Tips Tani - Panduan Sederhana Cara Budidaya Rami, Semoga Panen Maksimal

Rami adalah tumbuhan tahunan mempunyai bentuk rumpun, mudah tumbuh, serta dikembangbiakkan di wilayah tropis, berpengaruh akan serangan penyakit serta hama, dan sanggup mendukung pemeliharaan alam dan juga lingkungan.

- POLA TANAM & PENANAMAN
Budidaya rami sanggup Anda lakukan dengan monokultur serta tumpangsari menggunakan pohon kelapa di kebun. Penanaman dilakukan pada lahan yang datar, sanggup pula pada lahan yang miring maupun lahan perbukitan. Tanah pada area lahan diolah 1-2x menggunakan cangkul, bajak maupun traktor.

Selanjutnya buatlah bedengan-bedengan selebar 3 meter dan panjang diselaraskan dengan kondisi lahan serta jarak antar bedengan 50-75 cm. Kalau penanaman dikerjakan di lahan miring, jadi bedengan perlu dibentuk menyelaraskan garis guna mencegah terjadinya erosi.
*Baca juga Cara Budidaya Tanaman Obat Keluarga “Lidah Buaya”

Pada budidaya tumbuhan rami sanggup ditanam menggunakan bibit dari biji, stek batang serta kepingan akar rimpangnya. Namun materi yang dirasa cukup baik cantik serta mudah adalah kepingan pada rhizomanya. Bahan perlu dipilih dari induk yang varietasnya unggul serta telah berusia sekitar 2 tahun.

- PEMELIHARAAN & PERAWATAN
Pemeliharaan pokok tumbuhan ini adalah penyiangan, pengairan, sistem drainase serta pemupukan. Proses penyiangan perlu diselaraskan dengan keadaan perkembangan gulma serta lahan. Jika drainase mencakup proses penyiraman dimusim kering serta perbaikan drainase ketika ekspresi dominan hujan.

Sebab tumbuhan ini tergolong tumbuhan yang sensitiv pada lahan tanah yang ada genangan air. Jika genangan air terjadi lebih dari 24 jam, hal itu bakal menjadikan rami jadi layu serta berkemungkinan mati.

Pada upaya mempersingkat proses pertumbuhan serta meningkatkan tingkat produktivitas, jadi tumbuhan rami butuh diberikan pupuk buatan, selain sumbangan pupuk sangkar sebelum tanam. Pemupukan buatan diberi ketika tumbuhan berusia 2-3 ahad ibarat gabungan Urea, TSP serta KCL.

- MASA PEMANENAN
Perkebunan yang mempunyai sistem drainase baik, maka tumbuhan rami telah sanggup dipanen ketika berusia 3-4 bulan. Tetapi bagi varietas Florida biasanya dipanen kira-kira 60 hari serta varietas Formosa 45 hari.
*Info harga plastik mulsa terupdate sanggup Anda cek DISINI

Faktor yang membuktikan tumbuhan akan siap dipanen yaitu pertumbuhannya terhenti, ibarat batang bawah berwarna cokelat, batang mudah pecah, seratnya sudah hingga ke pangkal serta tunas gres tumbuh pada ujung batang.

Jikalau tumbuhan sudah menampakkan adanya gejala panen tersebut, maka segera lakukan pemanenan. Kalau dibiarkan 2 ahad lebih, maka mutu serat pada rami kuranglah begitu bagus, tunas gres tak segera diberikan kesempatan guna berkembang lebih baik lagi.

Komentar