Tips Tani - Metode Dan Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak

Berikut ini kami akan mencoba memaparkan sedikit perihal metode dan cara pemasangan plastik mulsa pada tambak. Persiapan lahan dan materi harus dilakukan sebelum plastik mulsa dipasang. Hal ini wajib dilakukan.

1. Pengeringan Tanah
Pengeringan tanha dilakukan dengan cara menguras tambak dan menjemur hingga tanah menjadi setengah kering, kemudian lapisan tanah teratas diangkat dan dirapikan sedemikian rupa pada tanggul tambak. Pengangkatan tanah bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa materi organik yang telah menyatu dengan tanah yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas air selama proses budidaya. Setelah proses pengangkatan tanah selesai,tanah dijemur hingga benar-benar kering, pengapuran dilakukan memakai kapur aktif dengan takaran 1 ton per 5000 m2.

2. Pemasangan Plastik Mulsa 
Pemasangan mulsa pada areal tambak yang akan digunakan untuk budidaya dilakukan dengan menggelar plastik mulsa dan memastikannya tidak gampang bergeser dengan memasangnya memakai potongan bumbu yang dibuat ibarat aksara U. Pemasangan plastik mulsa wajib dilakukan dengan baik dan dengan cara yang benar supaya tidak terangkat/rusak terkena arus kincir, alasannya bila plastik tidak benar-benar rapat dikhawatirkan benur akan masuk, terjebak dan alhasil mati alasannya tidak sanggup keluar lagi. Selain faktor tersebut, juga dikhawatirkan pada ketika panen banyak udang yang masuk kedalam plastik sehingga menghambat proses panen.

* Untuk kebutuhan plastik mulsa hitam perak baik untuk tambak maupun pertanian silahkan hubungi kami, sms/call: 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. 

Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak
Ada beberapa cara pemasangan mulsa plastik pada tambak, antara lain:
a. Pemasangan secara menyeluruh/full, dimana seluruh areal tambak ditutup plastik mulsa, mencakup dasar, tanggul dan lereng tambak.
b. Pemasangan plastik mulsa hanya pada lereng tambak.
c. Pemasangan plastik hanya pada dasar tambak.
d. Pemasangan plastik pada lereng dan tanggul tambak.
e. Plastik mulsa yang digunakan dalam budidaya sanggup digunakan dua kali periode budidaya, dengan catatan harus berhati-hati dalam menjaga/meminimalisasi kerusakan selama masa budidaya dan ketika pemanenan.

Plastik mulsa tambak terdiri dari dua lapisan, yakni lapisan berwarna perak dibagian atas dan warna hitam dibagian bawah dengan maksud warna perak pada mulsa akan memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih optimal, kondisi tambak tidak terlalu lembab, mengurangi serangan penyakit. sedangkan warna hitam pada mulsa akan menyerap panas sehingga suhu di dasar tambak menjadi hangat. selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari  menembus kedalam tanah.

Pemasangan plastik mulsa tambak sebaiknya dilakukan pada ketika panas matahari terik supaya plastik mulsa sanggup memuai sehingga menutupi tambak dengan baik. Teknis pemasangannya sanggup dilakukan oleh 6-8 orang untuk luas 1 Ha. caranya tariklah kedua ujung mulsa, kaitkan salah satu ujungnya memakai pasak penjepit plastik mulsa (biasanya digunakan bambu yang dibuat ibarat staples/uruf U) kemudian lakukan hal yang sama pada ujung yang satunya. sesudah kedua ujung mulsa terkait erat, dengan cara bersamaan tariklah plastik mulsa pada kedua sisi setiap meternya secara bersamaan.

Kaitkan kedua sisi mulsa dan bedengan dengan pasak penjepit tadi sehingga seluruh sisi mulsa terkait rapat pada bedengan. Seluruh permukaan tambak harus tertutup dengan rapat, dengan cara meletakkan plastik mulsa secara tumpang tindih/over lapping dengan lebar area yang tumpang tindih 10 hingga 15 cm. sesudah itu pecahan tengah plastik mulsa yang tumpang tindih dijepit dengan bilah bambu utuh dan kemudian diperkuat dengan pasak penjepit bentuk stapler/huruf U supaya tidak ada celah.

3. Pemasukkan Air
Air yang dimasukkan kedalam petak budidaya harus melalui proses penyaringan dengan kain waring hijau, kalau pemasukan air memakai pompa Alcon harus diberi pemecah air yang terbuat dari anyaman bambu, hal ini bertujuan supaya arus air dari pompa Alcon tidak merusak plastik yang terpasang pada petakan tambak, isi air setinggi 120-130 cm.

4. Sterilisasi Air
Sterilisasi air dilakukan setela air didiamkan selama 3 hari, hal ini bertujuan supaya apabila ada telur ikan liar yang masuk kepetakan budidaya telah pecah. sterilisasi memakai kaporit air akan menjadi bening alasannya semua organisme yang ada telah mati.

5. Pembenahan Kualitas Air
Setelah 3-4 hari atau sesudah reaksi kaporit menjadi tawar/netral dilakukan dukungan plankton dari fermentasi yang dilakukan. fermentasi yang dilakukan mencakup bekatul, gula jawa air, pakan, ragi, dan duper NB. Bahan-bahan tersebut di campur menjadi satu dan ditambah air secukupnya kemudian disimpan dalam blog yang di tutup rapat dan di diamkan selama 2-3 hari atau amis sudah mulai tercium wangi. bila hasil penyebaran plankton hasil fermentasi belum membawa perubahan pada air, sebaiknya langkah tersebut diulang hingga tiga kali. plankton yang telah tumbuh ditandai dengan warna air yang berkembang menjadi hijau.

Melayani Pemesanan Mulsa Plastik Untuk Tambak
Kami melayani pemesanan kebutuhan plastik mulsa hitam perak untuk tambak ikan atau tambak udang. Ukuran lebar dan panjang, serta ketebalan plastik mulsa sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya untuk tambak, ketebalan mulsa sekitar 0,05 -0,08, lebar maksimal 250 cm (2,5 meter). Untuk pemesanan plastik mulsa ukuran khusus minimal order 500 kg per ukuran, proses produksi sekitar 14 hari.

Untuk gosip harga plastik mulsa tambak dan cara pemesanan plastik mulsa silahkan hubungi kami:
- SMS/Call: 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564.
* Baca juga Manfaat dan Fungsi Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Tambak.

Komentar