Jual Mulsa Plastik - Cara Gampang Budidaya Nangka



Halo Sobat tani, Salam Sejahtera !! pada artikel kali ini kita akan memperlihatkan trik budidaya buah nangka. siapa sih yang tidak tau nangka? Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau dalam bahasa inggris disebut Jackfruit ialah jenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae. Pohon nangka mempunyai tinggi yang sanggup mencapai 20 meter sampai 30 meter, batang bundar silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat apabila pada tempat terbuka. Semua penggalan pohon nangka apabila terluka atau di lukai akan mengeluarkan getah putih. Buah nangka mempunyai bentuk gelondong memanjang dengan panjang sanggup mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. Daging buahnya yang berwarna kuning keemasan merupakan perkembangan dari tenda bunga dan apabila sudah matang buahnya akan mempunyai wangi harum yang sangat menyengat dengan biji bundar lonjong.

Budidaya Nangka

A. Syarat Tumbuh

Nangka sanggup tumbuh pada tempat dengan ketinggian sampai 1300 mdpl, namun akan tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 0 sampai 800 mdpl.
Daerah untuk budidaya nangka yang baik mempunyai curah hujan sekitar 1500-2500 mm/tahun, mempunyai suhu udara sekitar 16-35,5°C, mempunyai kelembaban yang tinggi serta mendapat sinar matahari secara penuh.
Nangka sanggup tumbuh di banyak sekali jenis tanah, tapi nangka lebih menyukai jenis tanah aluvial, tanah liat berlempung atau tanah liat berpasir yang dalam serta mempunyai irigasi yang baik. pH tanah yang baik untuk menanam nangka sekitar 6 sampai 7.

B. Persiapan Bibit & Penyemaian Bibit

Bibit sanggup diperoleh dari biji ataupun teknik okulasi. Jika anda ingin menanam buah nangka dari biji maka anda harus menentukan biji yang renta dan matng kemudian di bersihkan dengan air kemudian dijemur sekitar 2 jam. Setelah di jemur, rendam kembali biji nagka dengan air hangat selama sekitar 2 hari, barulah sesudah itu lakukan penyemaian.
Sebelum penyemaian, siapkan dahulu tempat persemaian yaitu berupa polybag yang diisi dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk kandang. Jika tempat semai juga biji benih siap, penyemaian sanggup dilakukan. Benamkan biji benih nangka 1 biji benih/polybag. Lakukan penyiraman secara rutin 1xsehari yaitu pada sore hari. Jika bibit sudah mempunyai tinggi sekitar 60-70 cm & mempunyai diameter batang sekitar 1,5 cm, bibit nangka sanggup di pindahkan pada lahan tanam.

*Jangan Lupa Baca Juga :  Cara Praktis Budidaya Markisa

Jika anda ingin menanam nangka memakai bibit dari teknik okulasi, anda sanggup membuatnya sendiri atau anda sanggup membelinya di toko tanaman yang menjual bibit buah, Kemudian sesudah membelinya anda sanggup membiarkan bibit selama sekitar 2 ahad semoga sanggup beradaptasi dengan lingkungan. Kelebihan dari bibit hasil okulasi atau sambung pucuk ini ialah tanaman akan cepat berbuah.

C. Lahan Tanam

Untuk melaksanakan budidaya tanaman nangka, anda memerlukan lahan tanam yang luas alasannya ialah pohon nangka memerlukan ruang tumbuh serta bentuk batang yang rindang. Usahakan Lahan tanam untuk menanam nangka jauh dariu bangunan alasannya ialah di takutkan akan merusak bangunan akhir akar nangka tersebut.
Buatlah lubang tanam pada lahan tanam dengan ukuran sekitar 60×60 cm dengan kedalaman lubang sekitar 50-60 cm dan beri jarak antar lubang sekitar 6 m -7 m . Setelah lubang jadi, isi lubang dengan pupuk sangkar sampai setengah penggalan lubang. Diamkan selama sekitar 3 minggu.

D. Menanam Bibit Nangka


Setelah Bibit dan lubang tanam siap, lakukan penanaman. Sobek dahulu polybag tanam dengan hati-hati semoga media tanamnya tidak hancur, Setelah itu masukan bibit perlahan kedalam lubang tanam, timbun kembali bibit dengan tanah hasil galian lubang kemudian padatkan . Setelah penanaman akhir maka lakukan penyiraman pada bibit. Penanaman baikm dilakukan di awal ekspresi dominan hujan.

*Baca Juga :  Cara Budidaya Buah Manggis


E. Perawatan Tanaman Nangka

  • Penyiangan
Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya disekitar tanaman nangka semoga nutrisi yang diharapkan oleh nangka tidak direbut oleh gulma atau tanaman pengganggu tersebut.
  • Pemupukan Susulan
Lakukan pemupukan susulan dengan pupuk sangkar sesudah tanaman berumur sekitar 6 bulan.
  • Pembasmian hama
 Jika tanaman terjangkit hama, lakukan pembasmian hama tersebut dengan insektisida sesuai takaran yang dianjurkan.


F. Pemanenan NangkaNangka yang ditanam dari biji maka akan berbuah setelah

berumur sekitar 6-7 tahun. Jika nangka ditanam dari bibit okulasi maka nangka akan mulai berbuah sesudah berumur sekitar 3-5 tahun sesudah tanam. Pemanenan sanggup dilakukan ketika nangka masih muda ataupun sudah tua/matang.

Selamat Mencoba Semoga Berhasil!! Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami alasannya ialah akan ada artikel menarik lainnya..

CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk informasi pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com

Sumber http://mulsa123.blogspot.com

Komentar