Tips Tani - Bagaimana Cara Sempurna Dalam Memasang Paranet?


Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet sanggup mengurangi intensitas cahaya yang diterima flora dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Tanaman yang di tempatkan di bawah paranet biasanya merupakan flora yang gres mengalami stres atau memang secara akal daya membutuhkan intensitas cahaya yang rendah.

*Baca Juga : Jual Paranet atau Shading net Untuk Pertanian

Membuat rumah teduh untuk flora dari paranet
Bahan untuk membuat:
  • Paranet dengan kerapatan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kerapatan yang sanggup dipilih biasanya paranet dengan kerapatan 65%-85%.
  • Batang besi, kayu serta bambu sebagai kerangka maupun sebagai tiang penyangga.
  • Kawat atau materi lainnya untuk mengikat paranet pada kerangka.
Cara memasang:

♦  Dirikan 4 tiang penyangga sebagai rangka penahan kemudian hubungkan satu dengan lainnya sehingga membentuk bentuk kubus atau segiempat kalau dilihat dari atas. Tinggi serta panjang kerangka sanggup juga diadaptasi dengan kebutuhan serta area yang akan dipakai. Model rangka sanggup dibentuk sesuai ibarat apa yang anda hendak buat. Namun, usahakan se sanggup mungkin pada setiap sisi (tepi pinggir) bab atas area yang hendak dinaungi terpasang rangka besi.

♦  Setiap ujung tiang di bab atas harus terhubung dengan batang besi yang melintang secara horizontal/mendatar. Ini dilakukan alasannya yakni kalau tanpa adanya batang besi yang menyambung kan empat titik bab atas setiap tiang tersebut, konstruksi ke-empat tiang penyangga akan menjadi ringkih ketika menahan tekanan yang dihasilkan dari paranet. Jika tidak adanya batang besi yang menyambung, kemungkinan berisiko salah satu atau keempat tiang menjadi bengkok / patah ketika paranet dihempas angin kencang.

♦  Standar luas bidang segi empat untuk rangka bab atas ialah (idealnya)  9 m² (3 x 3) serta / atau maksimal 16 m² (4 x 4). Jika ukuran panjang serta / atau lebar lebih dari 3 – 4 meter, usahakan untuk membaginya. Contohnya, kalau bidang segiempat yang hendak ditutup berukuran 3 x 6, maka di bab tengah dari panjang 6 meter tadi dipasangi satu pemanis batang besi sebagai penyangga. Sehingga bidang segiempat terbagi menjadi 3 x 3 + 3 x 3.

♦  Disarankan biar tidak menciptakan rangka segiempat dengan panjang lebih dari 3 meter tanpa membaginya. Karena cukup berbahaya dari model rangka ibarat itu tanpa membaginya dalam menghadapi hempasan angin. Bukan berarti tidak sanggup dibuat, Ini ditujukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

*Baca Juga : Mengenal Berbagai Macam Jenis Paranet/Shading Net

♦  Setelah rangka penahan terpasang, pasang paranet kemudian buat pengait berbahan kawat ikat ukuran 14 yang diletakkan pada keempat sudut rangka bab atas. Kaitkan setiap sudut paranet pada masing-masing kawat pengait yang sudah dipasang di setiap sudut kerangka. Jika bab tengah paranet agak kendur, cukup kencang kan bab sisinya saja (bukan sudut) dengan mengikatnya pada kerangka besi bidang segiempat bab atas sampai posisi paranet terlihat tidak mengecewakan rata.

♦  Apabila hamparan paranet terlihat kendur (terasa kendur ketika ditarik), Anda sanggup mengencangkan nya. Teknik mengencangkan paranet lebih baik dilakukan agak kendur, jangan menarik keempat sisinya terlalu kuat. Ini berfungsi mengurangi kemungkinan kalau paranet sobek ketika ada terpaan angin yang kencang. Upayakan untuk selalu mengaitkan tambang plastik maupun paranet pada pengait yang terbuat dari kawat ikat.

♦  Jauhi cara mengikat eksklusif pada besi siku berlubang, alasannya yakni sanggup menciptakan ikatan lebih praktis putus alasannya yakni ukiran antara tambang plastik dengan besi siku yang terjadi setiap kali paranet tertiup terpaan angin serta hujan.

Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. Untuk informasi harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Komentar