Tips Tani - Inilah Cara Jitu Budidaya Bawang Bombay, Dijamin Ciamik!!


Tak ada perbedaan dengan tumbuhan sejenisnya, dalam berbudidaya bawang bombay juga harus memerlukan cara yang cocok sebelum sanggup menghasilkan jenis bawang yang berkualitas dengan jumlah produksi yang tinggi. Lalu, menyerupai apakah cara yang sesuai untuk budidaya bawang bombay itu?

Pertama yang harus dipikirkan pada ketika akan menanam bawang bombay, yaitu mengenai syarat pertumbuhannya. Tempat paling baik untuk budidaya bawang bombay yaitu kawasan dengan udara sejuk. Suhu paling ideal untuk tumbuhan ini sekitar 18—20 derajat Celsius.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah tempat tanam cukup terbuka untuk mendapatkan sinar matahari. Ini alasannya yaitu tumbuhan bawang bombay akan tumbuh subur jikalau memperoleh sinar matahari yang cukup. Ciri-ciri tanah yang baik untuk bawang bombay, yaitu tanah gembur, mengandung humus dengan jumlah besar serta subur.

Waktu Tanam Dan Pembibitan

Waktu yang paling baik untuk memulai menanam bawang bombay yaitu pada ketika kemarau. Tetapi, ekspresi dominan yang kering ini harus diimbangi dengan dukungan air yang cukup dan rutin. Hal ini alasannya yaitu di awal pertumbuhannya, bawang bombay membutuhkan air dengan jumlah yang banyak.

Ada 2 cara penanaman yang sanggup digunakan, yaitu menanam dengan biji ataupun umbi. Di negara Indonesia, biasanya para petani lebih menentukan menanam dengan umbi. Itu alasannya yaitu lebih simpel dicari walaupun harganya lebih mahal.

Penyiapan Tanah

Biji ataupun umbi bawang sebaiknya ditanam pada lahan gembur yang sudah dibentuk menjadi bedengan atau tempat persemaian dengan tinggi sekitar 10—15cm dan lebar 1m. Buatlah peneduh untuk melindungi bedengan dan jikalau ingin tanah kelembapannya terjaga gunakan mulsa plastik untuk menjaga kelembapan serta menjaga tumbuhan dari hama.

Baca Juga :
Inilah Cara Budidaya Edible Flowers, Tanaman Yang Bisa Dibuat Makanan
Mengupas 7 Cara Jitu Budidaya Microgreens Di Rumah & GreenHouse
Mengatasi Kendala Saat Budidaya Jamur, Dengan Menggunakan Paranet


Lakukan penggemburan tanah serta pembuatan bedengan 2 ahad atau 1 bulan sebelum bibit ditanam. Sekitar 1 ahad sebelum penanaman, lakukan pemupukan. Gunakan pupuk kompos atau kandang. Kemudian, pemupukan susulan dikerjakan 2 atau 3 hari sebelum bibit ditanam, dengan memakai pupuk buatan.

Cara Menanam

Cara menanam dengan biji harus diawali dengan penyemaian. Sedangkan, jikalau memakai umbi yang dipilih sebagai bibit, maka perlu dibuatkan lubang untuk meletakkan umbi tersebut.

1 hari sebelum ditanam, potong ujung umbi serta keringkan. Perhatikan jarak tanam setiap umbi. Idealnya 25—40cm setiap baris dan 10—40cm setiap umbi dalam 1 buah barisan.

Pemeliharaan Tanaman Bawang Bombay

Sebelum dan ketika bibit mulai tumbuh hingga ketika panen tiba, pemeliharaan wajib dikerjakan dengan benar. Unsur pemeliharaan tumbuhan bawang bombai terdapat sejumlah poin penting, yaitu penyiraman, penyiangan, serta pemberantasan penyakit, dan pasanglah mulsa plastik semoga terhindar dari hama.

Pada ketika pertumbuhan gres dimulai, tumbuhan memerlukan air yang cukup banyak. Seiring bertambahnya umur tanaman, pengairan sanggup dikerjakan dalam waktu yang tak terlalu sering, alasannya yaitu keperluan akan air juga berkurang. Lakukan penyiraman dengan mengalirkan air dari parit ke sekitar bedengan.

Penyiangan dilakukan pada ketika usia tumbuhan 3 minggu, kemudian lakukan kembali setelah 6 minggu. Kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati semoga tak merusak tanaman. Terakhir, pengendalian penyakit dan hama sanggup melalui penyemprotan pestisida atau pemakaian mulsa plastik. Penyemprotan pestisida lakukan sekitar 7—10 hari sekali untuk mencegah datangnya hama dan penyakit

Jika Anda membutuhkan Mulsa Plastik untuk melindungi tumbuhan dari hama atau untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar