Tips Tani - Berikut Ini Hias Pandan Bali Yang Benar

Pandan Bali atau Cordyline australis atau disebut juga dengan cabbage tree atau cabbage palm ini merupakan salah satu tumbuhan hias daun yang berasal dari Selandia Baru. Pandan Bali ini sanggup menjadi tumbuhan hias di ruangan ataupun tumbuhan penghias di taman. Ada dua macam pandan bali yaitu pandan bali lurus dan pandan bali bercabang.

Saat ini banyak orang yang menanam tumbuhan pandan bali ini untuk tumbuhan hias di ruangan atau taman mereka. Jika digunakan sebagai flora hias ruangan maka flora hias pandan bali di tanam dalam pot, dan untuk di taman biasanya di tanam eksklusif di tanah atau ditanam memakai pot tanam. Berikut ialah cara menanam dan merawat tumbuhan hias pandan bali :

a). Pembenihan Pandan Bali

Pembenihan tumbuhann hias pandan bali ini dilakukan dengan cara perbanyak tunas. Cara perbanyakan tersebut cukup simpel yaitu hanya dengan memisahkan tunas yang sudah muncul memakai pisau yang tajam. Pemisahan tunas ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan hingga merusak sistem perakaran flora hias Pandan Bali tersebut. Jika selesai, taruh tunas tersebut di kawasan yang lembab beberapa waktu sebelum di tanam biar benih tersebut tidak layu.

BACA JUGA

Metode Budidaya Sawi Putih Hingga Tumbuh Subur


Hati-Hati Terhadap Hama Ini, Bisa Mematikan Tanaman Anggrek Anda!


Ternyata, Seperti Ini Cara Yang Benar Budidaya Tomat Dengan Panen Melimpah!


Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang


b). Penanaman Pandan Bali

Sebelum penanaman siapkan terlebih dahulu siapkan media tanamnya. Media tanam yang digunakan yaitu berupa gabungan tanah dengan pupuk sangkar atau pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan kedalaman kira-kira 22 cm hingga 27 cm. Tanamlah benih flora hias pandan bali dengan arah tegak bangkit dalam lubang tanam yang sudah dibikin, setelah itu timbun kembali dengan media tanam bekas galian kemudian padatkan biar tabaman tidak simpel roboh jikalau terkena hujan atau angin.

Penyiraman Tanaman Pandan Bali

Biar flora tidak layu dan sanggup berkembang dengan baik lakukan penyiraman secara teratur 2x sehari yaitu setiap pagi dan sore hari.

Penyiangan Dan Pemupukan Tanaman Pandan Bali

Penyiangan pada tumbuhan hias pandan bali maksudnya yaitu dengan upaya pemotongan pemangkasan untuk memastikan tumbuhan pandan bali sanggup tumbuh dengan cantik. Dengan melaksanakan pemangkasan di beberapa pecahan dari tumbuhan hias pandan bali, maka perkembangan flora hias ini pun akan semakin maksimal. Hal tersebut dikarenakan lantaran adanya perembesan nutrisi ke dalam sistem pertumbuhan tumbuhan menjadi semakin cepat dan mudah. Sama ibarat flora lain, flora hias pandan bali juga memerlukan asupan gizi dari pupuk. Sebaiknya penyiangan dan pemupukan dilakukan secara bersama pada sekitar waktu 2 bulan sekali.

Komentar