Tips Tani - Cara Budidaya Flora Hias Chlorophytum (Lili Paris)

C. Comosum (spinder plant) merupakan golongan tumbuhan yang mirip rumput. Jenis tumbuhan ini termasuk family lily, daunnya melengkung dan menyebar mirip kaki. Daun berwarna hijau, berstrip kunig atau putih memanjang pada sepanjang daunnya. Panjang daun bervariasi 10-15 cm, lebar 1,5-2,5 cm.

Baca Juga : Jenis-Jenis Tanaman Hias Buah yang Sedang Populer

Tanaman ini mengeluarkan akar yang lunak memanjang kurang lebih 30 cm dan berbentuk separti kawat. Pada ujung akar keluar tumbuhan gres tetapi kecil serupa dengan tumbuhan induknya. Tanaman gres ini menggantung  mirip laba-laba (spinder) dan menhasilkan bunga kecil-kecil berwarna putih.

Jika belahan tumbuhan gres tadi sanggup menyentuh tanah, maka akan tumbuh akar. Tetapi, jikalau tumbuhan gres tidak menyentuh tanah, maka makin usang meningkat besar dan daun-daunnya bertambah memencar-mencar, bahkan tumbuh anakan lagi pada belahan ujungnya sambung menyambung.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUANNYA

1). Kebutuhan cahaya

Chlorophytum sanggup tumbuh baik jikalau mendapat cahaya matahari secara tidak langsung. Jika tumbuhan ini hanya tersedia cahaya buatan, maka cukup dengan cahaya berkekuatan 400 f.c.

2). Kebutuhan Suhu

Tanaman inimenghandaki suhu siang hari 750  F-850F dan malam hari 650F-700F.

3). Media Tanam

Media tanam yang baik untuk tumbuhan chlorophytum terdiri atas adonan satu belahan tanah kebun dan satu belahan kompos, satu belahan pasir, dan setengah belahan pupuk kandang. Setiap 4-5 kg media di tambah 2 sendok makan tepun tulang. Media tanam harus selalu dalam kondisi lembab sepanjang waktu, tetapi dihentikan tergenag air.

4). Pemupukan

Pemupukan dillakukan dan sebulan sekali yang di mulai pada awal animo penghujan hingga tamat animo penghujan. Pemupukan dihentikan di lakukan pada saat-saat tumbuhan sedang mengalami masa istirahat. Tanaman yang gres di beli atau yang gres saja di lakukan repotting, pemupukan harus menungggu hingga musip penhujan berikutnya.

5). Pengepotan kembali

Pengepotan kembali di lakukan pada awal animo pengujan, jikalau tumbuhan telah memenuhi pot dan akarnya telah membentuk bola hingga dinding pot.

6). Perbanyakan Tanaman

Perbanyakan tamanan ini sanggup di lakukan dengan cara memisahkan sebagian rumpundari induknya ataupun menanam anakan kecil yang tergantung.

Varietas

Varietas Chlorophytum yang sudah banyak dikenal adalah:

1). C. comosum variegatum: Warna daunnya hijau pucat dan belahan tepinya putih. Ukuran panjang daun 25-40 cm, lebar daun 2-2,5 cm.

2). C. comosum vitatum: Warna daunnya hijau pucat dengan garis-garis putih sepamjang daun. Ukuran panjabg daun 15-20 cm, dan lebar daun 1,5-2 cm.

Jangan Lewatkan : Mengenal Berbagai Jenis Mulsa

3). C. comosum mandianum: Warna daunnya hijau gelap, belahan sentra daun bergaris pada sepanjang daun berwarna kuning terang. Ukuran panjang daun  10-15 cm, lebar 1,5 cm.

Komentar