Tips Tani - Hama Mematikan Pada Daun Anggrek

Hama dan penyakit iyalah hal yang paling sulit untuk dihindari. Jika pencegahan tidak segera eksklusif dilakukan, maka hama dan penyakit akan leluasa menyerang tumbuhan anggrek. Hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan anggrek ada banyak sekali. Diantaranya ibarat hama tikus, keong, tungau, dan lain sebagainya. Bebebrapa pencinta tumbuhan anggrek yang merasa kebingungan mengatasi hama-hama yang sering kali menyerang tumbuhan anggrek. Salah satu diantaranya iyalah hama tikus. Hama tikus iyalah hama yang dapat menyerang tumbuhan anggrek kapan saja dan utamanya pada demam isu penghujan.

Bagaimana metode mengatasi tikus supaya tidak tiba pada tumbuhan anggrek khususnya pada demam isu penghujan? Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengatasi datangnya hama tikus pada tumbuhan anggrek. Berbagai hal tersebut diantaranya iyalah sebagai berikut. Ketika demam isu penghujan tiba, sebaiknya pupuk yang baunya dapat merangsang datangnya hama tikus jangan disemprotkan kepada tumbuhan anggrek. Mengapa begitu? Karena hal ini dilakukan tidak lain supaya hama tikus tidak tiba pada tumbuhan anggrek.  Sebutkan satu dari sekian teladan pupuk yang baunya dapat merangsang datangnya tikus! Satu dari sekian jenis pupuk yang tidak dapat diberikan kepada tumbuhan anggrek ketika demam isu penghujan tiba iyalah pupuk jenis minyak ikan.

Kebersihan daerah penanaman anggrek perlu dijaga. Apalagi pada ketika demam isu penghujan. Bagaimana caranya membersihkan daerah penanaman anggrek? Metodenya iyalah menciptakan gulma maupun sampah yang berantakan disekitar daerah penanaman anggrek. Dengan metode begitu hama tikus tidak akan lagi mempunyai daerah untuk bersarang. Jika hama tikus sudah terlanjur menyerang tumbuhan anggrek, maka segera berantas. Bagimana metode memberantas hama tikus? Metodenya iyalah dengan memakai obat racun tikus. Untuk memudahkan dukungan obat racun tikus tersebut, gunakanlah alat pembantu ibarat makanan. Letakkan obat racun tikus di dalam kuliner kemudian letakkan disarang tikus. Dengan begitu hama tikus tidak akan ada lagi.

Hama selanjutnya yang sering menyerang daun tumbuhan anggrek iyalah tungau. Beberapa dari mereka yang menyukai tumbuhan ini merasa kebingungan mencari tau gejala tumbuhan anggrek terjangkit hama tungau. Lantas apa gejala tumbuhan anggrek yang terjangkit tungau? Dan bagaimana pula metode mengendalikannya? Tanda-tanda tumbuhan anggrek terjangkit tungau dan metode mengendalikan tungau yang telah menyerang tumbuhan anggrek iyalah sebagai berikut. Jika para penghobis ingin tahu keberadaan tungau pada tumbuhan anggrek, dapat dilihat pada cuilan bawah permukaan daun. Tungau terkadang dapat diketahuipada cuilan bawah permukaan daun. Tanda-tanda yang pertama iyalah warna daun menjelma berwarna kuning sedikit perak. Lama kelamaan daun tersebut mengering dan jadinya gugur.

Baca Juga : Hama Tanaman Aglaonema

Metode mengendalikan tungau yang telah menyerang tumbuhan anggrek iyalah dengan memperlihatkan akarisida yang sifatnya sistematik. Contoh akarisia yang sifatnya sistematik ibarat Omite, Curacron, dan Kelthane. Dapat digunakan tujuh hari sekali atau dapat juga  dengan mengikuti takaran yang tertera pada kemasan

Belalang

Jenis hama yang berjulukan belalang ini tidak terlalu membahayakan bagi tumbuhan hias anggrek. Tetapi jenis hama ini dapat menciptakan daun-daun yang ada pada tumbuhan ini menjadi gundul akhir di makan hama belalang tersebut. Maka dari itu, walaupun sifatnya tidak terlalu berbahaya, jenis hama ini juga mesti di basmi dengan memakai cairan pestisida.

Kumbang

Hewan kumbang merupakan hama yang sangat mengganggu pertumbuhan tumbuhan hias anggrek. Jika jenis hama ini menghinggapi tumbuhan anggrek, maka daun tumbuhan dapat menjadi layu dan bahkan tumbuhan tersebut dapat mengalami kematian. Jenis hama kumbang ini terbagi atas 2 jenis, yaitu :

Kutu daun

Hama ini dapat menciptakan daun tumbuhan menjadi gundul. Jenis kutu ini terbagi atas 3 macam jenis, yaitu : kutu daun, kutu perisai dan kutu perisai putih. Diantara 3 jenis kutu daun tersebut, yang paling berbahaya hanya lah kutu perisai putih. Karena jenis kutu perisai putih ini dapat menciptakan tumbuhan anggrek kehilangan cairan tanaman, alasannya yakni cairan tumbuhan yang telah ada banyak di hisap oleh kutu perisai putih ini.

Semut

Jangan dianggap remeh jikalau ditemukan binatang semut di tumbuhan anggrek . Karena binatang semut ini juga iyalah jenis hama pengganggu tumbuhan anggrek. Terkadang jenis semut yang banyak mengganggu tumbuhan hias anggrek ialah semut hitam yang halus. Hama semut ini bukan hanya dapat menciptakan akar tumbuhan rusak, hama semut ini juga dapat menciptakan tumbuhan menjadi sulit berkembang. Maka dari itu kita mesti membasmi hama semut ini supaya tidak menyebar luas sehingga tumbuhan anggrek menjadi mati.

Jangan Lewatkan : Menanam Bawang Merah Organik Menggunakan Plastik Mulsa

Kepik

Kepik merupakan jenis hama pengganggu tumbuhan anggrek.  Hama kepik ini mempunyai  bentuk ibarat kumbang yang berukuran sangat kecil. Dampak yang disebabkan oleh  serangan hama ini yakni tumbuhan anggrek akan mengalami kelayuan dan juga akan berdampak jelek pada perkembangan tanaman. Jenis hama kepik ini hanya dapat di atasi dengan metode menyemprotkan tumbuhan yang terjangkit hama dengan memakai cairan pestisida. Penyemprotan ini juga mesti di lakukan semetode rutin, supaya hama kepik tidak kembali lagi pada tumbuhan tersebut.Sekian 5 Jenis Hama Paling Mematikan Pada Anggrek semoga dapat mempunyai kegunaan dan bermanfaat..

Komentar