Tips Tani - Tips Lengkap Untuk Hasil Maksimal Pada Budidaya Buah Kesemek

Kesemek ialah nama semacam buah-buahan asal marga Diospyros. Tanaman ini dikenal juga dengan nama panggilan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris diberi nama Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya ialah Diospyros kaki, (Kaki dalam bahasa Jepang, yaitu nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Pohon buah kesemek sanggup berkembang dengan ketinggian hingga mencapai 15 m. Batangnya berukuran tidak mengecewakan pendek serta bertekstur bengkok-bengkok. Daun buah kesemek berwarna hijau kuning mengkilap, berbentuk bulat telur, serta berukuran kira-kira 5 x 25 cm. Pada ekspresi dominan tertentu, pohon kesemek bakal menggugurkan daunnya.

Untuk sanggup menanam pohon kesemek, Anda sanggup mengikuti cara berikut ini :

Tahap 1 : Mempersiapkan Bibit

Tanaman kesemek sanggup dikembangbiakkan lewwat biji, okulasi, cangkok, serta pemisahan akar. Dari ketiga cara tersebut, bibit yang berasal dari okulasi bakal lebih cepat menghasilkan buah. Caranya yaitu persiapkan cabang pohon kesemek yang telah berbuah untuk cuilan atas, dan juga siapkan batang kesemek hasil dari biji untuk cuilan bawah. Lalu sambung kedua cuilan tumbuhan ini biar menyatu. Rawat dengan cara menyiramnya secara teratur. Sesudah bibit tersebut berumur berkisar 1-2 minggu, Anda sanggup memindahkannya ke daerah penanaman.

*Baca juga Cara Mudah Budidaya Jagung Manis, Yang Jarang Diketahui Orang!

Tahap 2 : Langkah Penanaman

Pohon buah kesemek seharusnya ditanam pribadi di tanah, tidak menggunakan media tanam pot atau polybag. Awali langkah penanaman dengan menyiapkan lubang tanam sebelumnya yang memiliki ukuran 50 x 50 x 50 cm. Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang ini hingga memenuhi 2/3 dari semua total volumenya. Diamkan lubang tanam ini kira-kira 2-3 ahad supaya keadaannya normal kembali.

Tahap 3 : Penanaman Bibit

Bibit kesemek yang telah jadi sanggup ditanamkan ke dalam lubang tanam. Waktu penanaman yang ideal ialah pagi atau sore hari ketika awal ekspresi dominan penghujan. Pisahkan bibit dari polybag, selanjutnya pindahkan ke lubang penanaman secara hati-hati. Perhatikan jangan hingga sistem perakarannya rusak. Tutup pada cuilan bawah bibit ini menggunakan tanah di sekelilingnya. Selanjutnya siram secukupnya guna meningkatkan kelembaban udara jadi bibit sanggup mengikuti keadaan dengan baik.

Tahap 4 : Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tumbuhan mencangkup pencucian lahan dari gulma yang berada di sekeliling pohon kesemek. Kerjakan pemupukan susulan sekitar 2-3 bulan sekali dengan memanfaatkan pupuk kandang. Lakukan juga pengendalian pada hama serta penyakit sesuai gejala-gejala yang timbul. Dianjurkan untuk memangkas tumbuhan secara bersiklus guna merangsang pertumbuhannya, termasuk juga membentuk bakal buah.

#Polybag membuatkan ukuran untuk pembibitan segala jenis tumbuhan silahkan hubungi 087702821277 / 081232584950 / 085233925564

Tahap 5 : Pemanenan Buah

Buah kesemek yang sudah matang cukup mudah dikenali. Beberapa ciri yang timbul di antaranya warna kulitnya berubah dari hijau pucat menjadi kuning jingga atau kuning kemerahan, diameternya membesar hingga 5-8 cm, serta memiliki aroma yang tajam. Langkah pemanenannya ialah memotong tangkai buahnya menggunakan pisau yang dipasangkan pada bambu (egrek).

Sumber :
http://blog.tokotanaman.com/cara-menanam-pohon-kesemek-yang-benar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kesemek

Komentar