Tips Tani - Cara Budidaya Tanaman Hias Di Dalam Pot

Jika dulu untuk bercocok tanam sangat bergantung terhadap lahan namun tidak demikian untuk jaman sekarang, seiring perkembangan zaman cara bercocok tanam juga berevolusi dengan banyak kemajuan. Salah satunya banyak yang sudah memakai media tanam ibarat pot. Lebih-lebih flora hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah untuk memperindah halaman rumah kita.
Pada lahan taman yang sempit sekalipun bisadimanfaatkan untuk ditanami flora hias dengan memakai media tanam ibarat pot. Berikut yakni tips cara menanam flora hias di dalam pot yang baik :


1. Memilih bibit
Pertama yang harus di siapkan yakni bibit flora hias yang mau kita tanam di dalam pot. Karena bibit yang baik akan menghasilkan benih yang baik pula.

Baca Juga :  MPHP Membantu Proses Kontrol Terhadap Serangan Berbagai Penyakit dan Hama Pada Cabe Rawit

2. Menyiapkan Media Tanam
Setelah menbisakan bibit terbaik langkah selanjutnya yakni menyiapkan media tanam. Letakkan  beberapa pecahan kerikil merah sebagai pengikat air di dasar pot kemudian Isi pot dengan gabungan tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis ;
• Campuran umum;  pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 serpihan pupuk kandang
• Campuran untuk jenis suka kering; pasir ½ bagian, 1/2 serpihan pupuk kandang
• Campuran untuk jenis suka lembab: tanah ½ bagian, 1/2 serpihan pupuk kandang
Pilihlah pot flora dan media tumbuh yang sesuai dengan jenis flora hias yang akan kita potkan. Pot juga harus diadaptasi dengan daerah dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan.

3. Memulai Menanam.
Apabila bibit sudah ada dan media tanam sudah tersedia maka dikala ini sudah waktunya untuk memulai menanam bibit flora tersebut ke dalam pot. Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot mempunyai lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 serpihan pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang melekat pada flora masih ada, biar flora tidak mengalami stres dikala mengikuti keadaan dengan media yang baru. Tambahkan lagi media tanam, sambil flora dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari biar flora dapat bangun kokoh. Pot jangan diisi hingga penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot biar gampang waktu melaksanakan penyiraman. Setelah pengepotan selesai, siramlah flora hias secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih melekat sebelum diletakkan pada daerah yang diinginkan.

Jangan Lewatkan : Cara Pemasangan Plastik Mulsa Hitam Perak Pada Tanaman Cabe (Cabai)

4. Menyiram tanaman
Agar flora yang kita tanam atau yang kita pindahkan kedalam pot bisatetap sehat dan bertahan hidup kita harus melaksanakan penyiraman dengan rutin sesuai kebutuhan. Cara penyiraman flora di dalam pot juga bisadilakukan dengan aneka macam macam cara salah satunya ibarat berikut :
• kita menyiram dengan memperlihatkan Air melalui bantalan pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu perembesan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke bantalan pot melewati lubang drainase.
• Air diberikan pribadi pada media tanam. Pada cara ini air dapat disiramkan pribadi pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai flora hias secara langsung.
• Waktu terbaik untuk melaksanakan penyiraman flora hias yakni di pagi hari kira-kira jam 7  hingga 10 pagi atau sore hari.

Komentar