksanakan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan tomat. Apabila tumbuhan terjangkit hama atau penyakit segera laksanakan penanganan dengan cara menunjukkan pestisida sesuai dengan takaran yang sudah dianjurkan.

Pemanenan Tomat

Tomat dapat dipanen sehabis berumur sekitar 60-100 hari sehabis tanam. Pemanenan tersebut dikerjakan pada pagi hari atau sore hari. Pemanenan selanjutnya dapat dikerjakan 2-3 hari 1 kali. Dalam 1ha lahan tanam dapat menghasilkan sekitar 15-30 ton tomat.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih infinit Anda dapat menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Komentar