Tips Tani - Ingin Untung Berlebih, Ini Beliau Cara Jitunya Budidaya Nanas Madu


Nanas, ananas, atau nenas atau nama ilmiahnya Ananas comosus yaitu termasuk jenis flora buah tropis yang asalnya dari negara Paraguay, Brazil, serta Bolivia. Nanas termasuk ke dalam famili Bromeliaceae.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Nanas

Kerajaan           : Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo                 : Poales
Famili               : Bromeliaceae
Upafamili          : Bromelioideae
Genus                : Ananas
Spesies              : A. comosus

Ada Bebarapa Cara Budidaya Nanas Madu, Yaitu :

Syarat Tumbuh Nanas Madu


Nanas Madu sangat cocok ditanam pada ketinggian 800-1200mdpl. Tanaman nanas madu sanggup tumbuh optimum pada ketinggian sekitar 100-700mdpl.

Tanaman nanas madu sanggup tumbuh pada kondisi iklim berair ataupun kering. Tanaman nanas madu toleran kekeringan dan memiliki beberapa macam curah hujan sekitar 1000-1500mm/tahun. Tetapi, tumbuhan nanas madu tak toleran dengan salju alasannya yakni suhunya sangatlah rendah.

Buah nanas madu ini sanggup tumbuh dengan optimal bila terkena sinar matahari secara eksklusif dengan rata-rata sekitar 33%-71% kontinuitas yang maksimal. Sesuai dengan suhu budidaya nanas yaitu 23°C-32°C, tetapi nanas madu ini juga sanggup tumbuh di kawasan dengan suhu rendah hingga 10°C.

Cara Pembibitan Nanas Madu


Nanas madu sanggup dibudidayakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif yaitu menggunakan tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah dan stek batang. Sedangkan cara generatif dengan biji yang ditumbuhkan melalui persemaian, tetapi cara ini jarang dipakai. Bibit yang sering digunakan yaitu bibit stek batang.

Persiapan Lahan Tanam Nanas Madu

Proses pertama yaitu bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan pengganggu yang lainnya, selanjutnya gemburkan lahan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 30cm-40cm. Sesudah itu, biarkan selama sekitar 15 hari supaya tanah kering dan racun dalam tanah hilang.

Kadar derajat keasaman atau pH tanah yang baik untuk tumbuhan nanas madu yaitu sekitar 4,5-6,5, apabila kurang dari itu maka perlu dilaksanakan proses pengapuran dengan menggunakan dolomit.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 80cm-120cm, tinggi sekitar 30cm-40cm dan panjang sanggup diadaptasi dengan lahan. Berikan jarak antar bedengan sekitar 90cm-150cm.

Cara Menanam Nanas Madu

Ada aneka macam teknik penanaman nanas dengan contoh tanam atau sistem tanam menyerupai ini :

a. Sistem baris tunggal atau persegi dengan jarak tanam 150cm x 150cm baik dalam ataupun antar barisan, 90cm x 30cm jarak dalam barisan 30cm, dan jarak antar barisan yaitu 90cm.

Baca Juga :

b. Sistem baris rangkap 2 dengan jarak tanam 60cm x 60cm, dan jarak antar barisan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan yaitu 150cm dan jarak tanam 45cm x 30cm, dan jarak antar barisan tumbuhan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan tumbuhan yaitu 90cm.

c. Sistem baris rangkap 3 dengan jarak tanam 30cm x 30cm membentuk segitiga sama segi dengan jarak antar barisan sebelah kiri atau kanan dari 3 barisan tumbuhan yaitu 90cm dan jarak tanam 40cm x 30cm dengan jarak antar barisan sebelah kiri atau kanan dari 3 barisan yakni 90cm dan,

d. Sistem baris rangkap 4 dengan jarak 30cm x 30cm dan jarak antar barisan sebelah kiri kanan dari 4 barisan tumbuhan yaitu 90cm.

Apabila sudah ditentukan contoh tanam yang akan dipakai, selanjutnya buatlah lubang tanam berukuran 30cm x 30cm x 30cm. Kemudian tanam bibit pada lubang tanam tersebut dengan kedalaman sekitar 3cm-5cm dari bab pangkal batang yang ditimbun kemudian padatkan supaya tak praktis roboh.

Cara Merawat Nanas Madu

Laksanakan proses penyulaman pada bibit yang mati atau tumbuhnya tak optimal. Laksanakan juga proses penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan nanas madu dengan menggunakan tangan, cangkul atau kored, bersamaan penyiangan sanggup juga melakukan penggemburan tanah.

Tak hanya itu, setelah tumbuhan berumur 2-3 bulan laksanakan proses pemupukan, pemupukan tersebut sanggup dilaksanakan dengan menggunakan pupuk buatan ataupun pupuk alami sesuai dengan dosis. Pemupukan tersebut sanggup dikerjakan setiap 3-4 bulan 1 kali hingga nanas berbunga dan berbuah.

Proses penyiraman pada tumbuhan nanas madu sanggup dilaksanakan setiap 1-2 kali 1 ahad tergantung pada kondisi cuaca. Selain itu, tumbuhan nanas madu siap panen juga masih membutuhkan irigasi untuk merangsang pembungaan dan fertilisasi yang secara optimal. Irigasi tersebut sanggup dikerjakan 2 ahad 1 kali.

Masa Panen Nanas Madu

Panen buah nanas madu dilaksanakan setelah nanas berusia 12-24 bulan, tergantung jenis bibit yang dipakai, apabila menggunakan mahkota bunga maka pemanenan sanggup dilaksanakan dikala nanas berumur 24 bulan. Bibit nanas yang asalnya dari tunas batang dipanen setelah buah berumur 18 bulan, sedangkan yang berasal dari tunas akar sanggup dipanen setelah berumur 12 bulan.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar