Tips Tani - Penasaran Cara Budidaya Bengkuang Yang Baik & Benar, Ikuti Trik Ini!!!


Bengkoang atau bengkuang dengan nama latinya yaitu Pachyrhizus erosus L yaitu tumbuhan yang menjalar. Tanaman ini sanggup memiliki panjang hingga 5-6m. Bengkuang diambil umbinya dan dipakai sebagai materi makanan, dibentuk tepung, materi baku obat serta pangan olahan lainnya.

Terdapat 2 varietas bengkoang yang dibudidayakan di negara Indonesia, yaitu verietas genjah dan varietas badur. Varietas genjah memiliki umur panen yang lebih cepat yaitu sekitar 4-5 bulan sedangkan varietas badur umur panennya yaitu sekitar 7-11 bulan lebih lama. Dibawah ini yaitu cara budidaya bengkoang varietas genjah .

Budidaya bengkoang cocok dilaksanakan didataran rendah hingga ketinggian 1500m dari permukaan laut. Namun ketinggian idealnya yaitu sekitar 200-800m dari permukaan maritim dengan curah hujan sekitar 700-1000mm setiap tahun. Suhu ideal untuk tumbuh berkisar antara 250C hingga 280C. Bengkoang sanggup tumbuh baik di tanah lempung berpasir dengan kandungan hara yang tinggi dan pH sekitar 4,5-8.

Penyiapan Benih Bengkoang

Benih bengkoang sanggup diperoleh dengan 2 cara, yang pertama menyeleksi dari tumbuhan yang ada. Caranya pilihlah beberapa tumbuhan yang terlihat sehat, kemudian biarkan tumbuhan tersebut tumbuh berbunga hingga mengeluarkan polong. Untuk tumbuhan yang lainnya tetap dipangkasi bunganya menyerupai biasa, apabila tumbuhan bengkoang ini bunganya tak dipangkas maka tak akan menghasilkan umbi.

Polong yang tumbuh hingga tua, sesudahnya polong siap dipanen sebagai benih. Apabila benih akan disimpan, sebaiknya jangan dibuka kulit polongnya. Apabila kulitnya dibuka maka biji polong tersebut harus disimpan pada daerah yang kering serta tertutup rapat. Dengan penyimpanan yang baik benih biasanya bertahan hingga 1 tahun.

Cara yang kedua yaitu dengan menyeleksi benih dari hasil panen. Pilihlah beberapa umbi yang kualitasnya baik dan bagus, sanggup dilihat dari ukuran dan bentuknya. Kemudian simpan umbi tersebut ditempat yang memiliki kelembaban cukup. Biarkan tumbuh tunas pada umbi tersebut. Sesudah tunas tumbuh, seleksi tunas tersebut. Tunas yang sangat anggun yaitu tunas paling bersahabat dengan pecahan sentra umbi. Kemudian tanamlah bengkuang tersebut serta biarkan bunganya tumbuh hingga menghasilkan polong. Jika sudah polong sanggup dipanen sebagai benih. Cara kedua ini biasanya menghasilkan benih yang lebih baik dibandingkan dengan cara pertama.

Pengolahan Tanah dan Penanaman

Langkah awal yaitu tanah dibajak atau dicangkul yang bertujuan untuk menggemburkan tanah. Kemudian buatlah bedengan supaya drainase tanah berjalan secara baik. Buat lebar bedengan sekitar 1m dengan tinggi sekitar 20-25cm, panjang bedengan disamakan dengan kontur lahan. Atur jarak antar bedengan sekitar 40-50cm.

Tebarkan atau campurkan pupuk sangkar atau kompos. Dosis pupuk dasar berkisar 20 ton setiap hektar. Kemudian aduk hingga merata. kemudian buat lubang tanam dengan cara ditugal dengan dalam sekitar 5-7cm. Untuk setiap 1 bedengan buatlah 2 baris lubang dengan jarak dalam baris sekitar 25cm dan jarak antar baris sekitar 30cm. Letakkan benih bengkoang di setiap lubang sebanyak 1 biji kemudian timbun kembali dengan tanah. kemudian siram secukupnya untuk mempertahankan kelembaban tanah.  Kebutuhan benih bengkoang berkisar 25-30kg setiap hektar.

Sebelum benih ditanam sebaiknya rendam dahulu benih sekitar 6-12 jam, kemudian tiriskan dan biarkan selama 1 hari. Setelah itu calon tunas akan terlihat tumbuh pada biji bengkoang. Selanjutnya biji gres sanggup ditanam.

Perawatan Budidaya Bengkoang

Bengkoang tergolong tumbuhan yang tahan dengan kekeringan. Tetapi kalau terjadi kekeringan ekstrim, kerjakan penyiraman secukupnya. Perlu diingat penyiraman jangan dikerjakan setengah basah, hal ini akan menciptakan tumbuhan mati serta layu.

Baca Juga :
Yuk!! Intip Trik Budidaya Ikan Bawal Bintang, Potensi Keuntungan Tinggi
Teknik Jitu Menanam Serta Merawat Bunga Aster, Ternyata Menguntungkan
Ini Dia Bunga Pagoda, Tanaman Cantik Serta Punya Khasiat UntuK Dikonsumsi

Ketika umur tumbuhan sekitar 2 ahad biasanya batangnya sudah tumbuh serta mulai menjalar, pada umur ini Anda sanggup mengerjakan penyiangan tetapi tergantung kondisi lahan. Ketika itu juga sanggup mengerjakan penyulaman apabila ada tumbuhan bengkoang yang tak tumbuh. Tetapi penyulaman sebaiknya menggunakan tumbuhan kacang tanah, tak menggunakan begkuang lagi. Karena pada umur menyerupai ini, bengkoang gres tak sanggup mengejar pertumbuhan yang lainnya. Penyulaman dengan kacang tanah bertujuan untuk memperkaya nitrogen tanah.

Pada umur 3 ahad kerjakan pemupukan pemanis dengan kompos kering ataupun sekam ayam. 1 bedengan bengkoang bisanya memerlukan sekitar 20kg, atau berkisar 20 ton setiap hektar. Pada ketika sumbangan pupuk pemanis sebaiknya disamakan dengan kondisi tanaman, bila terlihat kurang gizi gres berikan pupuk pemanis secara penuh. Tetapi apabila tumbuhan tumbuh subur maka kurangi sumbangan pupuk untuk menghemat biaya pengeluaran.

Pada umur 1 bulan mulai laksanakan proses pengguntingan pucuk daun pada semua tumbuhan yang ada. Biasanya setelah penguntingan yang pertama akan muncul banyak tunas baru. Pengguntingan kedua dilaksanakan ketika bengkoang berumur 2 bulan. Laksanakan lagi pengguntingan pucuk dan bunga.

Tahap Pemangkasan dikerjakan apabila bunga telah mekar minimal sekitar 80%, apabila pemangkasan dikerjakan pada ketika bunga belum mekar akan menyebabkan umbi bengkoang yang terbentuk tak akan sanggup lingkaran besar, tetapi akan menyerupai wortel yaitu kecil serta memanjang. Pada waktu pengguntinga kedua ini, pilihlah 10-20 tumbuhan dalam 1 bedeng yang akan dijadikan bibit. Untuk tumbuhan yang akan dijadikan bibit ini, jangan mengerjakan pengguntingan bunganya, tapi biarkan supaya bunganya menghasilkan biji. Selanjutnya laksanakan mekanisme pembenihan menyerupai yang diterangkan di atas.

Pada umur sekitar 3,5 bulan laksanakan pengguntingan yang ketiga. Gunting semua bunga dan daun muda termasuk bunga yang ada di pecahan ketiak daun, jangan hingga terlewat. Sesudah pemotongan ketiga perkembangan umbi terjadi sangat cepat.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Budidaya bengkoang biasanya tak memiliki banyak hama dan penyakit. Tetapi tetap harus meragukan timbulnya bercak daun, tungau daun merah dan kumbang. Untuk menangani serangan hama dan penyakit lakukanlah rotasi tumbuhan dengan palawija yang lain, pengolahan tanah yang paripurna, sanitasi kebun dan pemilihan benih ataupun bibit yang berkualitas baik.

Pemanenan Budidaya Bengkoang

Tanaman bengkoang mulai sanggup dipanen pada umur sekitar 4 bulan. Pemanenan dilaksanakan dengan cara dicabut atau digali. Budidaya bengkoang yang baik akan sanggup menghasilkan sekitar 7-8 ton setiap hektar.

Jika Anda membutuhkan atau ingin menggunakan Mulsa Plastik untuk budidaya dan melindungi tumbuhan dari penyakit atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar