Tips Tani - 5 Tips & Trik Budidaya Ranti / Leunca, Dijamin Ciamik Sekaligus Menguntungkan


Ranti atau leunca atau nama ilmiahnya Solanum Nigrum L. merupakan tumbuhan anggota suku terong-terongan atau nama ilmiahnya Solanaceae yang buahnya dikenal sebagai sayuran dan juga menjadi materi untuk pengobatan. Tumbuhan ini berasal dari Asia Barat dan sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia alasannya ialah bisa hidup dalam kondisi yang tertekan. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini paling banyak dikenal sebagai European Black Nightshade.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Ranti

Kingdom             : Plantae
(tidak termasuk)  : Angiospermae
(tidak termasuk)  : Eudikotil
(tidak termasuk)  : Asteridae
Ordo                    : Solanales
Famili                  : Solanaceae
Genus                  : Solanum
Spesies                : Solanum nigrum
Subspecies           : S. nigrum subsp. nigrum & S. nigrum subsp. schultesii

Tanaman leunca berupa terna atau perdu 1 animo atau tahunan, tergantung denga tempat hidupnya. Tumbuhan ini menyukai tempat ladang atau kebun yang terang. Tinggi tumbuhan leunca bisa mencapai 120cm. Batangnya cenderung tak berkayu, ditutupi dengan rambut halus. Daunnya bisa mencapai panjang sekitar 7cm dan lebar sekitar 5cm, bercangap di bab tepinya, dan permukaannya bisa ditutupi rambut. Bunga tersusun dalam rangkaian, mahkotanya berwarna putih kehijauan, dengan kepala sari kuning tegak, menutupi bab putiknya. Buah leunca ini umumnya bentuknya kecil, diameternya sekitar 1cm, warna buahnya dikala muda yaitu hijau kemudian lama-kelamaan menjadi ungu pekat dikala matang.

Beginilah Cara Menanam Budidaya Leunca atau Ranti, yaitu :

Syarat Tumbuh Leunca atau Ranti

Ranti atau Leunca praktis ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi, baik di tempat yang terbuka ataupun tempat yang teduh. Pada umumnya ranti ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian di atas 500mdpl. Ranti bisa ditanam pada semua jenis tanah yang beriklim basah. Waktu tanam yang baik untuk ranti pada awal animo kemarau atau simpulan animo hujan.

Persiapan Lahan Tanam Leunca

Lahan yang akan digunakan untuk menanam leunca di olah terlebih dulu. Bersihkan dari gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya, kemudian gemburkan lahan dengan cara dibajak atau dicangkul, kemudian buatlah bedengan diubahsuaikan dengan lahan. Sesudah itu, taburkan pupuk organik berupa pupuk kandang.

Baca Juga :



Sesudah penaburan pupuk organik selanjutnya taburkan pupuk kimia berupa pupuk Mutiara, Poska dan pupuk yang lainnya, tetapi jangan terlalu banyak, secukupnya saja semoga tak berpotensi jelek dan mati pada proses penanaman Leunca nantinya .

Sesudah penaburan pupuk kimia tersebut, campurkan dengan pupuk organik dan tanah hingga tercampur dengan rata. Biarkan pupuk kimia dan organik tersebut tercampur merata selama 2-4 hari. Kemudian, buatlah lubang tanam dengan jarak tanam 40cm x 40cm.

Persiapan Bibit Leunca

Perbanyakan bibit leunca bisa didapatkan melalui biji. Pilih biji yang berasal dari buah yang asalnya dari tumbuhan yang berkualitas serta sehat.

Selanjutnya, biji tersebut disemai terlebih dulu setelah bibit berumur sekitar 1.5 bulan, bibit dipindahkan ke lahan tanam.

Penanaman dan Pemeliharaan Leunca

Sesudah semuanya siap, segera laksanakan penanaman. Sesudah itu, laksanakan perawatan, keudian laksanakan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada di lahan tanam. Penyiangan ini sanggup dilaksanakan setiap 2 ahad 1 kali. Kerjakan juga penyemprotan setiap 1 atau 2 ahad 1 kali semoga pertumbuhan leunca tersebut tak terjangkit banyak sekali hama dan penyakit.

Laksanakan pemupukan susulan dikala tumbuhan leunca berumur 10 hari setelah ditanam ke lahan dan selanjutnya bisa disesuaikan. Laksanakan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi hari dan sore hari atau diubahsuaikan dengan kondisi lahan serta cuaca.

Pemanenan Leunca

Buah ranti atau leunca pertama kali bisa dipanen setelah tumbuhan berumur sekitar 3-4 bulan dari waktu menyebar. Buah yang dipetik biasanya yang agak cukup renta alasannya ialah buah yang terlalu renta rasanya liat. Tanaman ranti yang baik bisa menghasilkan lebih dari 2,5 ton/ha.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih infinit Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Komentar