Jual Mulsa Plastik - Teknik Belakang Layar Budidaya Bawang Bombai


Bawang bombai
atau nama latinnya Allium Cepa yaitu salah satu jenis bawang yang biasanya dipakai ibu rumah tangga untuk bumbu atau materi masakan. Bawang ini mempunyai bentuk bundar besar dan berdaging tebal. Asal seruan dinakan bawang bombay sebab bawang ini dibawa oleh para pedagang yang berasal dari kota bombai, India (sekarang Mumbai) ke Indonesia. Kini banyak orang yang mulai membudidayakan tumbuhan bawang bombai. Berikut merupakan metode menanam budidaya tumbuhan bawang bombai :

A. Prasyarat Tumbuh
Bawang bombai cocok dibudidayakan pada tempat pegunungan dengan temperatur sekitar 18°C - 20°C. Penyinaran cahaya dari matahari yang dibutuhkan sekitar 14 jam dalam sehari. Ketinggian daerah yang sempurna untuk menanam bombai merupakan sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Ada pula yang menyampaikan ketinggianlahan tanam harus di atas 2000 m dpl. Tanah yang dibutuhkan dalam budidaya bawang bombai sebaiknya menggunakan tanah gembur dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5,5-6,5 dan drainase yang bagus.

B. Persiapan Bibit
Bibit yang manis merupakan bibit yang berasal dari umbi tumbuhan bawang yang berkwalitas dan bervarietas unggul, tidak cacat, mempunyai pertumbuhan yang relatif cepat dan bebas dari hama dan penyakit. Umbi yang diharapkan untuk 1 hektar lahan merupakan sekitar 90.000 umbi. Umbi yang sudah disiapkan selanjutnya di semai.

C. Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan dipakai untuk budidaya bawang bombai sebaiknya dibersihkan dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya, selanjutnya lakukan penggemburan tanah pada lahan tanam dengan metode dibajan atau dicangkuli kemudian ratakan kembali. Berikutnya buatlah bedengan dengan panjang sekitar 100 meter hingga 200 meter, tinggi sekitar 30-40 cm bertumpu pada luas lahan tanam dengan jumlah bedengan di sesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan NPK dengan perbandingan sekitar 15 : 15 : 15 dengan takaran sekitar 150 kg per hektar lahan. Selain dengan pupuk NPK sanggup juga pakai pupuk KCl dengan takaran sekitar 325 kg per hektar lahan.

D. Penanaman Bawang Bombay
Penanaman bawang bombay manis dilakukan pada awal ekspresi dominan kemarau. Bibit yang berada pada lahan semai selanjutnya dipindah tanamkan pada bedengan tanam yang sudah disiapkan. Bibit di tanam padakedalaman sekitar 2 hingga 3 cm kemudian timbun kembali dengan media tanam yang ada disekitar bedeng tanam. Jarak tanam yang dipakai sanggup 20×30 cm atau 40×30 cm. Sesudah penanaman lakukan penyiranam secara rutin supaya kelembaban pada media tanam selalu terjaga.

Baca Juga :
Inilah Cara Tepat Budidaya Tanaman Bunga Melati 
Inilah Cara Praktis Membuat GreenHouse Sederhana Dengan Tarif Murah
Teknik Jitu Dalam Budidaya Durian "Montong" Supaya Cepat Berbuah
Sukses Dalam Budidaya Singkong Gajah Supaya Panen Melimpah
Inilah Cara Manfaatkan Botol Bekas Sebagai Media Tanam Bawang

E. Perawatan Tanaman

1. Penyulaman
Lakukan penyulaman pada bibit bawang bombai yang tidak tumbuh dengan manis atau mati dengan bibit yang baru. Penyulaman ini umumnya dilakukan setelah satu pekan setelah tanam.

2. Penyiraman
Lakukan penyiraman secara teratur merupakan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari tapi jangan hingga tergenang supaya umbi tidak membusuk.

3. Pemupukan
Pemupukan dilakukan beberapa pekan setelah tanam dengan menggunakan pupuk organik dan juga pupuk nonorganik dengan takaran yang sesuai.

4. Penyiangan
Lakukan penyiangan kepada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan bawang bombay supaya pertumbuhan tumbuhan tidak terganggu.

5. Pembatasan Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit niscaya akan menyerang tumbuhan bawang bombai tapi untuk mengontrolnya sanggup pakai fungisida atau insektisida yang sesuai dan juga takaran yang sesuai rekomendasi.

F. Pemanenan Bawang Bombai

Bawang bombay sanggup dipanen setelah bawang bombay memasuki umur sekitar 4 bulan - 5 bulan setelah tanam pun sanggup lebih cepat tergantung dengan ragam jenis dan juga pemeliharaan. Pemanenan dilakukan dengan mencabut batang secara hati-hati kemudian bersihkan dari kotoran yang merekat pada umbi. Pemanenan ini manis dilakukan pada pagi dan sore hari supaya mutu bawang konsisten terjaga.

Demikian artikel ihwal bawang bombai, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel selanjutnya disini :D



Kami menyediakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) cap KUDA materi full Ori sanggup 2x pemakaian.  Manfaat Mulsa Plastik ini yaitu melindungi struktur tanah supaya tak cepat kering, menghindar tumbuhnya tumbuhan liar (gulma) yang sanggup mengganggu tumbuhan induk. Selain Cap kuda LIM Corporation menyediakan Plastik Mulsa Cap Montana dan Tembakau. Harga dijamin murah, eksklusif dari pabrik. Tunggu Apalagi Segera Pesan!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya ihwal prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat eksklusif dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#MulsaPertanian #MulsaPlastik #HargaMulsa #MphpMurah

Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar