Jual Mulsa Plastik - Metode Unik Dalam Budidaya Flora Kantong Semar

         Kantong semar (Nepenthes) merupakan kelompok flora hias yang cukup banyak dibudidayakan. Selain coraknya yang menawan, flora ini juga cukup unik sehingga menarik perhatian orang untuk membudidayakannya. Bahkan flora kantong semar juga memiliki sebagian manfaat menyerupai :
  • Batangnya sanggup dipakai untuk mengobati demam dan batuk.
  • Akar kantong semar dapat dipakai sebagai obat penyakit desentri.
  • Daunnya kapabel menyembuhkan sakit kulit serta barier darah.
  • Nektar atau cairan di bibir kantong semar dapat dipakai untuk mengobati radang mata dan luka bakar.

         Ada aneka macam jenis flora kantong semar seperti ampullaria, gracillis, reinwardtiana dan masih banyak lagi. Harga flora hias kantong semar juga cukup tinggi di pasaran. Indonesia sendiri memang familiar sebagai daerah endemik asal dari flora ini. Seandainya Anda beratensi untuk budidaya kantong semar, berikut ini langkah-langkah budidaya kantong semar yang sanggup Anda lakukan :

Mencari Benih Kantong Semar 

         Benih flora kantong semar yang sanggup Anda pilih merupakan ampullaria, gracillis dan reinwardtiana. Seandainya Anda menentukan salah satu bibit tersebut maka akan mejadikan flora hias kantong semar semakin terlihat bagus. Makara jangan hingga salah menentukan bibit apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik.

Menyiapkan Media Tanam Kantong Semar 

         Media tanam yang dibutuhkan untuk budidaya kantong semar merupakan tanah dan sekam bakar(arang sekam). Ambil tanah dan sekam yang tidak terlalu padat biar bibit sanggup tumbuh dengan bagus. Media tanam juga dilarang terlalu banyak air, apabila Anda ingin menerapkan media tanam yang lain, Anda sanggup gunakan cocopeat yang dicampur sekam bakar dengan perbandingan 1:1.

Cara Menanam 

         Untuk menanam flora hias kantong semar sangatlah gampang, berikut ini jenis-jenis jenis penanaman :

Menanam Menggunakan Biji

  • Siapkan pot dan isi dengan media yang telah disiapkan, kemudian basahi dengan sedikit air. 
  • Taburkan biji kantong semar pelan ke dalam tanah.
  • Berikutnya tutup pot dengan plastik uv dan berikan lubang kecil dengan memakai jarum. 
  • Tunggu dan biji akan bertunas 1-3 minggu, apabila telah bertunas maka Anda sanggup memindahkannya ke pot yang baru. 
  • Potonglah ujung pucuk biar kantong semar pesat tumbuh.

     Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ragam Jenis Sayuran



Menanam Menggunakan Stek Batang

  • Langkah pertama pilihlah flora hias kantong semar berumur 1 tahun atau yang tingginya telah menempuh 1 meter. 
  • Lalu potong batangnya hingga 15 cm dan sisakan 3 - 4 ruas daun. 
  • Kemudian potong setengah helai daun untuk mencegah terjadinya penguapan dan potong lagi hingga pangkal daun biar stek sanggup masuk. 
  • Berikutnya tanam batang stek dengan polybag ukuran normal yang dasar dindingnya telah dilubangi. 
  • Sebelumnya olesi terutamanya dahulu penggalan bawah stek menerapkan pencegah jamur dan hormon pemacu.

Cara Perawatan Kantong Semar 

         Langkah berikutnya dalam budidaya kantong semar merupakan perawatannya. Untuk merawat flora kantong semar tergolong gampang, sebab flora ini tidak memerlukan nutrisi dan pupuk. Tanaman ini akan mendapatkan nutrisi dari serangga yang dicokoknya.

         Oleh sebab itu letakkan flora kantong semar di luar ruangan yang kira - kira terdapat banyak serangga. Atau Anda sanggup menangkap serangga dan meletakkannya pada lisan kantong semar. Perlu Anda ketahui lebih lanjut untuk flora kantong semar yang di tanam menerapkan biji, bahwa Anda konsisten memerlukan pupuk yang tidak mengandung ammonium dan urea terlalu tinggi.

         Kemudian untuk mencegah hama Anda sanggup menerapkan sedikit pestisida. Untuk sebagian jenis flora kantong semar ada yang memerlukan cukup sinar dan ada yang tidak. Makara Anda mesti hebat mengenal apa saja kelemahan jenis flora kantong semar tanaman yang dibudidayakan.

Adapun sebagian jenis flora hias kantong semar yang sanggup Anda budidayakan merupakan :
Nepenthes Khasiana

         Ini merupakan spesies kantong semar yang cuma tumbuh di India. Banyak orang yang membudidayakan flora ini sebab sangat unik dan berbeda dengan flora lainnya.

Nepenthes Truncata

         Adalah salah satu jenis flora kantong semar yang tumbuh di pulau Mindanao, Filipina. Nepenthes Truncata tumbuh di ketinggian 0 - 1500 mdpl. Pernah ditemukan flora hias ini menangkap tikus sebagai mangsanya sebab kantongnya memiliki ukuran yang besar.

Nepenthes Ampullaria

         Nepenthes Ampullaria merupakan satu-satunya jenis flora kantong semar vegetarian. Karena flora jenis ini tidak memiliki nektar di bibir kantongnya sehingga jarang ada serangga yang terpeleset. Lazimnya benda-benda yang pernah ditemukan di dalam kantongnya cuma berupa air dan dedaunan kering. Namun Nepenthes Ampullaria konsisten memangsa serangga untuk mencukupi nutrisi yang diperlukannya.

Nepenthes Reinwardtiana

         Adalah jenis flora kantong semar yang habitatnya sangat banyak di Indonesia. Lazimnya Nepenthes Reinwardtiana ditemukan di Kalimantan dan Sumatra. Ukuran kantongnya tidak mengecewakan besar, sanggup menempuh 15 cm dan flora ini sanggup tumbuh lebih besar lagi apabila perawatannya lebih maksimal.

Nepenthes Rafflesiana

         Nepenthes Rafflesiana mempunyai ukuran kantong lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Tanaman kantong semar jenis ini sanggup ditemukan di Singapura, Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.

Nepenthes Maxima

         Kantong semar yang satu ini merupakan flora yang sangat melegenda sebab bentuk kantongnya lebih besar dari jenis lainnya. Terutamanya di Indonesia pernah ditemukan kantong semar jenis Nepenthes Maxima yang memegang rekor sebab bisa menampung air sebanyak 1,5 liter. Kantong semar jenis ini sanggup ditemukan di Papua, Maluku, dan Sulawesi.

Nepenthes Aristolochiodes

         Tanaman kantong semar Nepenthis Aristolochiodes tumbuh di daerah Jambi dengan ketinggian 2000 meter diatas laut. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari jenis lainnya. Bahkan uniknya lagi penggalan pembuka kantong penjebaknya berbentuk vertikal dan ada epilog di depannya.

Nepenthes Villosa

         Nepenthes Villosa di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukan Kalimantan  ini tumbuh pada ketinggian yang lebih tinggi daripada spesies Nepenthes Borneo lainnya, terdapat pada ketinggian di atas 3.300 m.

Nepenthes Gymnamphora

         Nepenthes Gymnamphora lazimnya ditemukan di Jawa dan Sumatra. Kata Gymnamphora berasal dari bahasa Yunani merupakan gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong). Oleh sebab itu flora kantong semar ini diketahui dengan kantong semar berleher.

Nepenthes Diatas

         Tanaman yang banyak ditemukan di Sumatra ini tumbuh pada ketinggian 2400 - 2900 mdpl. Banyak orang yang ingin membudidayakan kantong semar jenis Nepenthes Diatas ini sebab formatnya yang sangat unik.

         Macam flora kantong semar memang aneka macam dan ada yang tidak sanggup ditemukan di Indonesia. Formatnya juga unik dan berbeda-beda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Karena keunikannya hal yang demikian banyak orang yang membudidayakan untuk diwujudkan bisnis ataupun cuma sebagai flora penghias. Apakah Anda beratensi untuk membudidayakan flora kantong semar?

CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM



Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar