Jual Mulsa Plastik - Yuk!!! Intip Trik Jitu Budidaya Kunyit, Hasil Melimpah & Untung Bertambah


Tanaman kunyit ini yaitu salah satu jenis tumbuhan obat berupa semak/rumput liar serta sifatnya tahunan yang tersebar di negara-negara kawasan tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur serta liar didaerah hutan ataupun bekas kebun. Diperkirakan asalnya dari Binar pada ketinggian sekitar 1300-1600mdpl, ada juga yang menyampaikan bahwa kunyit asalnya dari India. Kata Curcuma asalnya dari bahasa Arab Kurkum & Yunani Karkom. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di negara India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia potongan pulau Jawa, serta Filipina. Ngomong-ngomong ihwal kunyit, ada beberapa panduan cara menanam kunyit.

Panduan Cara Menanam Kunyit

1. Pemilihan Bibit Kunyit

Pada proses pertama dalam cara menanam kunyit yaitu menentukan bibit yang cantik dan berkualitas, penggunaan bibit yang berkualitas baik akan menentukan hasil panen nantinya. Kriteria bibit yang berkualitas baik dibawah ini, yaitu :
  • Pastikan bibit asalnya dari tumbuhan yang subur, sehat, memiliki daun yang banyak serta sehat
  • Bibit kunyit terhindar dari hama serta penyakit
  • Bibit kunyit asalnya dari tumbuhan kunyit yang sudah berumur 7 hingga 12 bulan
  • Bibit kunyit memiliki ukuran, bentuk serta warna yang sama
  • Bibit kunyit pernah mengalami dormansi sebelum ditanam.

2. Penyemaian Bibit Kunyit

Cara menanam kunyit selanjutnya yaitu penyemaian bibit kunyit, tujuan dikerjakannya penyemaian semoga bibit sanggup tumbuh secara maksimal, proses kontrol petani lebih simpel dan bibit kunyit simpel menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Berikut ini cara penyemaian bibit kunyit yang sanggup anda kerjakan, yaitu :

  • Letakkan bibit kunyit ditempat yang bersuhu sekitar 25-28 0C
  • Biarkan selama 1 hingga 7 bulan terkena angin-angin
  • Anda juga sanggup meletakkan bibit kunyit ditempat yang tersedia jerami dengan suhu sekitar 25-28 0C
  • Selain itu, Anda juga sanggup merendam bibit kunyit dengan larutan ZPT selama 3 jam.
  • Biarkan selama 1 bulan hingga bibit tumbuh tunas serta siap untuk ditanam.


3. Pengolahan Media Tanam

Setelah anda mengerjakan penyemaian bibit kunyit, proses selanjutnya yaitu pengolahan lahan. Kali ini kami akan membahas budidaya kunyit menggunakan bedengan akan tetapi bila anda ingin menggunakan pot atau polybag juga bisa, yang perlu diperhatikan yaitu media penanaman yang akan digunakan untuk pertumbuhan kunyit berupa tanah humus, jerami serta pupuk kandang.

Cara menanam kunyit menggunakan bedengan cukup gampang, anda hanya perlu menyediakan beberapa alat menyerupai cangkul, sabit serta pupuk sangkar kering. Sesudah alat dan materi siap, bersihkan lahan dari hama pengganggu menyerupai rumput dan tumbuhan lainnya menggunakan cangkul ataupun sabit.

Kemudian cangkul tanah atau gembur tanah dengan kedalaman sekitar 40cm dan berikan pupuk sangkar kering semoga tercampur  merata. Begitu lahan selesai di cangkul, buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 60-100cm, tinggi sekitar 25-50cm dan jarak antar bedengan yaitu 50cm. Jangan lupa untuk menciptakan drainase disekitar bedengan semoga pengaliaran air lancar.

Baca Juga :

4. Proses Penanaman Kunyit

Tanaman kunyit akan tumbuh baik apabila ditanam pada awal animo hujan dan dipanen pada awal animo kemarau. Sebelum mengerjakan proses penanaman buatlah lubang di sekitar bedengan dengan ukuran 30x30cm dan kedalaman 60cm serta jarak antar lubang 60cmx60cm.

5. Proses Perawatan Kunyit

Tanaman kunyit tetap membutuhkan perawatan semoga sanggup tumbuh dengan maksimal serta hasil umbinya nanti memiliki kualitas unggulan, berikut beberapa perawatan kunyit yang sanggup anda kerjakan pada budidaya kunyit, yaitu :

* Penyulaman

Kegiatan ini dikerjakan ketika tumbuhan kunyit mengalami kematian, sehingga anda perlu menggantikan dengan tumbuhan yang gres namun penyulaman hanya sanggup dikerjakan pada tumbuhan yang berumur 1 ahad kurang tujuannya semoga masa pertumbuhan kunyit seragam.

* Penyiangan

Proses perawatan tumbuhan kunyit yaitu penyiangan, proses ini bertujuan untuk membersihkan lahan dari hama pengganggu menyerupai rumput ataupun gulma. Proses ini dikerjakan ketika tumbuhan berumur 2 ahad tetapi juga sanggup kurang ataupun lebih dari 2 ahad sesuaikan dengan kondisi lahan.

* Pembubunan

Proses ini dikerjakan pada tumbuhan yang berumur sekitar 3-4 bulan, caranya dengan menimbun lagi tanah yang terbawa oleh air di sekitar bedengan sebab drainase sangat diharapkan semoga air tak tergenang akhir hujan yang terus-menerus.

* Pemupukan

Pemupukan dikerjakan semoga tumbuhan kunyit mendapat nutrisi yang cukup sehingga proses pembuahan sanggup dikerjakan secara maksimal. Disarankan untuk mengerjakan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk kadang dari binatang ternak. Jumlah pupuk yang sanggup anda gunakan yaitu 45 ton setiap hektar dengan jumlah tumbuhan mencapai 160.000.

* Pengairan dan Penyiraman

Tanaman kunyit tak menyukai kondisi tanah yang tergenang oleh air sebab sanggup mengakibatkan pembusukan pada umbi kunyit.

* Waktu Penyemprotan Pestisida

Selanjutnya penyemprotan hama serta penyakit yang menyerang tumbuhan kunyit harus dikerjakan semoga kunyit sanggup terhindar dari penyakit yang mengakibatkan pembusukkan umbi. Dosis penyemprotan pestisida sanggup dilihat pada label kemasan.

6. Proses Panen Kunyit

Cara menanam kunyit yang terakhir yaitu proses panen, proses yang sangat ditunggu-tunggu oleh petani. Proses panen dikerjakan pada tumbuhan kunyit yang sudah berumur sekitar 7-8 bulan tergantung contoh yang anda pilih. Kriteria tumbuhan kunyit yang sudah siap dipanen sanggup dilihat dari berubahnya warna daun yang awalnya hijau berbuah menjadi kuning atau layu.

Panen dikerjakan dengan cara pembongkaran bedengan menggunakan cangkul ataupun garpu, tetapi sebelum mengerjakan pembongkaran lebih baik daun dan batang dibongkar dahulu semoga proses pengemasan tanah tak ikut masuk kedalam karung.

Jika Anda membutuhkan Mulsa Plastik untuk budidaya kunyit ataupun untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih kekal Anda sanggup menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu
Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar