Jual Mulsa Plastik - Cara Sempurna & Gampang Budidaya Kembang Kol

Syarat Tumbuh
Iklim
  • Kembang kol sanggup tumbuh optimal pada suhu minimum 15.5-18 derajat Celcius sampai suhu maksimum 24 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 80-90%.
  • Kembang kol sanggup tumbuh di ketinggian antara 200-700 m dpl. Di dataran rendah, suhu udara pada malam hari yang terlalu rendah sanggup mengakibatkan terjadinya sedikit penundaan dalam pembentukan bunga serta umur panen yang lebih panjang.
  • Lokasi untuk tumbuhan ini juga harus anggun serta mempunyai penyinaran matahari yang cukup. Anda juga harus mencari daerah yang akrab dengan sumber air bersih. Hal ini penting untuk memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan kembang kol.
Media Tanam
  • Tanah yang cocok ialah tanah liat berpasir dengan pH tanah yang baik antara 5,5-6,5 serta mempunyai pengairan serta drainase yang memadai.
  • Tanah daerah budidaya juga harus subur, gembur serta mengandung banyak materi organik.
Pemilihan Benih
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melaksanakan pemilihan benih. Pilih benih kembang kol yang memenuhi syarat yaitu benihnya harus utuh, tidak cacat, bebas serta tahan hama penyakit. Benih yang dipilih juga harus merupakan jenis benih yang unggul.

*Baca Juga : Tips & Trik Budidaya Tanaman Lobak

Persiapan Lahan
Persiapan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan dari gulma atau rumput liar serta batu. Kemudian gemburkan tanah dengan cara di cangkul atau dengan memakai traktor biar tanah menjadi subur serta remah. Selanjutnya yaitu buat bedengan dengan lebar berkisar 80-100 cm, tinggi 35 cm, serta jarak antar bedengan 40 cm. Selain menciptakan bedengan, lakukan juga pengapuran lahan jikalau pH tanah kurang dari 5,5. Dosis pengapuran antara 1-2 ton/ha dalam bentuk kalsit atau dolomit.

Penyemaian Benih
Sebelum menanam benih di lahan lahan, semai dahulu benih tersebut. Penyemaian sanggup dilakukan di polybag. Penyemaian benih sampai siap tanam membutuhkan waktu 1 bulan tergantung varietas benih.

Cara Menanam Kembang Kol
Pilih bibit yang sehat serta tumbuh tepat untuk di pindah tanam ke lahan. Tanam bibit kembang kol tadi ke bedengan yang sudah di siapkan sebelumnya. Lalu siram bibit yang telah ditanam.

Perawatan Kembang Kol
Proses perawatan pada tumbuhan bunga kol meliputi:
  • Penyulaman dilakukan pada tumbuhan jikalau ditemukan adanya tumbuhan yang rusak atau mati. Penyulaman ini sanggup anda lakukan sebelum kembang kol yang ditanam berumur lebih dari dua minggu.
  • Pengairan serta penyiraman perlu dilakukan secara berkala. Lakukan penyiraman tumbuhan di pagi serta sore hari secara rutin. Penyiraman yang dilakukan harus lebih banyak di ekspresi dominan kemarau alasannya yaitu tanah cepat kering. Penyiraman dilakukan secara rutin sampai pada fase awal pembentukan bunga kol.
  • Penyiangan dilakukan jikalau pertumbuhan tumbuhan gulma atau rumput liar sudah mulai banyak. penyiangan dilakukan dengan cara mencabut tumbuhan gulma atau rumput liar yang ada di bedengan serta sekitar lahan. 
  • Penggemburan dapat dilaksanakan secara bersamaan dengan penyiangan, namun anda harus hati-hati saat melakukannya. penggemburan bertujuan untuk menciptakan unsur hara yang mengendap dibawah menjadi keatas. 
Hama serta Penyakit yang Sering Menyerang Kembang Kol
Terdapat banyak jenis hama serta penyakit yang sering menyerang tumbuhan kembang kol. Salah satu hama yang sering ditemukan ialah ulat serta kutu daun. Ulat Plutella sangat suka memakan permukaan daun serta meninggalkan tulang-tulangnya sehingga akan berpotensi mengakibatkan daun menjadi berlubang. Kemudian kutu daun juga sanggup mengakibatkan daun menjadi menguning serta berbintik kotor.

*Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Markisa


Sedangkan penyakit yang sering menyerang yaitu bercak coklat, ekor cambuk, kepala bunga kol mengecil serta amis akar batang. pencegahan hama penyakit sanggup dengan menyemprotkan pestisida atau bakterisida untuk perlindungan sesuai takaran yang di memutuskan bagi tumbuhan ini. Lakukan proses ini selama satu ahad sekali serta jangan lupa melaksanakan penyemprotan dengan pupuk cair.

Panen Kembang Kol
Panen kembang kol sanggup dilakukan jikalau tumbuhan telah berumur kurang lebih 55 sampai 100 hari tergantung dari varietasnya. Cara memanennya yaitu dengan memotong tangkai bunganya bersama dengan batang daun nya dengan ukuran sepanjang 25 cm saja.

Kami CV Lim Corporation menyediakan Plastik mulsa berkualitas. Untuk isu harga Plastik mulsa terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Selamat Mencoba & Selamat Menunaikan Ibadah Puasa....


Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar