Tips Tani - Ingin Budidaya Kembang Kol Akhirnya Melimpah, Ini Beliau Rahasianya


Budidaya sayuran yakni suatu peluang perjuangan yang sanggup dimanfaatkan dengan baik. Karena, masyarakat Indonesia mengonsumsi banyak sekali jenis sayuran salah satunya yaitu kembang kol. Kembang kol yakni sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Sayuran ini tak populer lezat, tetapi banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kembang kol memiliki sumber mineral, protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng, serta sumber yang sangat baik dari serat makanan, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, dan kalium. Sayuran ini mengandung sedikit lemak jenuh. Kandungan kolesterolnya pun sangat sedikit, kurang dari 1gr/kg.

Apabila Anda tertarik untuk memulai perjuangan budidaya kembang kol, berikut tipsnya.

Pemilihan Benih

Untuk melakukan budidaya kembang kol, tahapannya yaitu pemilihan benih, penanaman, perawatan, samapi pemanenan. Dengan melakukan semua tahap yang sudah disediakan dengan baik, tumbuhan ini sanggup tumbuh dan berkembang sesuai keinginan Anda.

Tahap awal yang harus dilaksanakan yakni menentukan benih yang memenuhi syarat antara lain benihnya harus utuh, tak ada cacat, ataupun memiliki luka. Benih tersebut juga harus bebas dari hama serta penyakit. Benih yang dipilih juga harus jenis bibit yang berkualitas.

Penanaman

Cara budidaya kembang kol yang pertama yakni benihnya disemai dahulu sebelum dipindahkan ke media tanam. Pilih media tanah yang tak mengandung hama dan merupakan media yang gembur untuk ditanami. Buatlah bedengan sebelum penanaman dilaksanakan. Bedengan untuk lahan ini kedalamannya 30cm dan memiliki lebar sekitar 110—120cm. Bedengan harus memanjang ke arah utara dan selatan.

Baca Juga :
Ingin Tau Budidaya Selada Hidroponik, Ini Dia Trik Jitunya!!
Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Di Pekarangan Rumah
Tips Budidaya Anggur, Buah Banyak Manfaat & Menguntungkan

Kembang kol ini harus dirawat dengan melakukan penyiraman secara berkala. Lakukan penyiraman tumbuhan ini di pagi hari dan sore hari secara rutin. Saat demam isu kemarau penyiraman dilaksanakan harus lebih banyak dibanding demam isu hujan. Anda juga harus menyiram 1 hingga dengan 2 kali 1 hari pada fase awal pembentukan bunga ini.

Perawatan

Laksanakan penyulaman pada tumbuhan ini kalau ditemukan adanya tumbuhan yang rusak ataupun mati. Penyulaman ini sanggup Anda laksanakan sebelum kembang kol yang ditanam berumur lebih dari 2 minggu. Anda juga sanggup memelihara kembang kol dengan cara melakukan penyiangan. Penyiangan dan penggemburan sanggup dilaksanakan secara bersamaan, tetapi Anda harus berhati-hati dikala melakukan hal ini. Jangan terlalu dalam dikala melakukan penyiangan atau penggemburan alasannya kalau terlalu dalam akan berpotensi untuk merusak bab akar dari bunga tersebut. Apabila tumbuhan sudah menjalani masa selesai perumbuhan vegetatifnya, penyiangan harus dihentikan.

Pemanenan

Kembang kol sanggup menghasilkan panen sekitar 15—40 ton di setiap hektarenya. Umur panen untuk sayuran ini sanggup dilaksanakan sekitar dalam waktu 55—100 hari tergantung dari kultivarnya. Teknik memotong tangkai dari bunganya yaitu potonglah menjadi satu dengan batang daunnya yang ukurannya sepanjang 25cm saja.

Jika Anda membutuhkan Mulsa Plastik untuk budidaya tanaman  ataupun untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar